Mengenal Sejarah Sepak Bola, Teknik Dasar dan Game yang Sering dimainkan

5/5 (1)

Tidak dapat dipungkiri bahwa semua orang telah mengetahui sepak bola di dunia ini. Bahkan sepak bola bisa dikatakan permainan yang tidak memandang usia, hal itu terlihat dari pemain sepak bola yang ada saat ini. Mereka dari yang berumur sangat muda sampai yang telah tua, tentu akan menyukai sepak Bola. Lalu, apakah ada yang tahu mengenai sejarah sepak bola di dunia ini? Lebih jelasnya mari kita simak ulasan di bawah ini!

Sejarah Sepak Bola di Dunia

Asal mula dari permainan sepak bola, yakni dimulai di China dari abad ke-2 dan ke-3 SM. Pada saat itu, selama masa pemerintahan Dinasti Han, warga ketika itu suka memainkan permainan ini dengan menggiring bola kulit ke jaring kecil, lalu seketika menendangnya. Dengan latar belakang bisa dikatakan pencipta permainan sepak bola ialah warga Dinasti Hang.

Sejarah sepak bola dunia hampir bisa dikatakan sama juga dengan yang dimainkan di Jepang bernama Kemari. Tidak hanya itu saja, di Italia, permainan menggiring bola dan menendang bola juga disukai masyarakat, terlebih lagi sejak abad ke-16.

Hal ini berarti sebenarnya ada banyak spekulasi mengenai sejarah sepak bola di dunia. Namun secara garis besar, bisa diambil kesimpulan, permainan sepak bola berasal dari negara China, Jepang atau juga Inggris.

Sejarah Sepak Bola Indonesia

Sejarah Sepak Bola Indonesia

Kalian perlu mengetahui bahwa sebenarnya sejarah sepak bola Indonesia tidak lepas dari peran bangsa lain yang telah melakukan penjajahan di wilayah Indonesia.

Di jaman dulu, dalam sejarah sepak bola Indonesia, China sudah memperkenalkan permainan sepak bola ke Indonesia untuk menunjukkan bahwa negara tirai bambu China tidak kalah unggul apabila dibanding negara-negara di Eropa seperti halnya Belanda.

Hal ini membuktikan bahwa selain memiliki keinginan untuk berdagang, China juga mempunyai andil yang begitu hebat dalam sejarah sepak bola Indonesia, yakni pada tahun 1910.

Pada masa itu, ada banyak klub atau masyarakat sepak bola yang didirikan oleh warga China. Bahkan pada tahun 1920, ada klub seperti UMS Jakarta dan Surabaya yang telah menjadi klub terhebat di sepak bola Hindia Belanda.

Kehebatan Indonesia kala itu tidak dapat dianggap remeh, hal itu terbukti, kita pernah mengikuti ajang piala dunia pada tahun 1938. Dalam perjalanan sejarah sepak bola Indonesia, ada beberapa peristiwa penting yang perlu diperhatikan, yakni berdirinya asosiasi sepakbola Indonesia yang mempunyai tugas membayangi klub sepak bola di Indonesia sampai saat ini.

Orgaisasi tersebut bernama PSSI yang didirikan pada 19 April 1930 di Yogyakarta. PSSI ini telah berdiri sebelum keikutsertaan Indonesia di Piala Dunia 1938 di Prancis.

Teknik Dasar Sepak Bola

Mungkin ada beberapa orang mengatakan, sepak bola merupakan permainan bola saja, tapi jika kalian lihat secara dalam. Akan ada beberapa teknik dasar dalam permainan sepak bola yang harus dikuasai, di antaranya sebagai berikut :

Teknik Menggiring Bola (Dribbling)

Ini merupakan salah satu teknik dasar yang wajib Anda kuasai sebelum menguasai teknik lainnya. Teknik menggiring bola atau bisa Anda sebut dribbling dilakukan dengan cara membawa bola memakai kaki sekaligus mengontrol lajunya bola.

Teknik Menendang Bola (Shooting)

Teknik berikutnya yang Anda perlu kuasai ialah teknik menendang. Teknik yang satu ini berguna untuk membobol gawang lawan dan juga untuk melakukan teknik passing yang akan dibahas setelah teknik dasar ini.

Dalam hal ini, Anda dapat menggunakan tiga teknik tendangan, yakni dengan menggunakan kaki bagian luar, bagian dalam, dan punggung kaki. Ketiga teknik tendangan tersebut dapat Anda lakukan dengan cara fokuskan pandangan pada sisi gawang mana yang jadi target, posisikan badan, taruh satu kaki kiri / kanan pada samping bola dan selanjutnya Anda ayunkan kaki yang dijadikan untuk menendang dengan memfokuskan tenaga pada bagian atas telapak kaki dan pandangan Anda, yakni ke arah yang ditargetkan.

Teknik Mengoper Bola (Passing)

Teknik yang satu ini akan lebih berguna dibandingkan teknik dribbling yang hanya mengandalkan kemampuan individu saja. Perlu diketahui bahwa Anda tidak sendiri dalam bermain bola, Anda memiliki 10 teman di lapangan atau 11 dengan kiper yang siap untuk membantu satu sama lain. Dan teknik passing ini tentu akan sangat membantu.

Game Sepak bola Android Terbaik

Dalam sepanjang sejarah sepak bola, Anda akan melihat bagaimana perubahannya. Di awal keberadaanya, kita hanya akan dapat melihat seseorang bermain bola langsung. Tapi saat ini, Anda bisa menjadi seorang pemain dari game sepak bola hanya dengan menggunakan android.

Winner Soccer Evo Elite

Winner Soccer Evo Elite adalah sebuah game sepak bola offline atau bisa dimainkan tanpa internet. Pada permainan sepak bola ini, pemain dapat berinteraksi dengan pemain lain dari segala penjuru dunia. Apalagi pada permainan yang satu ini pemain dapat menyimpan momen-momen epik saat pertandingan. Dalam Winner Soccer Evo Elite, ada beberapa mode permainan, seperti kompetisi, liga, hingga mode latihan.

Football Strike – Multiplayer Soccer

Apabila Anda sangat terobsesi untuk menjadi eksekutor bola mati seperti David Beckham atau Christiano Ronaldo, maka game yang satu ini sepertinya cocok untuk Anda mainkan.

Pada permainan yang satu ini, Anda akan diharuskan untuk mengambil tendangan bebas agar mengenai target yang ada. Yang sangat mengagumkan ialah Anda bisa mengubah penampilan pemain yang digunakan. Ada beberapa mode tersedia, misalkan saja Shooting Race mode dan Career Mode. Jika Anda ingin tantangan lebih, maka Anda bisa bermain dengan temanmu dalam multiplayer mode.

Soccer Star 2018 Top League

Bagi Anda penggemar sepakbola yang ingin berimajinasi langsung dalam membentuk ultimate timnya sendiri, Soccer Star 2018 Top League merupakan game yang bisa dipertimbangkan.

Beberapa fitur pada game yang satu ini akan membuat Anda merasakan sensasi menjadi pelatih sekaligus. Dimana Anda akan bisa melakukan negosiasi kontrak dengan klub untuk mencapai kesepakatan terbaik. Nah, Setelah tanda tangan kontrak, maka dimulailah perjuangan Anda untuk membawa tim Anda tersebut menjadi juara liga.

Dream League Soccer 2018

Sampai saat artikel ini ditulis, permainan Dream League Soccer 2018 merupakan game sepak bola offline dengan skor tertinggi di Play Store, 4.6 dari 10 juta lebih pemain.

Dalam game ini, Anda mempunyai kebebasan untuk membuat, mengubah, dan mengontrol dream team-mu sendiri. Yang sangat hebat, game ini memiliki lisensi resmi FIFPro sehingga Anda dapat memainkan pemain-pemain kesayangan Anda.

Baca juga: Kartu Hijau Sportivitas.

Sejak awal dimulainya sejarah sepak bola, memang telah dilakukan pembaharuan yang sangat beragam untuk membuat permainan yang satu ini menjadi lebih aman dan dapat dinikmati oleh semua orang di dunia.

Mungkin sampai sekarang, kita masih belum mengetahui sejarah sepak bola mengenai siapa sebenarnya penciptanya. Tapi dari sana, kita masih dapat menikmati bersama permainan sepak bola sampai saat ini.

Via PSSI

Ruangan komen telah ditutup.