by

Satu Dekade Ngeblog

Hari ini, tanggal 26 Mei 2018 merupakan satu dekade usia blog Monitoringclub. Ya, awal saya ngeblog pada bulan April 2018, itu karena salah seorang teman pendengar radio SW, kalau tidak salah ingat namanya Imam Tarsis yang bilang pada saya. Mas, bikin website untuk Media Monitoring Club dong, ya minimal sebuah bloglah. Sejak saat itu, menjadilah saya penasaran. Karena saya belum tahu bahwa untuk belajar yang lebih lengkap, tinggal mencari di internet. Yang saya tahu waktu itu, kegunaan internet hanya untuk membuka email atau sekadar untuk membuka website seseorang. Saya belum tahu yang namanya mesin pencari atau search engine.

Dengan latar belakang pendidikan teknik elektro (listrik atau arus kuat), mengenal internet saja nanti tahun 2000 setelah menjadi sarjana berkat teman kampus saya, Udin Sidik Sidin, yang waktu itu mengajari saya ke warnet dan mengajarkan membuat email, karena nekat waktu ditelpon oleh produser Radio Jepang (lupa siapa lagi namanya). waktu itu saya ditawari menjadi Technical Monitor Radio Jepang NHK dan ditanya, punya email nggak? Saya jawab iya. Saya terinspirasi dari kakak letting saya, Her*** yang waktu diwawancara di PT. Bersaudara, semua pertanyaan waktu tes wawancara dijawab bisa dan ada. Anda punya kendaraan pribadi? Jawab “ya”, padahal tidak ada. Begitu juga waktu ditanya, apakah Anda bisa memperbaiki komputer, dia juga menjawab ya, padahal nanti diterima bekerja baru kelabakan kursus elektronika.

Dengan semangat untuk membuat blog, sayapun mulai menyisihkan uang untuk beli buku, yang kalau dikalkulasi sampai sekarang mungkin totalnya ada 10 juta rupiah.

Dari bukulah saya kemudian belajar bikin blog, di tripod, blogger, WordPress.com dan terakhir menggunakan WordPress selft host. Jadi blog pertama saya tepatnya di tanggal 31 Maret 2008. Bikin blog berpindah-pindah platform sampai akhirnya memilih untuk menggunakan WordPress selft host.

Saat ini, Monitoringclub sudah berdiri selama 1 dekade. Awal ngeblog yang mulanya menulis dengan pikiran dan gaya bahasa sendiri, beralih ke copy paste alias copas, bahkan pernah belajar bikin web AGeCeh gara-gara mengejar uang, dan ternyata semua jalan yang tidak benar itu akan berakhir dengan nilai zero. Untuk itu, di ulang tahun web ini yang satu dekade, saya ingin mempersembahkan sesuatu yang beda dan bermanfaat. Uang tidak perlu diburu, tapi dengan memberikan sesuatu yang terbaik dan bermanfaat bagi orang lain, Insya Allah, uang akan mengikuti.

Sebenarnya, banyak dokumentasi yang ingin saya posting di sini, tapi saat ini saya kurang enak badan, mungkin di lain waktu dokumentasinya dilengkapi.

Tentang Penulis: Summase Sanjaya

Founder of Media Monitoring Club - Aktif mendengarkan siaran SW dari tahun 1996 hingga 2006. Pernah menjadi Program monitor Radio Jepang NHK World dari tahun 2001-2010, Technical Monitor KBS World Radio, Technical Monitor Radio Taiwan International, dan Technical Monitor Radio Deutsche Welle. Kini sedang menjadi blogger aktif untuk beberapa blog, termasuk blog Media Monitoring Club Ini.
Sampaikanlah walaupun SATU AYAT! Anda bisa mengirimkan informasi bermanfaat kepada para pembaca kami melalui email atau Whatsapp ke 081355077575

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × 4 =