“VESPA”, Lebih dari sekedar motor

Semua pecinta motor pasti kenal dengan merek motor yang satu ini, “Vespa”. Mungkin memang sudah jarang masyarakat di Indonesia memakai motor buatan produsen asal Italia, Piaggio. Piaggio sendiri memang memprodusi beberapa merek motor selain vespa, akan tetapi vespa menjadi salah satu merek paling terkenal dari Piaggio, jangan lupa motor merek ini sempat  “booming”  pada tahun 1990 an.

Pada awal kemunculannya para penggemar vespa berlomba-lomba mengubah tampilan vespanya menjadi racing yang sedang menjadi tren pada waktu itu. Saat mulai bosan dengan tren racing tersebut maka dimulai tren RAT (kumuh) yang identik dengan assesoris-assesoris yang menunjukkan makna dari tren kumuh itu sendiri. Setelah tren RAT berakhir muncullah tren baru bagi penggemar dan pengguna vespa yakni tren Chopper. Tren ini sendiri diinspirasi oleh tampilan motor gede pada waktu itu. Para pencinta vespa menunjukkan kreativitas mereka mengubah tampilan vespa mereka ala chopper. Setelah beberapa waktu tren ini kemudian berganti pula menjadi tren Retro yang pada dasarnya merubah tampilan vespa mereka baik bodi maupun cat kembali ke tampilan asal dari pabrikan vespa itu sendiri yang mana tren tersebut kini sedang hangat-hangatnya.

Motor vespa
Motor vespa (Ilustrasi/pixabay)

Tren-tren yang tadi disebutkan  punya masa jayanya sendiri, namun tidak sedikit pengguna dan pencinta vespa tetap mempertahankan salah satu tren tersebut untuk menunjukkan identitas diri. Bicara soal identitas diri, biasanya para biker vespa ini mengidentikkan dirinya dengan suatu komunitas yang ia ikuti. Para anggota komunitas tersebut biasanya menamai komunitas mereka sesuai dengan lokasi komunitas tersebut ataupun jenis vespa yang menjadi mayoritas di komunitas tersebut.

Komunitas vespa di Indonesia sudah menjamur di mana-mana dan dapat kita lihat di berbagai daerah terutama di kota-kota besar. Rasanya tidak sulit untuk menemukan berbagai komunitas motor di Indonesia khususnya komunitas vespa. Untuk itu sering diadakan acara bertemunya komunitas-komunitas vespa Indonesia dalam acara temu akbar. Acara tersebut pada umumnya bertujuan untuk menjadi wadah silahturahmi dan sharing yang bermanfaat bagi para biker yang tergabung dalam berbagai komunitas pada acara tersebut. Komunitas-komunitas vespa di Indonesia patut berbangga karena Indonesia sendiri merupakan negara dengan komunitas vespa terbesar ke 2 setelah Italia yang merupakan Negara asal vespa..

Di Italia maupun negara lain selain Indonesia vespa bukan hanya sekadar alat transportasi melainkan menjadi gaya hidup. Apalagi pada awal kemunculannya, vespa juga sempat tampil di berbagai film baik film produksi luar negeri maupun film dalam negeri, misalnya pada film Dear Diary yang dibintangi oleh Jude Law yang menampilkan vespa sebagai kendaraannya sedangkan dalam dunia perfilman Indonesia vespa sempat muncul dalam serial Warkop. Secara tidak langsung hal tersebut berdampak pada kian populernya vespa pada masa itu.

Walaupun masa kejayaannya telah berlalu, vespa akan tetap menjadi legenda dunia otomotif  yang dapat diakui bahwa sisa kejayaannya masih terasa hingga kini.

Gravatar Image
Gravatar Image

Latest posts by Yosafat R. Benedy (see all)

Artikel Terkait dan Link Sponsor

“VESPA”, Lebih dari sekedar motor Post in | Last updated: September 25th, 2016 - 22 views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two × five =