Gili Trawangan: Pesona Keindahan Alam di Wilayah Timur Indonesia

Panorama Indonesia

Indonesia, Negeri yang kaya akan budaya, sumber daya alam dan keindahan alam. Menawarkan sekaligus memancarkan pesona tersendiri bagi orang-orang yang tinggal di dalamnya maupun orang-orang yang hanya sekedar berkunjung sebagai wisatawan lokal maupun asing.

Gili trawangan
Sunset di Gili trawangan (Wikipedia)

Salah satu tempat yang demikian dan wajib kita kunjungi ialah Gili Trawangan. Gili Trawangan merupakan salah satu tempat eksotis yang akan memanjakan kita dengan keindahan alam dan fasilitasnya. Daerah yang cocok bagi para traveler maupun para penikmat keindahan alam atau keluarga yang ingin menghabiskan waktu liburan bersama. Hal yang begitu mempesona di Gili ini ialah suasana alam dan pantainya yang terjaga, bersih dan didukung oleh fasilitas-fasilitas berkelas internasional.

Bagi orang-orang yang tinggal di Gili ini, daerah indah ini merupakan sumber rejeki. Sedangkan bagi para wisatawan asing maupun lokal, daerah ini merupakan bagian dari kepuasan akan pengalaman unik dari interaksi diri dalam menghadapi dan menikmati alam. Mari kita berkenalan dengan salah satu kekayaan panorama di wilayah Timur Indonesia ini.

Pesona Alam di Gili Trawangan

Siapa yang tidak kenal dengan pulau Lombok? Pulau yang terletak di sebelah Timur Indonesia ini menyimpan kekayaan dan keindahan bahari. Pesona itu berada di Gili Trawangan, yang terletak di Barat Laut Pulau Lombok. Ternyata, ‘Gili’ merupakan sebutan untuk pulau-pulau kecil yang berada di sekitar Pulau Lombok.

Gili Trawangan dikenal juga sebagai salah satu pulau dari Three Gili’s (Tiga Gili atau Tiga Pulau Kecil yang berada di sekitar Pulau Lombok, yaitu: Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air). Dari ketiganya, Gili Trawangan-lah yang memiliki daerah yang lebih besar daripada kedua Gili lain dan memiliki fasilitas paling lengkap berstandar internasional karena Gili ini terkenal di kalangan wisatawan asing yang ingin menikmati keindahan alam terutama keindahan baharinya.

Kita bisa menuju Gili Trawangan dengan menaiki perahu motor atau speedboat dari pelabuhan kecil di Bangsal. Pelabuhan kecil di Bangsal dapat kita capai dalam waktu 1 jam dari Kota Mataram (dengan jarak tempuh ± 42 Km dari Kota Mataram). Jika kita memakai kendaraan pribadi (motor maupun mobil), kita harus meninggalkan kendaraan kita di pelabuhan Bangsal karena perahu motor dan speedboat yang tersedia diperuntukkan hanya untuk mengangkut penumpang. Daerah Gili Trawangan relatif kecil karena memiliki panjang jarak Utara ke Selatan ± 3 Km dan lebar jarak Barat ke Timur ± 2 Km.

Hal menarik yang berlaku di Three Gili’s ini ialah kebijakan tentang pembatasan kendaraan bermesin yang diberlakukan secara ketat. Karena itu, transportasi yang diperkenankan beroperasi di masing-masing Gili begitu khas dan amat ramah lingkungan, seperti Cidomo (semacam delman atau kereta kuda khas Lombok) dan sepeda kayuh. Keduanya memiliki tarif sewa masing-masing. Kita dapat memilih sesuai minat dan kebutuhan.

Biasanya tarif sewa Cidomo untuk berkeliling adalah Rp. 125.000.- (tarif yang disesuaikan dengan harga wisatawan asing, mungkin bisa berubah), dengan ketentuan satu Cidomo maksimal dinaiki oleh 3 penumpang. Cidomo sendiri tak hanya digunakan sebagai sarana berkeliling tapi juga sebagai sarana transportasi pengganti taksi dan tarifnya pun berbeda.

Sedangkan tarif sewa sepeda kayuh adalah Rp. 15.000.- perjam. Bila kita mau menyewa seharian penuh, harga sewanya Rp. 50.000.- tarif yang cukup bersahabat bagi wisatawan lokal. Kita bisa menjelajahi Gili Trawangan dalam beberapa jam dengan bersepeda. Atau kita bisa memilih untuk jalan kaki selain lebih murah meriah, dengan jalan kaki, kita bisa merasakan hangatnya sapaan ramah penduduk daerah setempat. Penduduk setempat juga terkenal ringan tangan. Mereka dengan senang hati akan membantu kita bila kita tersesat dengan menunjukkan arah yang benar pada kita.

Di Gili ini juga kita dapat menikmati sunset dan sunrise sekaligus karena Gili ini memiliki pantai yang menghadap Timur dan Barat dengan jarak yang tidak terlalu jauh, kita bisa jalan kaki atau menggunakan jasa angkut cidomo untuk menikmati sunrise dan sunset sekaligus di satu pulau.

Selain itu, kegiatan yang paling sering dilakukan para wisatawan asing di Gili Trawangan ialah scuba diving, snorkeling di pantai sebelah Timur Laut, bermain kayak, berselancar dan juga belajar berkuda sambil mengelilingi pulau kecil nan eksotis ini.

Sedikit Tips Saat Berwisata di Gili Trawangan

  • Bila tidak menggunakan kendaraan pribadi, kita dapat menggunakan taksi untuk menuju terminal Bangsal, selanjutnya kita bisa jalan kaki dari terminal menuju pelabuhan Bangsal karena hanya berjarak 500 Meter.
  • Bila menggunakan kendaraan pribadi, akan lebih baik mengikutsertakan sopir pribadi untuk menjaga mobil di pelabuhan Bangsal, saat kita menuju Gili Trawangan.
  • Bila tidak berencana menginap, kita dapat berangkat saat pagi dan kembali ke Lombok saat sore sebelum jam 5 sore.
  • Bila memiliki budget lebih, lebih baik memesan hotel bintang lima karena kita akan mendapat fasilitas perahu motor yang akan menjemput kita di dermaga Nara (atau sesuai kesepakatan) sekaligus mengantar kita kembali.
  • Bila ingin menginap di penginapan yang memiliki harga terjangkau, tanyakan dan pastikan lebih dulu pada pihak penginapan mengenai penggunaan air tawar untuk keperluan kamar mandi. Karena beberapa penginapan menggunakan air laut.
  • Jangan lupa untuk mengunjungi dua Gili lain: Gili Meno dan Gili Air. Dua Gili ini dapat dicapai speedboat atau perahu motor masing-masing 15 menit Kita dapat menikmati keindahan bawah lautnya yang tak kalah indah.
  • Akan lebih nyaman bila kita membawa dan memakai celana pendek saat berwisata di sana.
  • Hal yang tak kalah penting ialah pastikan kita memiliki informasi yang cukup mengenai daerah yang akan kita tuju. Akan lebih baik bila kita mengetahui rute yang efisien, update tarif (karena bisa jadi harga dapat berubah sewaktu-waktu), event-event khas, sarana-prasarana yang tersedia dan referensi terpercaya dari teman-teman yang telah lebih dulu ke sana agar lebih lancar dan nyaman saat berwisata.

Kita telah mengenal Gili Trawangan sebagai salah satu kekayaan di wilayah Timur Indonesia sebagai salah satu tempat objek wisata yang terkenal di mata dunia karena kekayaan dan keindahan baharinya. Kita dapat bangga karena masih memiliki kekayaan dan keindahan alam yang mempesona. Mungkin kita bisa lebih lagi menggali kekayaan tersebut untuk kita rawat agar anak-cucu kita dapat menikmatinya juga. Sekarang, setelah tahu dan paham, kini saatnya kita merencanakan dan bersiap ke sana. Ayo berangkat!!!

Artikel Terkait dan Link Sponsor

Gili Trawangan: Pesona Keindahan Alam di Wilayah Timur Indonesia Post in | Last updated: February 19th, 2016 - 25 views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

7 − 1 =