by

Ibadah di Bulan Ramadhan yang Dianjurkan

Bulan ramadhan ini adalah bulan yang penuh dengan kebaikan dan juga keberkahan bagi setiap umat. Berbagai aktivitas atau juga ibadah yang Anda lakukan pahalanya juga akan dilipat gandakan oleh Allah SWT. Bulan ini bisa dikatakan bulan yang penuh ampunan, sehingga Anda tidak boleh mensia-siakan untuk berbuat baik dan juga mengumpulkan pahala di bulan yang penuh berkah ini. Nah ini dia beberapa ibadah di bulan ramadhan yang sangat dianjurkan. Baca juga: Apa Itu Bulan Ramadhan dan Apa Keistimewaannya?.

Puasa Ramadhan

Sesuai dengan namanya bulan ramadhan, maka ibadah di bulan ramadhan yang sangat dianjurkan untuk dilakukan oleh seluruh umat islam baik yang laki-laki maupun yang perempuan adalah dengan menunaikan ibadah puasa. Puasa adalah menahan diri dari rasa haus dan lapar serta menahan diri dari perbuatan serta tindakan yang dapat membatalkan ibadah puasa, seperti melakukan perzinaan, mencuri dan juga perbuatan yang dilarang lainnya. Tahukah Anda jika ibadah puasa ini merupakan ibadah yang wajib dilakukan oleh mereka yang sudah baligh. Bahkan dalam hadist riwayat Bukhari dan Muslim mengatakan jika siapa yang berpuasa di bulan ramadhan,maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu. Sehingga ibadah puasa ini bisa dikatakan sebagai penebus dosa- dosa yang sudah Anda lakukan dan akan menyucikan jiwa Anda hingga hari kemenangan tiba yaitu hari Raya Idul Fitri.

Shalat Tarawih dan Shalat Tahajjud

Shalat tarawih adalah shalat yang sangat identik dengan bulan ramadhan. Karena ibadah yang satu ini hanya dilaksanakan di bulan ramadhan saja atau bisa dikatakan sebagai ibadah di bulan ramadhan yang sangat dianjurkan untuk Anda lakukan dimalam hari setelah selesai menunaikan ibadah shalat isya. Selain ibadah shalat tarawih, ibadah di bulan ramadhan lainnya yang sangat dianjurkan untuk Anda lakukan adalah ibadah shalat malam atau shalat tahajjud. Anda bisa memohon dan meminta segala hal dengan berdoa kepada Illahi Rabbi. Anda bisa melaksanakan ibadah shalat tarawih ini dengan berjemaah dimasjid atau juga bisa melaksanakan ibadah shalat tahajjud bersama keluarga Anda atau sendirian. Baca juga: 13 Manfaat Shalat Tahajjud.

Bersedekah

Ibadah di bulan ramadhan yang dianjurkan untuk Anda lakukan adalah dengan memperbanyak sedekah. Karena sedekah ini akan mampu menggugurkan dosa-dosa kecil yang pernah Anda lakukan. Bahkan bagi Anda yang melakukan sedekah di bulan ramadhan ini maka pahalanya juga akan Allah lipat gandakan,sehingga Anda tidaklah perlu khawatir akan kehilangan atau kekurangan harta Anda, karena Allah akan menggantinya kelak. Bisa dikatakan dengan Anda bersedekah, maka Anda sudah mengumpulkan harta Anda yang bisa Anda pakai di akhirat kelak ketika Anda sudah meninggal, atau bisa dikatakan sedekah sebagai ibadah penyelamat bagi Anda.

Bersedekah juga akan membuat hidup Anda lebih berwarna lagi, karena sering sekali setelah Anda bersedekah maka ada perasaan bahagia, nyaman dan damai yang akan Anda rasakan. Tahukah Anda jika ibadah di bulan ramadhan berupa sedekah ini tidak hanya harus dengan uang saja, bahkan senyuman ikhlas dan juga tulus yang Anda berikan dinilai sedekah. Namun tidak ada salahnya jika Anda memiliki rezeki yang lebih Anda bisa berbagi dengan orang yang membutuhkan seperti memberikan atau menyisikan sedikit uang penghasilan Anda atau Anda juga bisa bersedekah dengan memberikan makanan atau hidangan berbuka kepada tetangga Anda atau orang lainnya yang berpuasa. Baca juga: Sedekah: Jangan Lihat Kepada Siapa dan Berapa Banyak.

Membaca Al-Qur’an

Ibadah di bulan ramadhan lainnya yang tidak boleh Anda lewatkan dan harus Anda lakukan ialah membaca kitab Allah yaitu Al-Qur’an Nur Karim, karena pada bulan ramadhan ini terdapat suatu malam yang sangat mulia yaitu malam Lailatur Qadar, dimana merupakan malam diturunkannya Al-Qur’an

Tentang Penulis: Summase Sanjaya

Founder of Media Monitoring Club - Aktif mendengarkan siaran SW dari tahun 1996 hingga 2006. Pernah menjadi Program monitor Radio Jepang NHK World dari tahun 2001-2010, Technical Monitor KBS World Radio, Technical Monitor Radio Taiwan International, dan Technical Monitor Radio Deutsche Welle. Kini sedang menjadi blogger aktif untuk beberapa blog, termasuk blog Media Monitoring Club Ini.
Sampaikanlah walaupun SATU AYAT! Anda bisa mengirimkan informasi bermanfaat kepada para pembaca kami melalui email atau Whatsapp ke 081355077575

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

20 + 13 =