7 Makanan Khas Bali Yang Selalu Menjadi Incaran Wisatawan

5/5 (1)

Bali merupakan salah satu destinasi wisata internasional yang ada di Indonesia. Pesona keindahan Bali telah terdengar ke seluruh dunia. Bukan hanya di Kuta dan pantainya, makanan khas Bali pun selalu menjadi incaran para wisatawan yang berkunjung.

Beberapa dari kalian, mungkin berpikir bahwa ayam betutu hanya satu–satunya makanan khas di Kuta Bali yang mendunia dan menjadi incaran para wisatawan internasional. Namun faktanya, ada banyak makanan yang unik dan lezat lainnya yang siap membuat liburan kalian makin lengkap.

Oleh karena itu, bila kalian sedang berlibur ke Bali, berikut ini ada 25 makanan khas Bali yang selalu menjadi incaran para wisatawan selain ayam betutu.

Makanan Khas Bali Yang Wajib Anda Coba

Lawar Kuwir

Makanan pertama yang selalu menjadi incaran para wisatawan di Bali ialah lawar kuwir. Campuran dari sayuran dan daging cincang yang diramu dengan bumbu khas Bali ini akan membuat kalian tergoda.

Lawar Kuwir dibuat dengan dua jenis daging, yaitu daging babi dan daging bebek. Namun untuk kalian yang tidak memakan daging babi, kebanyakan tempat warung lawar kuwir di Bali juga menyediakan pilihan penggunaan daging yang lain.

Tum Ayam

Berikutnya ada tum ayam yang juga wajib kalian coba bila berkunjung ke Bali. Bagi beberapa orang, makanan khas Bali yang satu ini dianggap memiliki kemiripan dengan pepes ayam dari Jawa.

Tum ayam memang dibuat dengan cara yang sama dengan pepes, yaitu dibungkus dengan daun pisang dan kemudian dikukus. Namun, bumbu–bumbu rempah di dalam tum ayamlah yang membuatnya berbeda dengan pepes ayam biasa.

Jaja Wajik

Bisa dibilang, jaja wajik merupakan cemilan khas Bali yang paling dicari oleh wisatawan mancanegara maupun wisatawan domestik. Makanan yang terbuat dari ketan ini sangat cocok untuk menjadi teman kalian ketika menikmati pemandangan sunset.

Jaja wajik memiliki rasa yang manis dan tekstur yang legit. Cemilan ini bisa kalian temukan dengan mudah di toko–toko jajanan atau oleh–oleh di Bali.

Sate Lilit

Makanan Khas Bali - Sate lilit

Berikutnya, ada sate lilit yang selalu menjadi incaran para wisatawan. Bila biasanya sate dibuat dengan cara menusukkan daging ayam atau sapi, namun makanan khas Bali ini dibuat dengan cara melilitkan daging ke pengangannya.

Sate lilit menggunakan daging ikan tenggiri yang dicincang halus. Tak heran, dagingnya memiliki tekstur lembut dan rasa yang lebih gurih.

Nasi Jinggo

Untuk kalian yang ingin mencoba makanan tradisional Bali, maka nasi jinggo menjadi kudapan yang wajib kalian coba. Nasi jinggo dibuat dengan mencampurkan ayam suwir, mie goreng, nasi, dan tempe.

Selain itu, makanan ini masih menggunakan cara penyajian tradisional dengan daun pisang. Untuk satu porsinya, nasi jinggo hanya dijual seharga 5000 saja.

Serombotan

Berikutnya, kalian juga wajib mencoba serombotan bila sedang berkunjung ke Bali. Sama seperti tum ayam, serombotan juga memiliki dengan makanan khas Jawa yaitu urap.

Hanya saja, serombotan memiliki sayuran tambahan yaitu pare yang tidak ada pada urap. Selain itu, serombotan juga menggunakan kalas sebagai bumbunya. Kalas ini adalah campuran dari kunyit, lengkuas, bawang putih, kencur dan ketumbar yang dihaluskan.

Nasi Campur Ayam Bali

Jika kalian mencari makanan yang lengkap untuk makan siang setelah bermain di pantai, nasi campur ayam Bali ini akan menjadi makanan yang mengisi stamina kalian kembali. Bisa dibilang, nasi campur ayam Bali ini merupakan campuran dari hampir semua makanan khas Bali.

Nasi campur ayam Bali terdiri dari ayam lawar, sate lilit, ayam suwir, sayur urap, nasi putih, dan sambal yang khas. Pada beberapa tempat makan, nasi campur ayam Bali ini juga memiliki varian lauk yang berbeda.

Bubur Mengguh

Terakhir, ada bubur mengguh yang siap menggoyang lidah kalian ketika berlibur di Bali. Sama seperti bubur pada umumnya, bubur mengguh juga memiliki pelengkap berupa ayam. Selain itu, bubur ini juga disiram dengan kuah kaldu ayam agar rasanya semakin gurih.

Baca juga: Makanan Khas Korea Yang Wajib Anda Cicipi.

Demikianlah beberapa makanan khas Bali yang selalu menjadi incaran para wisatawan mancanegara maupun wisatawan domestik. Tentunya, kuliner Bali menjadi salah satu hal terpenting yang wajib kalian coba bila sedang berlibur ke sana.

Via Sate Lilit by Niek van Son

Ruangan komen telah ditutup.