by

Resep Kue Kering Tanpa Telur

Kue kering tanpa telur tentunya bisa anda coba membuatnya di rumah. Selain memiliki rasa yang enak, ternyata kue kering yang tidak ditambahkan telur tidak mengandung banyak kolesterol. Dengan begitu, akan sehat ketika anda konsumsi.

Bagaimana supaya kue kering tanpa telur memiliki tekstur lembut dan rasa yang lezat?

Telur merupakan bahan utama yang tentunya akan memberikan rasa gurih dan tekstur yang lembut pada kue kering. Selain itu, anda juga bisa mendapatkan rasa dan tekstur tersebut tanpa menggunakan telur. Nah, bagaimanakah caranya? Berikut ulasannya..

1. Supaya kue kering tanpa telur tidak mengeras

Kemungkinan besar para ibu akan khawatir dengan tekstur telur yang terasa keras. Tetapi, dengan trik yang benar, maka kue kering yang anda buat tanpa menggunakan telur bisa memiliki tekstur yang renyah. Anda bisa menambahkan susu cair di adonan kue agar dapat mengikat serta membuat adonan tersebut menjadi homogen.

2. Ketika mengocok gula pasir dan margarin

Untuk membuat adonan kuenya, maka biasanya gula pasir dan margarin akan dikocok terlebih dahulu sampai benar-benar lembut. Sebaiknya, mengocok gula pasir dan margarin tidak dilakukan terlalu lama. Anda hanya cukup mengocoknya selama 1 menit saja sampai gula pasir larut. Mengocok gula pasir dan margarin yang dilakukan terlalu lama dapat membuat adonan kue melebar ketika dipanggang.

3. Ketika membentuk adonan kue kering

Ada baiknya adonan kue kering tidak dibentuk terlalu lama supaya tekstur adonannya tidak mengeras karena udara. Ketika anda membentuk adonan, sebaiknya kue yang telah dibentuk ditutup supaya kelembapannya tetap terjaga. Anda bisa menutupnya dengan menggunakan kain lap yang bersih atau menggunakan plastik sampai kue kering siap untuk dipanggang.

Resep kue kering untuk lebaran tanpa menggunakan telur

Nah, untuk anda yang berencana membuat kue kering untuk lebaran, maka di bawah ini akan dipaparkan beberapa resep kue kering tanpa menggunakan telur. Penasaran? Berikut pembahasannya untuk anda.

1. Chip coklat tanpa telur

Bahan:

  • 180 g tepung terigu
  • 150 g mentega yang sudah dicairkan terlebih dahulu
  • 200 ml susu cair
  • 200 g gula jawa yang telah disisir
  • 1 sdt baking powder
  • Seujung sendok vanili
  • 2 sdm coco chips
  • Garam secukupnya

Baca juga: Bahan–bahan Kue Kering

Cara membuat:

  1. Masukkan tepung terigu yang sudah diayak terlebih dahulu, vanili, garam, vanili, dan susu cair
  2. Lalu aduk dengan menggunakan spatula kayu sampai tercampur rata
  3. Masukkan gula jawa, mentega cair, aduk kembali. Tambahkan coco chips
  4. Lalu bentuk adonan menjadi bulat kecil dan gepengkan seperti halnya kue choco chips, dan letakkan di loyang. Panggang sekitar 25 menit.

2. Cookies tabur gula

Bahan:

  • 250 g tepung terigu
  • 100 g gula halus
  • 100 g gula pasir
  • 170 g mentega

Cara membuat:

  1. Aduk mentega dan gula halus menggunakan mixer sampai tercampur rata
  2. Lalu masukkan terigu, dan aduk menggunakan spatula sampai rata. Selanjutnya uleni menggunakan tangan. Bentuklah adonan kue menjadi pipih kotak
  3. Di atasnya beri taburan gula pasir. Tekan-tekan supaya menempel, dan letakkan di lemari pendingin sekitar 30 menit
  4. Selanjutnya pindahkan ke loyang, dan panggang selama 20 menit. Angkat ketika warna sudah berubah menjadi kuning keemasan.

Mudah bukan cara membuatnya! Untuk itu, selamat mencoba membuat resep kue kering tanpa telur.

Tentang Penulis: Summase Sanjaya

Founder of Media Monitoring Club - Aktif mendengarkan siaran SW dari tahun 1996 hingga 2006. Pernah menjadi Program monitor Radio Jepang NHK World dari tahun 2001-2010, Technical Monitor KBS World Radio, Technical Monitor Radio Taiwan International, dan Technical Monitor Radio Deutsche Welle. Kini sedang menjadi blogger aktif untuk beberapa blog, termasuk blog Media Monitoring Club Ini.
Sampaikanlah walaupun SATU AYAT! Anda bisa mengirimkan informasi bermanfaat kepada para pembaca kami melalui email atau Whatsapp ke 081355077575

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eighteen − thirteen =