by

13 Manfaat Shalat Tahajjud

Shalat tahajjud merupakan shalat yang dilakukan setelah tidur dan setelah shalat isya’. Shalat tahajjud merupakan shalat sunah yang paling baik setelah shalat wajib. Barangsiapa yang melakukan shalat tahajjud, Allah SWT. berjanji akan mengangkat derajat hambaNya ke tempat yang lebih tinggi.

Sebagaimana yang telah dijelaskan pada firman Allah SWT. pada surat Al-Israa’ (17) ayat 79 yang berbunyi, “Dan pada sebagian malam, lakukanlah shalat tahajjud (sebagai suatu ibadah) tambahan bagimu; mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji.

Manfaat Shalat Tahajjud
Manfaat Shalat Tahajjud (Ilustrasi/wikipedia)

Shalat tahajjud memiliki banyak manfaat baik bagi psikis maupun fisik kita. Manfaat shalat tahajjud antara lain:

  1. Penghapus dosa.
  2. Diangkat derajat kita oleh Allah SWT.
  3. Mendekatkan diri kepada Allah SWT.
  4. Melancarkan aliran darah.
  5. Memperbesar rongga paru-paru.
  6. Do’a banyak dikabulkan.
  7. Menyegarkan pikiran.
  8. Bangun pagi dengan lebih segar dan bersemangat.
  9. Membuat kita selalu memiliki sifat rendah hati dan pemaaf.
  10. Mengusir syaitan.
  11. Persendian menjadi lentur dan tulang menjadi kokoh.
  12. Daya tahan tubuh bertambah.
  13. Mengusir penyakit dalam tubuh.

Rasulullah SAW. bersabda, “Hendaklah kalian bangun malam. Sebab hal itu merupakan kebiasaan orang-orang shaleh sebelum kalian. Wahana pendekatan diri kepada Allah SWT., penghapus dosa, dan pengusir penyakit dari dalam tubuh.” (HR. At-Tirmidzi)

Rasulullah bersabda, “Pada waktu seseorang tidur, syaitan membuat tiga buah simpul di kepalanya. Untuk setiap simpul ia mengatakan: “tidurlah engkau sepanjang malam,” bila ia terbangun, lalu menyebut nama Allah, maka lepaslah satu simpul. Jika ia berwudhu, maka lepaslah satu simpul lagi; dan jika ia shalat, maka terbukalah semua simpul. Pada waktu bangun lagi, ia akan merasa penuh semangat dengan badan yang segar. Jika tidak, ia akan bangun pagi dengan perasaan serba tak enak dan malas.” (HR. Imam Bukhari dari sahabat Abu Hurairah r.a)

Shalat tahajjud telah dibuktikan secara medis dapat menyembuhkan berbagai penyakit fisik maupun psikis. Hal ini telah diteliti oleh dosen Fakultas Tarbiyah dan Guru Besar Program Pasca Sarjana IAIN Sunan Ampel Surabaya, Prof. Dr. H. Moch. Sholeh.

Banyak penyakit yang muncul pada malam hari, seperti penyakit jantung, asma, dan stroke. Penyakit itu umumnya berhubungan dengan hormon kortisol. Hormon kortisol sering disebut dengan hormon stres, yaitu hormon yang jika dikeluarkan dalam jumlah banyak melebihi batas toleransi tubuh dapat menyebabkan susah tidur, jantung berdegup kencang, sesak napas, perasaan cemas, takut, dan was-was.

Dengan melakukan shalat tahajjud secara khusyu’ dalam keheningan malam, produksi hormon kortisol menjadi lebih rendah bahkan di bawah batas normal. Daya tahan tubuh akan lebih meningkat sehingga penyakit-penyakit seperti penyakit jantung, stroke, dan asma dapat dicegah. Selain itu, shalat merupakan gerakan fisik yang mampu membuat persendian menjadi lentur, tulang menjadi lebih kokoh, dan sirkulasi darah menjadi lancar.

Informasi ini masuk dalam bahasan:

- manfaat shalat tahajjud

Sampaikanlah walaupun SATU AYAT! Anda bisa mengirimkan informasi bermanfaat kepada para pembaca kami melalui email atau Whatsapp ke 081355077575

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two + 10 =