10 Lowongan Pekerjaan untuk Anak Lulusan SMA IPS & IPA

12

Sebenarnya, ada banyak pekerjaan untuk anak lulusan SMA dengan gaji yang bisa di atas UMR. Jadi, teman-teman yang belum beruntung dan tidak punya kesempatan untuk kuliah, baik karena masalah biaya atau faktor lain, tidak perlu berkecil hati. 

Pendidikan formal memang penting dan wajib dijalani sampai setinggi mungkin. Tapi bukan berarti masa depan kita ditentukan oleh gelar sarjana saja.

Bila kita mau berusaha dan belajar, lulusan SMA pun bisa mendapat pekerjaan yang gajinya melebihi orang-orang dengan gelar sarjana. Begitupun sebaliknya, gelar sarjana tidak akan menjamin kita punya pekerjaan yang nyaman bila tidak ingin berusaha dan hanya mengandalkan ijazah saja tanpa didampingi oleh skill yang mumpuni.

10 Pilihan Pekerjaan untuk Anak SMA yang Tidak Bisa Kuliah

Untuk anak SMA atau lulusan SMA, baik dengan jurusan IPA maupun IPS, berikut ini ada beberapa pilihan pekerjaan yang bisa kita coba dengan gaji yang cukup.

  1. Akuntan
  2. Marketing
  3. Operator produksi
  4. Staf agrikultur
  5. Pengajar
  6. Staf Perkapalan (ABK)
  7. Asisten dokter
  8. Pramugari
  9. Staf pelayanan KAI
  10. Customer Service

Mari bahas lebih lanjut apa saja yang dikerjakan oleh profesi di atas.

Akuntan

Profesi yang pertama ialah seorang akuntan, khusus untuk kalian yang memilih jurusan IPS waktu SMA dulu.

Dalam jurusan IPS, materi-materi dalam mata pelajaran ekonomi merupakan dasar yang cukup untuk menjadi akuntan. Selain itu, banyaknya bisnis dan startup baru di Indonesia yang membutuhkan tenaga akuntan untuk mengurus masalah keuangan mereka.

Profesi akuntan sendiri bisa dibedakan jadi banyak jenis, yang paling utama ialah akuntan publik dan akuntan intern atau swasta.

Marketing

Masih untuk lulusan SMA dengan jurusan IPS, kita juga bisa menjadi seorang marketing atau tenaga pemasar.

Ilmu yang akan digunakan untuk profesi ini berasal dari mata pelajaran Ekonomi dan Sosiologi.

Sebenarnya, skill yang paling dibutuhkan untuk menjadi seorang marketing ialah ilmu komunikasi, artinya lulusan IPA pun bisa menjadi marketing dengan posisi tinggi jika ia mau belajar.

Operator Produksi

Ada banyak perusahaan besar yang menerima lulusan SMA sebagai staff produksi mereka, khususnya di bidang operator mesin.

Sebab, profesi ini membutuhkan ilmu yang diajari di tempat, bukan dari mata pelajaran di sekolah.

Gaji seorang operator produksi di Indonesia pun rata-rata sudah UMR. Jika Anda punya relasi yang baik dan kinerja yang berkualitas, tidak menutup kemungkinan gajinya akan makin meningkat bila dibarengi dengan pengalaman.

Staf Agrikultur

Sekarang ada pekerjaan untuk anak lulusan SMA dengan jurusan IPA, yaitu menjadi staf agrikultur.

Perlu kita ingat, Indonesia merupakan negara agraris, dimana terdapat banyak lahan pertanian dan peternakan.

Oleh karena itu, peluang pekerjaan di bidang agraria cenderung lebih besar dibandingkan bekerja di bidang industri seperti pabrik dan produksi.

Selain itu, banyak anak muda sekarang yang gengsi bekerja di bidang agrikultur. Padahal tidak ada salahnya bekerja di bisnis produsen pangan dan sayuran. Hal ini justru membuat peluang kita mendapat pekerjaan menjadi staf agrikultur semakin besar.

Pengajar

Menjadi pengajar merupakan salah satu pekerjaan dengan peluang yang paling besar dan bisa dilakukan dari latar belakang pendidikan apa saja.

Sebab, saat ini jumlah guru di Indonesia masih tidak cukup. Sehingga walaupun tidak jadi PNS, kita masih punya peluang menjadi tenaga pengajar baik sebagai honorer, pengajar bimbel, maupun membuat kursus sendiri.

Staf Perkapalan (ABK)

Menjadi ABK atau staf perkapalan juga hanya membutuhkan pendidikan minimal SMA, dan tidak terbatas pada lulusan sekolah pelayaran setara SMA.

Masyarakat yang tinggal di dekat pelabuhan biasanya punya peluang yang lebih besar untuk bekerja menjadi staf kapal. Sebab kebanyakan perusahaan pelayaran mencari orang-orang yang terbiasa hidup di laut, bisa berenang, dan sebagainya.

Asisten Dokter dan Klinik

Menjadi seorang dokter tentu membutuhkan pendidikan kedokteran khusus. Tapi, menjadi asisten dokter di klinik atau farmasi tidak membutuhkan pendidikan setinggi dokter asli.

Kita tetap harus mempelajari masalah obat-obatan, alat-alat medis, dan nama penyakit secara umum.Tapi, ilmu yang dibutuhkan tidak sedalam dokter yang praktek kepada pasien langsung.

Pramugari

Profesi yang selanjutnya ialah menjadi seorang pramugari. Untuk profesi yang satu ini, sopan santun dan tata krama akan lebih dibutuhkan dibandingkan latar belakang pendidikan.

Untuk menjadi pramugari, kita akan melewati serangkaian tes tertulis maupun praktek dalam menangani penumpang pesawat di berbagai situasi.

Staf Pelayanan KAI

Profesi yang bergerak di bidang layanan transportasi umum terakhir ialah staf pelayanan KAI.

KAI sendiri sering membuka lowongan kerja di bidang staf pelayanan tiap tahun dengan syarat minimal pendidikan SMA sederajat. Info lowongan pekerjaan di KAI ini bisa kita lihat secara online di website resmi mereka.

Customer Service

Pilihan pekerjaan untuk anak SMA yang terakhir ialah menjadi customer service. Untuk profesi yang satu ini, kita punya peluang yang sangat besar.

Sebab, ada ratusan bahkan ribuan bisnis membutuhkan customer service di Indonesia, mulai dari bisnis UMKM hingga startup. Sehingga kita bisa coba melamar ke banyak pilihan perusahaan yang sedang buka lowongan di bidang ini.

Tips Mendapatkan Pekerjaan untuk Anak Lulusan SMA

Beberapa dari kita pasti ada yang minder waktu mau melamar kerja karena latar pendidikan yang tidak setinggi pelamar lain. Namun, ada tips yang bisa kita gunakan agar kesempatan diterimanya lebih tinggi.

Kirim CV yang Rapi dengan Format Sesuai Permintaan

Mau lulusan setinggi apapun, CV kita tidak akan dilirik jika dikirim asal-asalan dan tidak sesuai permintaan. Dan faktanya, masih banyak lulusan sarjana yang tidak mengerti bagaimana cara mengirim CV yang benar.

Oleh karena itu hal pertama yang harus dipelajari ialah bagaimana cara membuat dan mengirim CV yang benar untuk melamar kerja.

Mulai dari Apa yang Kita Bisa

Dalam mencari kerja, jangan menunggu peluang yang kita inginkan. Tapi, mulai saja dari apa yang kita bisa temukan.

Misalnya ada lowongan di bidang yang mungkin kurang kita suka, tapi dengan persyaratan yang bisa kita penuhi. Maka, coba saja melamar ke tempat tersebut.

Adanya pengalaman kerja walaupun hanya 1 atau 2 tahun akan menjadi nilai tambah bila kita ingin melamar ke pekerjaan yang selanjutnya.

Jangan Takut Mencoba

Dan yang terakhir, jangan takut mencoba mengirimkan CV walaupun tidak memenuhi persyaratan.

Kemungkinan diterimanya memang kecil, tapi mengirim CV secara online maupun lewat pos tidak akan menghabiskan uang yang besar. Jadi walaupun ditolak, kita tidak rugi apa-apa.

Justru kita malah lebih rugi bila ada peluang lowongan kerja di bidang yang kita suka, tapi dilewatkan karena persyaratannya tidak sesuai dengan kemampuan.

Akhir Kata

Jadi seperti itulah 10 pilihan pekerjaan untuk lulusan SMA yang belum bisa kuliah karena keterbatasan biaya atau faktor lainnya. Kalau memang sudah jadi ditakdirkan, rezeki pasti datang selama kita mau berusaha mencarinya.

*