by

Tips Dekorasi Ruang Tamu Tanpa Sofa

Referensi dekorasi ruang tamu tanpa sofa tentu sangat bermanfaat bagi anda. terlebih bagi anda yang memiliki ruang tamu berukuran kecil dimana tentu saja tidak memungkinkan untuk menambahkan berbagai furniture yang hanya akan membuat ruangan terasa semakin sempit.

Ruang Tamu Tanpa Sofa? Sah – sah Saja

Dekorasi ruang tamu tanpa sofa juga bisa menjadi inspirasi untuk menata ruang tamu ketika lebaran. Karena lebaran selalu identik dengan tamu yang banyak dan tentu saja menjadi masalah jika anda tidak mampu menampung semua tamu tersebut. Sehingga ada baiknya untuk mengubah konsep desain ruang tamu lesehan agar selain mampu menampung banyak orang juga bisa mengubah suasana agar lebih menarik dan berbeda dari yang lain. Sehingga jauh dari kesan ruang tamu yang monoton dan membosankan.

Sebenarnya untuk menciptakan dekorasi ruang tamu tanpa sofa ini sangatlah mudah. Anda bisa menata segala sesuatunya sesuai dengan konsep dan gaya yang bisa disesuaikan dengan selera masing – masing. Yang anda perlukan hanyalah kemampuan anda dalam menata ruang tamu lesehan tersebut agar nantinya meskipun ruang tamu anda tidak menggunakan sofa akan tetap terlihat menarik dilihat dan nyaman untuk ditempati.

Agar dekorasi ruang tamu tanpa sofa terdapat beberapa hal yang perlu anda perhatikan, antara lain sebagai berikut :

  • Tata Letak yang Sesuai

Sebenarnya semua ruang tamu terlepas itu menggunakan sofa atau tidak sebenarnya bisa saja terlihat menarik jika tata letaknya sesuai. Tentu saja penataan perabotan ruang tamu haruslah disesuaikan dengan luas dari ruangan itu sendiri. Selain itu juga pemilihan furniture tambahan lainnya yang mana nantinya akan menjadi pelengkap dan pemanis dekorasi ruang tamu tanpa sofa ini. Sehingga bagi anda yang berencana mengubah konsep ruang tamu menjadi lesehan, sebaiknya lebih selektif dalam hal pemilihan tata letaknya. Karena tata letak yang anda lakukan sangat menentukan menarik atau tidaknya ruang tamu tersebut.

  • Pemilihan Perabotan

Sebagai pengganti sofa, biasanya ruang tamu lesehan ini identik dengan tambahan beberapa ornamen seperti karpet, permadani maupun bantal sebagai alas tempat duduk. Untuk mempercantik tamu lesehan anda, sebaiknya anda memilih karpet, permadani maupun bantal yang mana corak, motif dan warnanya disesuaikan dengan tema maupun warna keramik dan cat dindingnya agar tampak lebih dinamis. Selain itu anda juga bisa menambahkan meja dengan ukuran yang sesuai kemudian menempatkannya di bagian tengah.

  • Perawatan yang Khusus

Lantai identik dengan injakan kaki yang mungkin saja dianggap tidak higienis. Oleh sebab itu ketika anda memutuskan untuk menggunakan konsep ruang tamu lesehan sebagai pilihan, maka anda harus membuat aturan untuk menjaga agar ruang tamu tanpa sofa ini tetap bersih dan nyaman. Misalnya saja dengan menempatkan rak sepatu di depan ruang tamu tersebut atau di luar seperti rumah ala Jepang agar ketika tamu masuk ke ruang tamu anda sudah dalam keadaan melepas alas kaki. Anda juga harus rajin melakukan pembersihan penataan ulang atau mengganti warna bantal alas duduk maupun taplak meja agar kesan membosankan tidak terasa. Anda juga wajib membersihkan ruang tamu lesehan anda ini secara rutin agar tetap bersih dan juga nyaman.

Beberapa tips di atas akan membantu bagaimana anda mewujudkan ruang tamu lesehan anda dengan baik. Sehingga meskipun anda menggunakan dekorasi ruang tamu tanpa sofa dan berbeda dari ruang tamu pada umumnya, maka tidak akan mengurangi nilai keindahan maupun kenyamanan dari ruang tamu itu sendiri.

Tentang Penulis: Summase Sanjaya

Founder of Media Monitoring Club - Aktif mendengarkan siaran SW dari tahun 1996 hingga 2006. Pernah menjadi Program monitor Radio Jepang NHK World dari tahun 2001-2010, Technical Monitor KBS World Radio, Technical Monitor Radio Taiwan International, dan Technical Monitor Radio Deutsche Welle. Kini sedang menjadi blogger aktif untuk beberapa blog, termasuk blog Media Monitoring Club Ini.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three × five =