5 Tips Meningkatkan Produktivitas setelah Libur Akhir Tahun

30

Semangat bekerja di awal tahun – Memang wajar ketika banyak orang sebal ketika bulan Januari tiba. Bagaimana tidak, ini berarti musim liburan akhir tahun sudah berakhir dan kita semua harus kembali pada rutinitas pekerjaan. Tidak ada lagi hari libur panjang, liburan di pantai atau gunung, berpesta dengan teman, atau mendatangi pertemuan dengan kerabat dan keluarga.

Kita semua merasakan itu. Setelah beragam keriaan yang kita lalui bulan lalu, kita harus kembali bekerja. Ugh.

Tapi, seharusnya kita semangat menyambut tahun baru. Karena, semangat di tahun baru bisa menjadi sebuah penentu suksesnya karier di tahun ini. Memulai pekerjaan dengan baik di awal tahun, saat orang lain merindukan libur panjang mereka, tentu akan membuat kita menonjol di antara rekan kerja lainnya.

Untuk itu, agar kita masih tetap bisa semangat bekerja di awal tahun, ikutilah beberapa tips berikut ini.

Tips meningkatkan semangat bekerja di awal tahun

Buat Checklist

Hal paling pertama yang harus dilakukan agar kita tetap bisa produktif di awal tahun adalah dengan membuat daftar pekerjaan yang harus dilakukan. Mulailah dengan membuat kelompok pekerjaan yang kecil, sedang, dan besar. Dari sana, pekerjaan kita akan terasa lebuh mudah. Buatlah pekerjaan yang harus dilakukan di bulan ini, di awal tahun, dan jika perlu beri beberapa deadline dalam pekerjaan tersebut sehingga kita merasa termotivasi untuk bisa terus bekerja di awal tahun.

Label Kotak Masuk Email

Saat kita masuk kerja, kotak masuk di email kita pasti sangatlah penuh. Dan hari pertama masuk adalah hari penting untuk membaca dan menyortir itu semua. Kita bisa membuat label dari email-email tersebut ke dalam kelompok: yang tidak perlu dijawab sekarang, yang harus ada jawaban di minggu ini, dan yang bisa langsung di masukkan ke tempat sampah.

Masukkan email tersebut ke dalam tiga folder berbeda, setelah itu kita hanya perlu fokus pada email yang perlu dibaca dan dibalas langsung. Ingatlah, jika memang ada sesuatu yang penting, orang yang berkepentingan akan menghubungi Anda lagi secepatnya.

Undur Jadwal Meeting yang Tidak Terlalu Penting

Semangat bekerja di awal tahun - mengundur jadwal meeting

Saat pertama kali masuk setelah liburan, kita akan banyak mengadakan meeting antar divisi di kantor. Karenanya, sebisa mungkin, kita menggunakan waktu sebaik-baiknya agarr tetap bisa produktif. Datangi meeting yang memang sangat penting dan membutuhkan penyelesaian capat. Jika ternyata ada meeting yang tidak terlalu penting, undur pertemuan tersebut ke minggu lain supaya di minggu ini kita bisa lebih fokus mengerjakan hal yang lebih penting.

Buat Suasana Baru Meja Kerja

Suasana kerja yang itu-itu lagi bisa membuat kita jenuh dan bosan. Selain juga mengingatkan kita akan rutinitas yang penat, jauh dari semangat liburan. Untuk mengatasi hal itu, kita bisa mengatur tempat kita kerja menjadi sebuah hal yang menarik. Kita bisa memajang foto bersama dengan teman dan keluarga saat liburan kemarin. Atau dengan membuat desain kata-kata motivasi semangat bekerja. Kita bisa membuatnya di platform desain online gratis seperti Canva, misalnya.

Baca juga: Menciptakan Lingkungan Kerja Kondusif dan Produktif.

Bernapas

Terakhir, bernapaslah. Jika Anda mengira bisa menyelesaikan semuanya secara langsung di awal minggu, tentunya Anda akan kewalahan sendiri. Karena memang wajar jika seseorang masih kurang semangat bekerja di awal tahun. Kenangan dan keasyikan berlibur memang bisa membuat kita merindu. Jadi, yang terpenting adalah dengan mengetahui apa yang akan dilakukan, apa yang harus dilakukan, dan bagaimana menyelesaikannya. Tapi, dengan tidak memaksakan diri terlalu jauh. Santai. Rileks. Selesaikan pekerjaan satu per satu.

Selamat menyongsong tahun baru!

Ruangan komen telah ditutup.