by

Bahan–bahan Kue Kering

Lebaran sebentar lagi. Ketika hari bahagia itu tiba, pasti akan banyak sanak saudara yang datang ke rumah untuk mempererat silaturrahmi. Apa yang mau disajikan? Apakah sudah terpikirkan? Di beberapa pasar atau swalayan, tentu sudah banyak ditawarkan beberapa kue kering yang menggoda. Namun, membuatnya sendiri ternyata cukup mudah lho.

Beberapa bahan yang harus Anda miliki untuk amunisi membuat kue kering sangat mudah ditemukan. Apa saja bahan-bahan kue kering tersebut? Ini dia ulasan lengkapnya!

1. Tepung Terigu

Ini merupakan bahan utama dalam membuat kue kering. Jenis tepung terigu pun sebenarnya beragam, tetapi yang disarankan untuk bahan kue kering ialah yang memiliki kadar protein rendah. Kenapa demikian? Kadar protein memiliki pengaruh yang cukup signifikan terhadap tingkat kerenyahan kue kering, dan hasil menunjukkan, kalau yang proteinnya rendah justru dapat menghasilkan kue kering atau cookies yang renyah.

Selain tepung terigu, Anda sebenarnya bisa juga berkreasi dengan menambahkan beberapa jenis tepung yang lain, misalnya tepung maizena, tepung sagu, tepung kentang, dan juga tepung beras. Hal ini dilakukan untuk memperkaya tekstur dan rasa dari kue kering buatan Anda. Namun ingat, untuk mencampurkan beberapa jenis tepung tadi dengan tepung terigu, perbandingan yang disarankan maksimal ialah 1 : 5.

2. Telur

Bahan selanjutnya ialah telur. Fungsi penambahan telur pada adonan kue ialah untuk perekat, penambah gizi, memberikan rasa gurih, dan juga membentuk struktur dari kue kering itu sendiri. Dalam beberapa resep, Anda perlu memperhatikan perbandingan antara kuning dan putih telur, karena keduanya memiliki efek yang berlawanan. Si kuning telur dapat membuat kue Anda lebih lembut, sedangkan untuk bagian putihnya membuat kue lebih keras.

Selain dicampurkan langsung pada adonan cookies yang Anda buat, telur juga bisa berfungsi untuk bagian finishing. Hal ini dilakukan pada kue nastar, yakni dengan menambahkan kuning telur di bagian permukaan kue, sehingga akan memberikan warna yang lebih cantik pada kue kering Anda. Olesan ini membuat kue akan tampak berwarna kuning mengkilat, sehingga bisa lebih menggugah selera mereka yang melihatnya. Baca juga: Mengkreasikan Telur yang Kaya Protein.

3. Gula

Ada beberapa macam jenis gula yang bisa digunakan dalam proses membuat kue kering. Mulai dari gula pasir, gula halus, gula palem, dan juga brown sugar. Pemberian gula ini dimaksudkan untuk memberikan warna manis pada kue kering yang Anda buat. Namun, saat menambahkan gula dalam adonan, Anda harus memperhatikan takaran yang pas, sehingga kue Anda nantinya tidak akan terlalu manis, sehingga bisa berakibat mudah gosong.

Gula juga bisa difungsikan untuk penambah warna pada kue kering. Gula halus misalnya, yang ditaburkan di atas permukaan kue kering. Sedangkan gula palem yang dicampurkan dengan pewarna yang akan mempercantik penampilan kue kering Anda. Tinggal bagaimana Anda akan mengkreasikannya.

4. Bahan Pengembang

Yang biasanya digunakan untuk mengembangkan kue kering ialah baking powder. Anda hanya perlu memberikan sedikit saja, karena kue kering tidak harus mengembang seperti cake. Malah pemberian baking powder yang terlalu banyak dapat membuat kue Anda menjadi gosong, sehingga rasanya menjadi pahit.

5. Margarin atau Mentega

Anda membutuhkan tambahan lemak, yakni lemak hewani dari mentega atau lemak nabati dari margarin untuk menambah aroma dan cita rasa kue Anda. Namun, jika Anda menggunakan mentega, sebaiknya tunggu hingga suhunya pas seperti suhu ruang agar tidak terlalu berminyak ataupun terlalu keras.

Tentang Penulis: Summase Sanjaya

Founder of Media Monitoring Club - Aktif mendengarkan siaran SW dari tahun 1996 hingga 2006. Pernah menjadi Program monitor Radio Jepang NHK World dari tahun 2001-2010, Technical Monitor KBS World Radio, Technical Monitor Radio Taiwan International, dan Technical Monitor Radio Deutsche Welle. Kini sedang menjadi blogger aktif untuk beberapa blog, termasuk blog Media Monitoring Club Ini.
Sampaikanlah walaupun SATU AYAT! Anda bisa mengirimkan informasi bermanfaat kepada para pembaca kami melalui email atau Whatsapp ke 081355077575

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

thirteen − 1 =