Ide Dan Desain Kamar Mandi Minimalis Yang Bisa Kalian Gunakan

5/5 (1)

Desain rumah minimalis, saat ini tengah menjadi idaman bagi semua orang, khususnya millennial yang ingin memiliki rumah sendiri. Hanya dengan rumah yang berisikan ruang tamu, dapur kecil, 2 kamar tidur, dan kamar mandi minimalis, sudah cukup untuk menjadi tempat tinggal satu keluarga kecil.

Kamar mandi merupakan salah satu aspek terpenting dalam tiap rumah. Bukan hanya kebersihan, namun sisi artistik dan desain kamar mandi juga penting untuk memberikan rasa nyaman. Umumnya, rumah dengan kamar mandi yang bersih dan desain yang unik, dapat menandakan bahwa sang pemilik juga memiliki jiwa seni yang tinggi.

Tips & Ide Desain Kamar Mandi Minimalis

Faktanya, kita tidak bisa sembarangan dalam membuat desain kamar mandi yang unik. Terdapat beberapa faktor yang dapat membuat kamar mandi minimalis terlihat rapi dan menarik. Mulai dari pencahayaan, tata ruang, hingga penggunaan keramik dan bahan lainnya.

Oleh karena itu, untuk kalian yang ingin membuat kamar mandi dengan desain unik, berikut ini merupakan beberapa tips dan ide membuat kamar mandi minimalis yang mungkin bisa kalian pakai.

Kamar Mandi Sederhana Dengan Dinding Mozaik

Beberapa dari kalian mungkin sudah sering melihat kamar mandi dengan desain minimalis yang sangat sederhana dengan menggunakan dinding keramik bermotif mozaik. Memang, desain yang satu ini dapat dibilang desain paling banyak yang ada di Indonesia.

Hanya dengan bermodalkan keramik mozaik di bagian dinding dan lantai, beserta bak mandi yang ditempatkan di samping closet, kalian sudah dapat membuat kamar mandi yang siap digunakan. Desain yang satu ini sangat cocok untuk kalian yang tidak ingin menghabiskan banyak budget hanya untuk kamar mandi.

Desain Kamar Mandi Ala Jepang

Bagi kalian khususnya pencinta drama dan film Jepang, mungkin kalian sering melihat kamar mandi di Jepang dengan nuansa tradisional. Ide ini mungkin bisa kalian terapkan di rumah sendiri.

Tanpa membutuhkan area yang luas, kalian sudah bisa membuat kamar mandi dengan satu bathtub, wastafel dan closet. Untuk dindingnya, kalian dapat menggunakan keramik dengan motif bambu atau papan kayu.

Kamar Mandi 2×3

Untuk beberapa orang, lahan 2×3 sudah cukup untuk dibangun kamar mandi. Namun, sering kali kamar mandi dengan ukuran 2×3 terlihat bertumpuk–tumpuk dan tidak rapi.

Padahal, dengan tata ruang yang baik, kamar mandi berukuran 2×3 dapat terlihat rapi dan menarik. Caranya ialah dengan mengatur bathtub atau bak mandi di ujung ruangan terjauh dengan closet di sampingnya. Kalian juga dapat menambahkan wastafel atau rak kamar mandi di samping pintu masuk.

Desain Kamar Mandi Dengan Pengaturan Cahaya Yang Tepat

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, salah satu kunci membuat kamar mandi minimalis yang menarik ialah teknik pencahayaan. Usahakan untuk membuat ventilasi yang membuat sinar matahari dapat masuk secara langsung ke kamar mandi.

Selain itu, penempatan kamar mandi yang langsung tersinari cahaya matahari juga mencegah kamar mandi menjadi lembab dan terkesan menyeramkan. Tentunya, kalian tidak ingin merasa ketakutan di dalam kamar mandi rumah sendiri bukan?

Penggunaan Cermin Sekaligus Rak

Untuk menghemat penggunaan ruang dalam kamar mandi, kalian juga dapat menggunakan cermin yang memiliki fungsi lain sebagai rak. Furniture ini bisa kalian temukan di berbagai tempat penjualan interior rumah.

Penggunaan Warna Monochrome Pada Dinding

Bagi kebanyakan orang, penggunaan warna monochrome atau hitam, putih, dan abu–abu dapat menambahkan kesan elegan pada ruang interior termasuk kamar mandi. Penggunaan warna monochrome di kamar mandi terutama di bagian dinding, akan menambahkan kesan mewah dan menawan.

Selain itu, penggunaan warna monochrome juga membuat biaya perawatan lebih murah karena warna ini tidak mudah terlihat kotor.

Desain Kamar Mandi Yang Sama Dengan Interior Rumah

Desain kamar mandi minimalis

Ide desain kamar mandi minimalis yang terakhir ialah menyamai dengan desain interior rumah. Hal ini akan membuat kamar mandi kita terlihat lebih menyatu dengan semua ruang dalam rumah. Selain itu, menyamakan kamar mandi dengan desain interior rumah juga akan menghemat budget, karena membeli semua bahan interior dari satu tempat yang sama.

5 Pilihan Motif Keramik Kamar Mandi Minimalis

Salah satu faktor paling penting untuk membuat kamar mandi ukuran minimalis terlihat menarik ialah keramik yang kalian gunakan. Tentunya, pemilihan keramik kamar mandi tidak bisa sembarangan dilakukan. Berikut ini ada 5 pilihan motif keramik kamar mandi yang bisa kalian gunakan untuk kamar mandi.

Keramik Monochrome

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, monochrome merupakan pilihan paling tepat untuk kamar mandi minimalis. Oleh karena itu, keramik dengan warna monochrome akan sangat cocok untuk digunakan pada kamar mandi.

Keramik Herringbone

Untuk kalian yang belum tahu, keramik herringbone merupakan keramik dengan motif zig–zag atau berliku–liku. Umumnya, motif ini memang dibuat khusus sebagai keramik kamar mandi.

Keramik herringbone memiliki banyak jenis warna. Kalian dapat mencocokkan penggunaan warna keramik ini dengan warna dinding.

Keramik Bermotif Vintage

Bagi sebagian orang, desain jadul atau vintage masih menjadi favorit di berbagai sudut ruangan khususnya kamar mandi. Saat ini, keramik bermotif vintage juga masih banyak dijual dengan harga yang beragam.

Namun, tiap keramik dengan motif jadul memiliki motif satuan yang berbeda–beda. Sehingga kalian harus menyusunnya dengan cermat agar terlihat menarik.

Keramik Mozaik

Motif keramik kamar mandi yang paling sering digunakan di Indonesia ialah keramik mozaik. Keramik ini memiliki desain yang sangat eyecatching dan sangat mudah untuk ditemukan. Selain itu, harga keramik mozaik juga tergolong lebih terjangkau dibandingkan dengan keramik lainnya.

Motif Kayu

Motif keramik kamar mandi terakhir yang bisa kalian pilih ialah motif lantai kayu. Keramik ini memiliki motif yang lebih natural dan elegan. Meskipun begitu, keramik dengan motif lantai kayu tetap membawa kesan elegan dan unik.

Selain di bagian lantai, motif keramik kayu juga bisa kalian gunakan pada dinding ataupun pintu kamar mandi. Hal ini akan membuat tiap aspek dari kamar mandi terlihat lebih menyatu satu sama lainnya.

Demikianlah beberapa tips dan ide dalam mendesain kamar mandi serta beberapa pilihan motif keramik yang bisa kalian gunakan. Tentunya, dari sekian banyak ide dan pilihan, kalian dapat menerapkan satu yang paling cocok dengan pikiran dan kesukaan kalian.

Baca juga: Membersihkan Seluruh Rumah Tanpa Repot Dalam 8 Langkah.

Selain itu, membuat kamar mandi minimalis juga harus disesuaikan dengan budget, lahan, dan kebutuhan masing–masing. Tentunya, tiap kamar mandi memiliki kebutuhan tempat dan lahan yang berbeda. Oleh karena itu, agar kalian tidak melakukan kesalahan yang fatal, kalian perlu memilih desain kamar mandi yang paling cocok dengan rumah yang sedang kalian bangun.

Ruangan komen telah ditutup.