Apa itu Microblog

5/5 (1)

Pada artikel terdahulu, kita telah memperkenalkan mengenai blog. Sekarang kita akan membahas mengenai apa itu microblog.

Pengertian Microblog

MicroBlog bila kita lihat berdasarkan urutan katanya terdiri dari micro dan blog. Micro artinya kecil sedangkan blog (web blog) dapat diartikan sebagai jurnal online. Jadi microblog berartiarti jurnal online dalam skala kecil. Aktivitas atau kegiatan dalam membuat postingan (ngeblog) biasa disebut dengan microblogging (blogging atau ngeblog dalam skala kecil). Microblog sebagai salah satu bentuk dari blog multimedia juga memungkinkan penggunanya memposting konten multimedia seperti foto atau klip suara untuk dilihat orang lain.

Seperti dikutip dari wikipedia:

Microblogging is a broadcast medium in the form of blogging. A microblog differs from a traditional blog in that its content is typically smaller in both actual and aggregate file size. Microblogs “allow users to exchange small elements of content such as short sentences, individual images, or video links”. These small messages are sometimes called microposts

Perbandingan Blog dan Microblogging

Microblogging memiliki keunggulan yakni lebih cepat dalam mengupdate status dan memberikan informasi kepada orang lain secara real-time. Tetapi itu tetaplah pesan dan tidak memungkinkan untuk dikomentari seperti fitur komentar pada blog. Kalaupun ada yang membalas tetap saja balasannya merupakan pesan juga.

Dengan microblogging anda menghemat waktu dalam mempost suatu update daripada menulis di blog. Tetapi tulisan atau informasi yang lebih mendalam pada blog bisa lebih bermanfaat bagi orang lain. Dengan blog anda lebih bebas berkreasi untuk memasukkan konten yang kaya akan informasi dan multimedia dibanding dengan microblogging.

Ruangan komen telah ditutup.