Bagaimana Cara Mengamalkan Ayat Seribu Dinar yang Mustajab Setiap Hari?

Cara mengamalkan ayat seribu dinar yang mustajab sebenarnya jauh lebih mudah dari yang kita semua bayangkan. Bahkan, ayat ini merupakan salah satu contoh amalan yang bisa dilakukan setiap hari tanpa mengganggu aktivitas. Sebab ayatnya cukup singkat, jumlahnya hanya 2 ayat, dan mudah untuk diingat.

Jika di awal-awal proses mengamalkan ayat 1000 dinar, Anda mungkin akan membutuhkan bantuan dan membaca dari Al-Qur’an. Namun setelah 1 atau 2 minggu, ayat ini biasanya akan langsung menempel di ingatan.

Untuk lebih lengkapnya, mari kita bahas bagaimana cara mengamalkan ayat seribu dinar yang mustajab setiap hari agar mendapat ridho Allah Yang Maha Esa.

Mengapa Disebut Ayat Seribu Dinar?

Beberapa ulama ada yang berpendapat bahwa amalan ayat seribu dinar ini tidak diajarkan langsung oleh Rasulullah SAW. Sebab dari sumber yang ada sejauh ini, ayat seribu dinar ada yang bilang berasal hanya dari sebuah kisah saja.

Meskipun begitu, ada juga ulama yang berpendapat bahwa ayat seribu dinar pernah disebutkan dalam beberapa hadits.

Salah satu alasan ayat ini disebut ayat seribu dinar ialah karena ada sebuah kisah dimana seorang pedagang mendapatkan rejeki yang sangat berlimpah setelah menyedekahkan 1000 dinar untuk orang yang tidak mampu. Hal tersebut ia lakukan karena bermimpi bertemu Nabi Khidir AS.

Konon, sang pedagang tersebut diajarkan tentang Ath-Thalaq ke 2 dan 3 oleh Nabi Khidir AS melalui mimpinya setelah disarankan untuk bersedekah 1000 dinar dari hasil berdagang.

Beberapa waktu setelahnya, sang pedagang ingin melakukan berjalanan ke pulau lain untuk berdagang dengan kapal laut. Di tengah perjalanan, kapal tersebut diterpa badai dan ombak yang sangat dahsyat hingga seluruh awak kapal meninggal dan pedagang tersebut terdampar di sebuah pulau.

Hanya sang pedagang dan barang dagangannya yang selamat tanpa rusak. Oleh karena itu, sang pedagang melanjutkan perdagangannya di pulau tempat ia terdampar.

Tanpa disangka, rejeki dari berdagang di pulau tempat ia terdampat sangat berlimpah. Sang pedagang bahkan sampai diangkat menjadi raja di pulau itu.

Pelajari Kisah dan Cara Mengamalkan Ayat Seribu Dinar untuk Berdagang

Berapa 1000 Dinar Itu?

Jika mengacu pada kurs saat ini, 1000 Dinar kira-kira 47 hingga 50 juta Rupiah. Namun, bukan berarti Anda harus memaksakan bersedekah 50 juta Rupiah jika ingin dilapangkan rezekinya sebagai pedagang.

Justru, keutamanan dari ayat 1000 dinar ini bukan hanya untuk melapangkan rezeki dalam bentuk uang dan dagangan yang laris saja. Tapi juga kesehatan, keluarga yang harmoni, kebahagiaan, finansial yang stabil walaupun tidak kaya, dan rezeki lainnya yang harus kita syukuri setiap hari.

Cara Mengamalkan Ayat Seribu Dinar yang Mustajab Setiap Hari

Ada beberapa cara mengamalkan ayat 1000 dinar yang mustajab. Salah satu yang paling terkenal idalah dengan membaca setiap kali setelah Shalat fardhu ketika sudah selesai berzikir yang sesuai sunnah.

Beberapa pendapat juga ada yang mengatakan dengan membaca 1000 kali ayat 1000 dinar. Karena membaca ayat 1000 kali secara sekaligus bisa mengganggu aktivitas sehari-hari, Anda boleh membaginya seperti di bawah ini.

  • 200 kali setelah solat subuh
  • 200 kali setelah solat dzuhur
  • 200 kali setelah solat ashar
  • 200 kali setelah solat maghrib
  • 200 kali setelah solat isya

Dengan begitu dalam sehari kita jadi mengamalkan 1000 kali ayat 1000 dinar.

Di awal-awal mungkin Anda butuh waktu sekitar 30 hingga 45 menit untuk membaca 200x ayat 1000 dinar. Namun setelah beberapa minggu dan ayatnya mulai melekat di ingatan, waktu yang dibutuhkan untuk mengamalkan ayat ini akan jadi semakin cepat.

Meskipun begitu, cara mengamalkan ayat ini bukan hanya tentang kuantitasnya, tetapi juga kualitasnya. Jika dibarengi dengan rasa ikhlas, berserah diri, dan memohon dengan sungguh-sungguh, insya Allah ayat ini akan mustajab untuk melapangkan rezeki kita semua.

Cara meningkatkan kualitas amalan ayat ini juga bisa dengan memahami atau setidaknya mengingat artinya dalam bahasa Indonesia. Dengan begitu, Anda jadi semakin paham tentang ayat yang dibaca dan apa yang dimohonkan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Penutup

Seperti itulah cara mengamalkan ayat 1000 dinar yang mustajab setiap hari. Tentunya selain berdoa, sebagai bentuk ikhtiar kita juga harus berusaha sebisa mungkin demi mencari rezeki yang halal dan berlimpah.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More