Rekomendasi Motif Keramik Kamar Mandi Dan Tips Memilihnya

5/5 (1)

Memiliki kamar mandi yang indah dan enak dipandang akan memberikan kenyamanan tersendiri untuk para penghuni rumah. Sebagai salah satu aspek terpenting di dalam rumah, pemilihan keramik kamar mandi juga menjadi hal yang sangat berpengaruh pada kenyamanan kamar mandi.

Memilih keramik untuk kamar mandi pun tidak bisa dipilih secara asal. Beberapa hal seperti motif, bentuk, dan warna keramik akan memberikan aura pada kamar mandi. Seperti contohnya bila kalian menggunakan keramik dengan warna biru, maka suasana kamar mandi akan lebih tenang sunyi.

Tips Memilih Keramik Lantai Kamar Mandi Yang Tepat

Memilih keramik untuk lantai kamar mandi tidak hanya tentang keindahan dan motifnya saja. Karena kamar mandi merupakan ruang yang sangat rawan dan licin, kita juga perlu memperhatikan keamanan dari keramik tersebut. Oleh karena itu, berikut ini ada beberapa tips dalam memilih keramik lantai kamar mandi.

Tekstur

Lantai kamar mandi merupakan salah satu lantai yang selalu basah karena sering terkena air. Apalagi jika sirkulasi udara di kamar mandi tidak bagus dan cahaya matahari sulit masuk. Sehingga air di lantai keramik menjadi sulit kering dan licin.

Oleh karena itu, kita perlu mencari lantai keramik dengan tekstur yang tepat untuk kamar mandi. Sehingga air lebih mudah mengalir ke saluran pembuangan dan permukaan lantai tidak begitu licin. Selain itu, pastikan memilih keramik dengan bertekstur agar kasar agar tidak licin meskipun saat basah.

Motif

Untuk aspek keindahan, berikutnya kita perlu menentukan motif yang tepat untuk keramik kamar mandi. Ada banyak motif keramik yang bisa kalian pilih, mulai dari mozaik, kotak–kotak, bunga, dan masih banyak lagi.

Memilih motif untuk keramik kamar mandi juga tidak dapat ditentukan dalam waktu singkat. Umumnya, kalian bisa membawa sample atau foto dari beberapa motif keramik yang tersedia, kemudian dicocokan dengan bagaimana model kamar mandi atau rencana desain kamar mandi.

Warna

Terakhir, waktunya menentukan warna dari keramik yang akan digunakan untuk kamar mandi. Agar terlihat indah, kalian bisa menggunakan perpaduan warna yang tepat. Seperti contohnya, bila ingin kamar mandi terlihat elegan, gunakan perpaduan warna putih, kuning, orange, atau warna–warna cerah lainnya.

Sebaliknya, jika kalian ingin kamar mandi terlihat calm dan tenang, gunakan warna–warna monochrome seperti putih, hitam, dan abu–abu.

Baca juga: Tips Merawat Lantai Rumah.

Rekomendasi Model Keramik Lantai Kamar Mandi Unik

Ada banyak model keramik dengan berbagai motif dan warna yang bisa kalian pilih untuk keramik kamar mandi. Bila harus dihadapkan dengan banyak pilihan, tentunya kita akan bingung ingin memilih yang mana. Oleh karena itu, berikut ini ada beberapa rekomendasi model keramik lantai kamar mandi yang bisa kalian gunakan.

Keramik Segienam

Pertama kali mendengar model keramik segienam, mungkin kalian akan membayangkan keramik yang berbentuk hexagon. Namun, nama segienam dari keramik ini hanyalah modelnya saja, sedangkan bentuk keramiknya tetap kotak seperti biasa.

Model keramik segi enam mirip seperti coneblock jalanan kota. Keramik ini lebih cocok untuk kamar mandi dengan tema monochrome karena hanya tersedia warna hitam. Selain itu, model keramik segi enam dijual dengan harga Rp.125.000 per dusnya.

Model Keramik Kamar Mandi Minimalis Zig Zag

Jika kalian mencari keramik dengan yang sederhana dan harga yang terjangkau, model keramik zig–zag ini bisa menjadi salah satu pilihan. Keramik ini memiliki bentuk persegi panjang dengan warna hitam. Agar terlihat lebih indah, penataan keramik diselingkan vertikal dan horizontal.

Model keramik sederhana ini cocok untuk kamar mandi dengan ukuran yang tidak terlalu besar. Harganya, mulai dari Rp.40.000 untuk satu dusnya.

Keramik Kamar Mandi Kayu

Keramik Kamar Mandi - Model Lantai Kayu

Terdapat dua model keramik kamar mandi kayu yang dijual di pasaran. Yang pertama ialah keramik dengan motif berbentuk kayu, dan keramik benar–benar dibuat dengan unsur kayu di dalamnya,

Umumnya, model keramik kayu ini lebih cocok untuk kamar mandi bernuansa modern dengan tambahan unsur alam.

Keramik Kamar Mandi Granit Klasik

Berikutnya, ada keramik untuk lantai kamar mandi dengan motif klasik yang dibuat dari batu granit. Model keramik ini cukup simple dan banyak ditemui di kamar mandi hotel atau penginapan.

Modelnya yang simple dan elegan, membuat keramik ini cocok untuk kamar mandi dengan tema modern. Namun kalian perlu berhati–hati, sebab keramik ini memiliki permukaan yang licin.

Keramik Rubber Laminating

Untuk kalian yang masih memiliki anak kecil, mungkin keramik dengan rubber laminating menjadi keramik yang paling tepat untuk kalian gunakan. Hal ini dikarenakan terdapat lapisan karet pada permukaan keramik. Sehingga permukaannya tidak licin dan membahayakan untuk anak kecil.

Namun keramik jenis ini masih jarang dijual di Indonesia. Sehingga kalian perlu mencarinya di tempat–tempat yang penjual perlengkapan interior.

Rekomendasi Motif Keramik Dinding Kamar Mandi

Setelah mendapatkan keramik lantai kamar mandi, kini giliran mencari keramik dindingnya. Seperti yang kita ketahui, bila langsung menggunakan tembok, akan ada percikan–percikan air yang menempel pada tembok dan membuat bercak pada catnya. Oleh karena itu, berikut ini rekomendasi kemarik dinding kamar mandi yang bisa kalian gunakan.

Keramik Kayu

Jika sudah menggunakan motif kayu untuk semua keramik kamar mandi, bukanlah ide yang buruk. Kalian akan merasakan ketenangan seakan ada di alam bebas tiap kali berada di kamar mandi. Tentunya model ini merupakan hal yang wajib dicoba.

Keramik Dinding Mozaik

Bukan hanya untuk lantai, keramik bermotif mozaik juga dapat kalian gunakan untuk dinding kamar mandi. Keramik bermotif ini cocok untuk kalian yang menyukai tema abstrak atau random.

Keramik Caspari

Caspari merupakan salah satu motif keramik yang paling banyak digunakan untuk dinding kamar mandi masyarakat Indonesia. Motifnya yang simple namun unik, menjadi salah satu daya tarik utama dari keramik caspari ini. Selain itu keramik caspari juga cocok untuk digunakan pada hampir semua tema kamar mandi.

Motif Papan Catur

Terakhir dan yang paling unik ialah keramik dinding kamar mandi dengan motif papan catur. Motifnya hanyalah kotak–kotak dengan warna hitam dan putih. Selain lebih murah, motif keramik ini juga cukup simple untuk dipasang.

5 Merk Keramik Terbaik di Indonesia

Setelah menentukan motif yang tepat, waktunya memilih merk keramik yang akan kita beli. Beberapa merk keramik terbaik di Indonesia di antaranya :

Mulia

Mulia merupakan merk keramik yang terkenal akan produk granitnya. Produk dari merk ini dijual dengan harga berkisar di Rp.50.000,-

Hercules

Produk unggulan dari Hercules ialah keramik bernuansa antiknya. Untuk kalian pencinta vintage, merk ini bisa menjadi pilihan utama kalian.

Kita

Jika kalian mencari keramik motif hexagonal, maka pilihlah produk dari Kita. Harganya yang murah dan kualitas yang terjamin, menjadi alasan utama kalian harus membelinya.

Arwana

Merk keramik Arwana umumnya memiliki motif yang simple dengan satu warna utama. Merk ini cocok untuk kamar mandi yang besar.

Baca juga: Ide Dan Desain Kamar Mandi Minimalis Yang Bisa Kalian Gunakan.

Ikad

Terakhir, ada merk Ikad yang menjadi merk keramik dengan motif paling beragam. Meskipun sedikit mahal, namun merk ini menyediakan banyak motif untuk kalian pilih.

Demikianlah beberapa model dan motif keramik kamar mandi yang bisa kalian pilih. Dengan motif yang tepat, kalian bisa membuat kamar mandi terlihat indah dan nyaman.

Ruangan komen telah ditutup.