by

7 Langkah menghilangkan kutu secara alami pada binatang kesayangan anda

5/5 (1)

Langkah menghilangkan kutu secara alami pada binatang kesayangan anda – Anda mungkin termasuk seorang petlover yang sering merasa pusing bagaimana cara untuk membasmi kutu pada kucing dan anjing yang anda pelihara. Kutu pada binatang kesayangan kita, selain akan membuat mereka gatal-gatal dan berpotensi terkena penyakit kulit seperti scabies, juga bisa menimbulkan gatal pada kulit manusia jika kutu tersebut hinggap di perabotan rumah, kemudian menempel pada bagian tubuh kita.

Ada banyak merk shampo anti kutu yang ditawarkan di pasaran, anda bisa dengan mudah mendapatkannya di petshop, tetapi mungkin hasilnya tetaplah tidak memuaskan, meski harganya mungkin cukup mahal. Tapi anda tidak perlu merasa kuatir lagi, karena anda bisa mulai membasmi kutu-kutu nakal yang hidup di bulu-bulu cantik anjing dan kucing milik anda dengan membuat sendiri shampo anti kutu.

Untuk membuat shampo anti kutu tersebut, anda cukup menggunakan bahan-bahan alami yang biasanya sudah tersedia di dapur anda. Cukup sediakan ½ gelas air, ¼ gelas cuka, ¼ gelas cairan pencuci piring dan 1 soap dispenser, atau anda bisa gunakan bekas wadah parfum anda, yang penting bisa digunakan untuk menyemprot. Kemudian anda tinggal memulai langkah-langkah berikut ini:

    1. Masukkan ½ gelas air ke dalam wadah semprot
    2. Tambahkan ¼ gelas cuka. Cuka akan membantu membasmi kutu.
    3. Tambahkan ¼ gelas cairan pencuci piring. Sabun pencuci piring akan membasmi kutu dan juga membersihkan bulu bintang kesayangan anda.
    4. Kocok wadah semprot sampai semua cairan tadi tercampur rata dan sempurna.
    5. Basahi seluruh bagian tubuh kucing atau anjing anda sampai bulu-bulunya benar-benar terkena air. Sesuaikan ukuran penggunaan shampo dengan ukuran badan dari binatang kesayangan anda. Untuk anjing kecil atau kucing ukuran sedang, gunakan 3-5 sendok makan shampoo. Gosokkan shampo ke seluruh tubuh kucing dan anjing kemudian diamkan selama 3-5 menit.
    6. Setelah 3-5 menit, kemudian bilaslah tubuh kucing atau anjing kesayangan anda menggunakan air bersih, sebaiknya air yang mengalir (gunakan kran atau shower) hingga semua shampo bersih dan hilang dari tubuh binatang kesayangan anda. Kutu yang telah mati biasanya akan ikut hilang bersama dengan air bilasan.
    7. Saatnya mengeringkan badan kucing dan anjing anda. Gunakan handuk kering dan bersih yang memiliki bulu cukup tebal sehingga akan membuat badan dan bulu kucing atau anjing anda benar-benar kering.

Demikianlah cara menghilangkan kutu pada hewan peliharaan. Sekarang binatang kesayangan anda sudah bersih, wangi dan bebas dari kutu yang mengganggu.