by

4 Contoh Dekorasi Idul Fitri yang Akan Menambah Kehangatan Suasana Lebaran Anda

Contoh dekorasi Idul Fitri sebenarnya sudah banyak diaplikasikan beberapa orang untuk menyemarakkan suasana lebaran mereka. Hal inilah yang kemudian menginspirasi orang lain untuk melakukan hal yang sama. Sayangnya, tidak semua orang mempunyai ide untuk diterapkan sendiri. Berikut ini beberapa contoh ide dekorasi sederhana yang bisa Anda aplikasikan agar suasana lebaran di rumah Anda semakin semarak dan bermakna.

Hiasi Dinding atau Rak dengan Ornamen Islami

Hal yang pertama kali tampak dalam sebuah ruangan adalah dinding. Anda bisa menjadikan dinding ini sebagai daya tarik tersendiri. Hiasi dinding dengan beberapa ornamen Islami, seperti menggantungkan tulisan “Selamat Idul Fitri” atau memajang kaligrafi dengan hiasan seperlunya. Ornamen dengan bentuk bintang atau bulan sabit juga bisa diaplikasikan di sekitarnya untuk semakin menambah semarak ruangan. Gunakan warna cerah dan beragam agar terasa hidup. Namun begitu, pilihlah warna tidak norak karena justru akan membuat kesan panas di dalam ruangan.

Baca juga: Inspirasi Warna Cat Rumah yang Cocok Untuk Lebaran.

Ganti Tirai dengan Warna Cerah

Tirai atau gorden yang ada di dalam ruangan sebaiknya diganti dengan warna-warna cerah. Jika tirai sebelumnya sudah berwarna cerah, cukup dicuci saja, kemudian digunakan kembali. Warna cerah yang dipiih ini akan membuat rumah terasa ceria dan sejuk. Bisa juga Anda gunakan warna gelap dengan lapisan emas di bagian tepinya. Warna ini akan membuat ruangan menjadi tampak elegan dan mewah. Untuk masalah motif, gunakan motif bunga atau bentuk geometris. Dalam hal ini, yang perlu diingat, terapkan warna yang serasi dengan ornamen yang ada di dalam ruangan tersebut sehingga akan tampak manis dipandang mata.

Menghias Wadah Makanan Agar Cantik

Selain dinding dan tirai, tempat makanan yang ada di meja pun bisa Anda hias agar tampak cantik. Jika toples yang Anda gunakan sudah mempunyai motif menarik, cukup letakkan toples-toples tersebut dalam sebuah keranjang unik yang cantik. Untuk toples polos, Anda bisa menghiasnya dengan mengaplikasikan renda di bagian atasnya. Selain itu, Anda juga bisa melapisi permukaan toples dengan kain hias berwarna senada dengan ornamen yang ada dalam ruangan tersebut. Tentu saja, dibutuhkan kreativitas dan ketelatenan dalam membuatnya.

Meletakkan Kado dengan Bungkus Bertema Lebaran

Jika Anda mempunyai budget lebih, gunakan sudut ruang tamu untuk meletakkan meja yang di atasnya diberi kado dengan bungkus bertema lebaran. Kado ini akan diberikan kepada tetangga, khususnya anak-anak atau remaja, yang datang berkunjung untuk bermaafan. Di Indonesia, tradisi seperti ini memang masih diterapkan di beberapa kota. Dengan adanya kado ini, suasana lebaran pun akan semakin terasa.

Menghias Meja Makan

Hal kedua yang biasanya menjadi perhatian pada saat lebaran adalah meja makan. Di sini biasanya semua orang berkumpul untuk menyantap hidangan khas lebaran. Agar aktivitas ini semakin nyaman, Anda bisa menghias meja makan dengan meletakkan bunga di tengah meja dengan menggunakan vas. Atau, Anda juga bisa meletakkan ornamen dengan gantungan manik-manik berupa bintang, bulan sabit, atau ketupat. Jangan lupa untuk mengganti taplak agar kesan bersih juga tercipta di sini. Tidak hanya itu, sajian hidangan di dalam piring pun sebaiknya diplatting dengan menarik dengan hiasan, misalnya daun kelapa sisa bungkus ketupat.

Itulah beberapa ide dekorasi yang bisa Anda aplikasikan di rumah. Pastinya dibutuhkan waktu cukup lama untuk menghias rumah ini. Oleh karena itu, lakukan secara bertahap di sela-sela kesibukan Anda menyiapkan hidangan berbuka puasa. Jadikan moment lebaran Anda menjadi moment yang paling menyenangkan sepanjang tahun.

Informasi ini masuk dalam bahasan:

- aktivitas sehabis lebaran idul fitri

Tentang Penulis: Summase Sanjaya

Founder of Media Monitoring Club - Aktif mendengarkan siaran SW dari tahun 1996 hingga 2006. Pernah menjadi Program monitor Radio Jepang NHK World dari tahun 2001-2010, Technical Monitor KBS World Radio, Technical Monitor Radio Taiwan International, dan Technical Monitor Radio Deutsche Welle. Kini sedang menjadi blogger aktif untuk beberapa blog, termasuk blog Media Monitoring Club Ini.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fifteen + eight =