by

Memilih dan Merawat Taplak Meja Tamu Minimalis Untuk Lebaran

Coba tebak, benda apa yang sebenarnya dibutuhkan saat lebaran, tapi sering terlupakan karena dianggap tidak penting? Jawabannya ialah taplak meja untuk ruang tamu. Bahkan, pasti banyak rumah yang lupa tidak mengganti taplak meja di ruang tamunya karena sering menganggap hal itu tidaklah penting. Toh nanti taplaknya juga tertutup dengan jajanan yang diletakkan di atas meja. Iya tidak?

Padahal taplak meja tamu itu bisa menunjukkan pribadi pemilik rumah lho. Kalau taplak mejanya kotor dan tidak pernah diganti, berarti bisa membayangkankan bagaimana yang punya rumah? Makanya, penting sekali untuk kita mengganti taplak meja tamu kita secara rutin.

Nah, untuk taplak meja ruang tamu, memang sebaiknya tidak sebesar dan selebar taplak meja untuk meja makan. Sebaiknya, taplak meja tamu minimalis dijadikan pilihan agar ruang tamu kita lebih terkesan elegan. Jadi, tamu yang datang langsung berpikir, ‘Wah yang punya rumah ini orangnya mempunyai selera bagus dan elegan ya’.

Yang dimaksud dengan taplak meja tamu minimalis berarti, pertama, taplak tersebut tidak terlalu lebar sehingga menutupi semua meja tamu. Kebanyakan meja tamu kan pasti terbuat dari kaca. Maka sebaiknya kita memilih taplak meja yang bisa tetap memperlihatkan kaca dan kaki mejanya tersebut. Karena, rata-rata meja tamu kan sudah pasti bagus, sehingga sayang kalau sampai tertutup taplak yang terlalu besar.

Kedua, warnanya tidak terlalu mencolok dan kalau bisa disesuaikan dengan warna dinding ruang tamu. Jadi, kalau biasanya taplak meja ruang makan warnanya menyala, sebaiknya untuk taplak meja tamu kita menggunakan warna-warna pastel yang lembut. Dijamin pasti bakal terlihat lebih cantik daripada kita memakai taplak dengan warna-warna mencolok mata.

Yang ketiga, taplak meja tamu minimalis berarti coraknya tidak terlalu berlebihan. Kalau corak berbunga, cukup di pinggir-pinggirnya saja atau di tengah. Tidak perlu seluruh kain tertutup dengan bunga. Hindari menggunakan motif kotak-kotak atau polkadot taplak meja tamu, karena motif tersebut lebih cocok untuk ruang makan.

Okee…itu tadi beberapa tips memilih meja untuk ruang tamu. Tidak perlu beli lho. Buat sendiri juga bisa, hitung-hitung untuk menghemat pengeluaran. Malahan kalau buat sendiri kita bisa bebas memilih warna dan motif. Iya kan?

Oh iya, jangan lupa siapkan taplak lebih dari satu ya..kan waktu lebaran pasti banyak tamu. Dan meja kita pasti tidak sepi dari minuman dan makanan. Siapa tahu nanti minumannya tumpah sehingga membuat taplak meja kita basah. Kalau sudah punya gantinya kan enak. Meja kita tidak perlu kelihatan semua sambil menunggu taplak meja yang basah tadi kering.

Mumpung kita sedang ada dalam pembahasan tentang taplak, sekalian saja kita bahas cara merawat taplak kita agar awet dan tidak mudah luntur warnanya. Kalau taplak kita terkena noda, jangan menunggu terlalu lama untuk dibersihkan. Langsung saja ya. Daripada nanti semakin susah untuk dibersihkan. Makanya, penting bagi kita untuk punya beberapa taplak cadangan kalau sewaktu-waktu taplak kita kotor. Kemudian untuk membersihkan noda yang membandel (karena biasanya noda makanan di kain memang susah hilangnya), rendam dulu taplak dengan air hangat, baru dicuci dengan detergen seperti biasa. Saat mengucek pun juga jangan terlalu keras, agar warnanya tidak cepat memudar dan kainnya tidak lekas sobek. Kalau sudah direndam air hangat, lebih mudah hilangnya kok!

Baiklah, sekian dulu tips memilih sekaligus merawat taplak. Selamat berpuasa!

Tentang Penulis: Summase Sanjaya

Founder of Media Monitoring Club - Aktif mendengarkan siaran SW dari tahun 1996 hingga 2006. Pernah menjadi Program monitor Radio Jepang NHK World dari tahun 2001-2010, Technical Monitor KBS World Radio, Technical Monitor Radio Taiwan International, dan Technical Monitor Radio Deutsche Welle. Kini sedang menjadi blogger aktif untuk beberapa blog, termasuk blog Media Monitoring Club Ini.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eleven − nine =