Kisah dan Cara Mengamalkan Ayat Seribu Dinar untuk Berdagang

Ada beberapa cara mengamalkan ayat seribu dinar untuk berdagang berdasarkan beberapa ajaran guru besar dan riwayat. Meskipun begitu, cara mengamalkan ayat ini secara garis besar tidak jauh berbeda.

Ayat 1000 dinar memang sangat terkenal di kalangan para pedagang karena dipercaya dapat membuka pintu rezeki. Walaupun pintu rezeki yang terbuka dengan mengamalkan ayat ini bukan hanya untuk pedagang saja, semua orang yang mengamalkannya dengan ikhlas dan tekun pun akan mendapatkan hidayah yang sama.

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang cara mengamalkan ayat seribu dinar, mari simak artikel ini sampai selesai.

Apakah Khodam Ayat Seribu Dinar?

Jika yang Anda pikirkan ayat seribu dinar digunakan sebagai khodam jimat untuk membantu menglariskan dagangan, siap-siap saja kecewa. Karena ayat ini tidak bisa dijadikan khodam dalam artian sebagai jimat dengan cara dituliskan ke batu atau benda sakral kemudian dibawa kemana-mana.

Cara mengamalkan ayat seribu dinar untuk berdagang bukanlah dengan cara seperti itu. Tapi layaknya mengamalkan ayat Al-Qur’an lainnya, yaitu dengan dibaca di waktu-waktu tertentu.

Ayat seribu dinar dibaca dengan ikhlas untuk memohon dilancarkan rezekinya kepada Allah SWT. Sedangkan menggunakan khodam jimat merupakan hal yang dianggap musyrik dan justru membawa Anda kepada murka Tuhan.

Oleh karena itu, orang-orang yang membuat khodam ayat seribu dinar sebagai jimat sangat tidak masuk akal.

Kisah Nyata Ayat Seribu Dinar

Jika bicara tentang ayat seribu dinar, banyak orang yang mengambil referensi dari sebuah kisah dimana ada seorang pedagang yang bermimpi didatangi oleh Nabi Khidir AS selama 3 hari berturut-turut dan diminta untuk menyedekahkan 1000 dinar.

Konon, atas mimpi tersebut sang pedagang kemudian bersedekah 1000 dinar atau dalam kurs saat ini adalah 47 juta Rupiah.

Di hari ke- 4, setelah sang pedagang bersedekah 1000 dinar, ia kembali bertemu dengan Nabi Khidir AS. Dalam mimpinya kali ini, sang pedagang diajarkan ayat Surah Ath- Thalaq ayat 2 dan 3 dan diminta untuk diamalkan setiap hari.

Sang pedagang pun mengikuti apa yang ia lihat dalam mimpinya.

Suatu hari, sang pedagang sedang berlayar membawa barang dagangannya menuju sebuah pulau. Namun ia dihadang oleh cuaca ekstrim dan bencana di tengah laut hingga semua orang yang menumpangi kapal tersebut tewas, kecuali sang pedagang.

Saking parahnya, seluruh bagian kapal juga hancur dan sang pedagang terdampat di wilayah lain yang bukan tujuannya.

Satu-satunya yang selamat hanyalah sang pedagang dengan barang dagangannya yang, dengan kuasa Allah SWT, tidak rusak sedikit pun.

Sang pedagang kemudian melanjutkan dengan berdagang di pulau tempat ia terdampar. Namun tanpa disangka-sangka, ternyata dagangannya sangat laris di pulau tersebut. Ia kemudian menjadi saudagar yang kaya dan diangkat sebagai seorang raja.

Riwayat ini diceritakan secara turun temurun hingga ke masyarakat Indonesia saat ini. Itulah mengapa, ayat 1000 dinar ini sangat terkenal, khususnya di kalangan para pedagang apapun produk dagangan mereka.

Apa Saja Manfaat Ayat Seribu Dinar?

Meskipun banyak disangkutkan sebagai pelancar rezeki, sebenarnya manfaat ayat seribu dinar bukan hanya tentang pembuka pintu rezeki saja. Justru, ada manfaat yang lebih besar jika Anda mengikuti cara mengamalkan ayat seribu dinar untuk berdagang maupun untuk kehidupan sehari-hari dengan rutin.

Nah, berikut ini beberapa manfaat ayat seribu dinar yang bisa dituliskan.

Memohon Ridho Allah SWT

Manfaat pertama dalam mengamalkan ayat 1000 dinar, maupun ayat Al-Qur’an yang lain pastinya untuk menjadi ridho Tuhan semesta alam. Siapa tahu, mengamalkan ayat ini dengan rendah hati dan ikhlas, Allah SWT akan memberikan ridhonya kepada kita, mengampuni kesalahan dan dosa kita, serta membukakan pintu rezeki selapang-lapangnya.

Beberapa tafsir dan ahli kitab mengatakan bahwa ridho Allah SWT lebih penting dari apapun di dunia ini. Sebab pahala dan kebaikan yang kita lakukan seumur hidup saja tidak cukup untuk membayar kenikmatan dari penghilatan yang kita miliki.

Oleh karena itu, memohon ridho Allah SWT harus menjadi niatan utama kita ketika mengamalkan ayat seribu dinar ini.

Memberikan Ketengangan Hati

Manfaat selanjutnya dari mengamalkan ayat seribu dinar ialah untuk memberikan ketenangan pada hati kita. Semua ayat suci Al-Qur’an memang selalu membuat hati manusia yang awalnya cemas dan gelisah menjadi lebih tenang.

Namun dengan mengamalkan ayat yang kita pahami hafal baik dalam bahasa Arab maupun artinya dalam bahasa Indonesia, ketenangan hati yang dirasakan jadi semakin terasa.

Kami juga menyarankan agar Anda mempelajari tafsir dari Surah Ath- Thalaq ayat 2 dan 3 agar tahu alasan ayat tersebut turun sebagai bukti kebesaran Tuhan Yang Maha Esa.

Melatih Displin dalam Beramal

Amalan yang baik bukanlah mengamalkan banyak ayat tapi hanya dilakukan sehari saja. Tapi, amalan yang baik ialah amalan yang sedikit namun dilakukan setiap hari, setiap habis shalat, atau minimal 1 kali sebelum tidur setiap malam.

Ayat seribu dinar sendiri bisa menjadi amalan yang tepat untuk melatih disiplin dalam berbuat amal sholeh. Sebab ayatnya cukup singkat dan yang perlu dibaca hanya 2 ayat saja.

Cara mengamalkan ayat seribu dinar untuk berdagang ini paling lama hanya membutuhkan waktu 15 menit hingga 25 menit saja. Jika dilakukan setiap habis solat subuh atau solat maghrib, pasti tidak akan terasa karena Anda tidak sedang dalam kegiatan apapun dalam waktu tersebut.

Membuka Pintu Rezeki

Manfaat ayat seribu dinar yang terakhir ialah membukakan pintu rezeki layaknya dalam kisah yang dituliskan di atas. Tapi seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, ayat seribu dinar harus diamalkan dengan ikhlas dan rutin.

Ayat 1000 dinar juga harus diamalkan dengan cara yang benar. Bukan ditulis dalam sebuah kertas untuk menjadi khodam, jimat, atau benda-benda yang tergolong sebagai syirik lainnya.

Ayat seribu dinar ini juga harus dibarengi dengan usaha untuk berdagang dengan baik atau bekerja dengan tekun untuk mencari rezeki Allah. Sebab doa saja tidak cukup, begitupun juga dengan usaha saja yang tidak dibarengi dengan doa.

Tata Cara & Waktu Membaca Ayat Seribu Dinar

Waktu membaca ayar seribu dinar yang paling mujarab ialah setiap setelah sholat fardhu 5 waktu. Namun jika Anda tidak sempat atau sedang berdagang dari waktu Dzuhur hingga Ashar, amalkan saja ayat ini sesempatnya yaitu di waktu setelah Subuh, Maghrib, dan Isya.

Tata cara mengamalkan ayat seribu dinar untuk berdagang juga tidak jauh dengan mengamalkan ayat lainnya. Setelah berdzikir dan membaca doa setelah solat, baca ayat 1000 dinar ini baik dengan cara dihafal maupun dibaca langsung dengan Al-Qur’an.

Penutup

Seperti itulah kisah dan cara mengamalkan ayat sreibu dinar untuk berdagang dan agar dimudahkan segala urusan kita. Agar mengamalkan ayat jadi semakin khusyuk, pelajari juga terjemahan atau arti dari ayat 1000 dinar ini menggunakan Al-Qur’an terjemahan.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More