Menikmati Panorama Alam Belitung



Tetralogi Laskar Pelangi yang diangkat dalam film berjudul sama telah mendulang banyak kesuksesan. Animo masyarakat terhadap Belitung semakin terdengar di mana-mana. Filmnya yang berjudul sama mengangkat keindahan Belitung yang sebelumnya tidak terlalu gaung.

Panorama alam Belitung
Panorama alam Belitung (Wikipedia)

Sedikit ulasan, Kisah Laskar Pelangi mengangkat sekelompok anak asli Belitong yang hidup dalam kekurangan namun memiliki semangat juang yang luar biasa tinggi. Siapa sangka, anak desa terpencil mampu menjelajah kota besar bahkan sampai negara yang tadinya hanya sempat mereka temukan dalam peta. Kisah kawanan Andrea Hirata serta keindahan Belitung yang tersaji apik dalam film tentunya menjadi salah satu faktor utama yang menarik saya mengunjungi Belitong. Berkesempatan merambah negeri yang begitu indahnya, saya merangkum cerita yang hendak saya bagikan.

[Baca juga: Museum Kata Andrea Hirata, Wisata para pecinta sastra]

Menuju Pulau Belitung sangat mudah. Anda hanya perlu menaiki pesawat dengan jarak tempuh 45 menit dari Jakarta. Penerbangan menuju Tanjung Pandan telah disediakan oleh beberapa maskapai dengan jumlah penerbangan sampai dengan 15 penerbangan setiap harinya. Selain Jakarta, Anda juga bisa memilih jalur penerbangan melalui Yogyakarta, Surabaya, Medan, Palembang, Batam, atau Bandar Lampung. Ongkos penerbangannya juga masih terjangkau kantong, kisarannya antara Rp 500.000 hingga Rp 1.000.000 tergantung jenis penerbangan dan maskapai yang diinginkan.

Awalnya, saya beranggapan bahwa Belitung merupakan daerah yang hanya memiliki satu pulau. Ternyata saya salah. Ada banyak pantai yang bisa saya susuri sambil terus berdecak kagum. Menurut catatan saya, ada sembilan tempat yang wajib anda knjungi selama berada di sana.

1. Pulau Lengkuas

Pulau Lengkuas yang mengelilingi Pulau terlar merupakan daya tarik utama di Belitung. Ikonnya ialah sebuah mercusuar yang dibangun pada zaman kolonial belanda dan sampai sekarang masih digunakan sebagai alat penuntun lalu lintas laut.

2. Pantai Parang Tenggiri

Pantai ini merupakan salah satu lokasi wisata andalan di belitung. Lokasinya terletak di Kecamatan Sungai Liat, Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung. Pantai Parang Tenggiri sungguh menawan, pasirnya putih disertai batu granit berukuran besar, langitnya juga berwarna biru bersih. Perpaduan cantik bagi anda yang haus akan keindahan alam serta ketenangan jiwa.

3. Pantai Tanjung Pesona

Berdekatan dengan Pantai Parang Tenggiri, tepatnya di Desa Rambak, terdapat sebuah pulau yang menyajikan pemandangan laut lepas sekilas, lokasinya hampir sama dengan pantai di daerah Amerika Latin. Nilai plusnya, lokasi ini sudah memiliki fasilitas wisata yang terbilang lengkap, dari hotel bintang lima hingga fasilitas spa.

4. Pantai Matras

Bergeser sedikit, anda bisa mengunjungi Pantai Matras di Desa Sinar Baru. Pantai ini banyak dikunjungi oleh wsatawan dan warga setempat. Pantai Matras ini menghadap langsung ke Laut China Selatan.

5. Pantai Tanjung Tinggi

Secara harafiah, nama Tanjung Tinggi berarti Semenanjung yang tinggi, karena Pantai memiliki bebatuan yang tinggi. Inilah daya tariknya. Letaknya tidak jauh dari kota Tanjung Pandan dan bisa menjadi destinasi pilihan yang sungguh menawan.

6. Pantai Tanjung Kelayang

Pantai Tanjung Kelayan terletak di sebelah Utara Pulau Belitung dengan jarak 27 km dari pusat kota.  Pantai ini mempunyai panorama pantai yang unik, di sisi sebelah barat akan kita jumpai gugusan bebatuan granit yang memiliki bentuk-bentuk dan susunan yang beraneka ragam. Kemudian di sebelah timur akan kita jumpai pantai yang berpasir putih sepanjang mata memandang. Salah satu ikon Pantai Tanjung Kelayang ialah batuan granit yang terususun acak dan tampak seperti kura-kura.

7. Pantai Tanjung Kalian

Daya tarik mercusuar kembali menyapa Anda saat mengunjungi pantai ini. Terletak sekitar 9 km dari kota Muntok dan 138 km dari Ibu Kota Pangkal Pinang, Pantai Tanjung Kalian menjadi lokasi pilihan wisata edukasi yang baik. Anda dapat menengok mercusuar peninggalan Belanda yang dibangun pada tahun 1862, dan masih menjulang kokoh di sana.

8. Pantai Batu Bedaun

Pantai Batu Bedaun Terletak di kampung Bukit Kuala, Kelurahan Sinar Jaya, Kecamatan Sungailiat Kabupaten Bangka. Pantai bisa dikatakan cukup unik, bersebelahan dengan Pantai Parai Tenggiri. Pantai Batu Bedaun diberi nama ini, konon katanya nama itu diberikan karena di tengah-tengah pantainya ada pulau kecil yang hanya terdiri batu-batu besar dan ada sebatang pohon yang tumbuh di tengah-tengahnya. Ini memang terlihat unik. Dan sampai saat ini, cerita itu dipercaya sebagai asal muasal pemberian nama Batu Bedaun untuk pantai ini.

9. Danau Kaolin

Berbeda dengan wisata pantai yang mendominasi wisata di Belitung, anda mendapat penawaran wisata danau yang sangat cantik. Danau ini konon terentung dari bekas pertambangan kaolin yang telah ditunggalkan. Bisa dibilang, alam yang menyempurnakan si cantik ini. Di sini, anda akan melihat pemandangan yang begitu mempesona sepanjang mata melihat. Timbunan-timbunan galian seperti bukit di sekitar area danau yang sekilas seperti Gunung Bromo mini tetapi berwarna putih. Daratan bawah danau yang tertutup oleh air seperti lekukan seekor binatang yang sedang melintas, apabila air sedang surut daratan tersebut akan kelihatan seperti gula putih yang bersih. Di tengah danau nampak sebuah daratan yang seakan menghubungkan antar ujung danau.
Sampai di sini, saya jamin anda mulai tertarik menikmati panorama alam dan wisata di Belitung. Lalu, bagaimana dengan akomodasinya? Apakah cukup nyaman bagi wisatawan?

Seperti tempat wisata yang sedang berkembang lainnya, Belitung telah memiliki banyak penginapan yang tersebar di berbagai lokasi wisatanya. Sampai saat ini tercatat sekitar 35 hotel yang telah beroperasi di sana dengan variasi harga yang dapat disesuaikan dengan kondisi kantong. Jika berminat, anda juga bisa menginap di rumah penduduk, tentunya anda akan mendapat pengalaman lain yang tak kalah unik.



Informasi ini masuk dalam bahasan:

- panorama alam belitung - pembayaran pajak property - cerita tentang pantai batu pulas belitung

Artikel Terkait dan Link Sponsor

Menikmati Panorama Alam Belitung Post in | Last updated: February 20th, 2016 - 11 views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five × 5 =