Club Pendengar Radio, Pemirsa TV, Pembaca Media Cetak dan Netter

7 Kamera Mirrorless Terbaik dari Entry Level Hingga Profesional

19

Memiliki kamera mirrorless terbaik untuk vlogging konten Youtube maupun untuk aktivitas sehari-hari tentunya akan sangat menentukan kualitas rekaman yang dihasilkan.

Sebab kamera yang berbeda memiliki fitur, lensa, kualitas dan ukuran megapixel berbeda, meskipun sama-sama tipe mirrorless.

Memang beberapa tahun belakangan ini, kamera mirrorless tengah digemari para pencinta videografi di Indonesia. Khususnya para Youtuber, influencer, ataupun orang-orang yang suka mendokumentasikan kegiatan sehari-hari.

Nah, bila Anda juga ingin mencoba kamera mirrorless namun belum tahu harus beli yang mana, berikut ini kami punya panduan sekaligus rekomendasi kamera mirrorless terbaik untuk pemula maupun profesional dengan harga yang beragam.

Perbedaan Kamera Mirrorless dan DSLR

Terdapat 2 macam kamera modern yang saat ini sedang naik daun, yaitu mirrorless dan DSLR. Sesuai dengan namanya, kamera mirrorless memiliki cermin yang lebih sedikit dibandingkan DSLR. Sehingga rata-rata modelnya lebih kecil dan ringan.

Itulah mengapa, kamera mirrorless banyak digunakan untuk merekam kegiatan sehari-hari dalam waktu lama. Sebab lebih mudah untuk dibawa kemana saja dan tidak membuat tangan pegal meskipun dipegang seharian.

Sedangkan kamera DSLR memiliki cermin lebih banyak. Sehingga bisa digunakan untuk menangkap gambar dengan komposisi yang lebih akurat sesuai keinginan fotografer.

Jadi sederhananya, kamera DSLR kebanyakan digunakan untuk fotografi, sedangkan mirrorless lebih sering digunakan untuk videografi.

Namun jika dibandingkan kualitas lensa, fitur, dan lainnya, kedua kamera ini sama-sama bisa menghasilkan gambar yang jernih.

Rekomendasi Kamera Mirrorless Terbaik Murah

Jika Anda ingin mencari kamera mirrorless terbaik dan murah untuk digunakan sebagai perekam video sehari-hari, berikut ini kami sarankan memilih kamera second alias bekas terlebih dulu. Sebab dengan harga yang lebih murah, Anda tetap bisa mendapatkan kamera yang relatif berkualitas dan bisa digunakan dengan normal.

Untuk tipenya, berikut ini tipe kamera mirrorless yang bisa Anda pilih.

Fujifilm XA3

Fujifilm XA3 adalah kamera yang paling cocok jika ingin digunakan untuk merekam aktivitas atau acara keluarga yang notabenenya tidak profesional.

Hal tersebut dikarenakan harga kamera yang sangat murah, bahkan untuk produk yang masih segel. Biasanya kamera ini dijual dengan harga 5 juta untuk yang masih baru dan mulai dari 3,5 juta untuk yang bekas.

Desain kamera Fujifilm XA3 terlihat memiliki sentuhan vintage dan klasik. Namun kamera ini tetap memiliki semua fitur umum yang ada pada kamera mirrorless lainnya.

Sony A6000

Selanjutnya ada kamera Sony A6000, salah satu kamera mirrorless paling murah dari Sony.

Harga Sony A6000 ialah sekitar 5,8 juta Rupiah untuk yang masih baru. Dan dengan budget tersebut, Anda sudah bisa memiliki kamera dengan 24 Megapixel, yang mana lebih dari cukup bila hanya ingin digunakan untuk mengabadikan acara keluarga saja.

Dibandingkan Fujifilm XA3, Sony A6000 memiliki model yang lebih modern dan classy dengan warna hitam. Selain itu, ukurannya yang ramping membuat kamera ini sangat nyaman ketika dipegang.

Baca juga:
Cara memaksimalkan kamera handphone yang mungkin belum Anda ketahui

Kamera Mirrorless Terbaik untuk Pemula

Sekarang untuk Anda yang baru pertama kali memegang kamera mirrorless, berikut ini ada tipe kamera terbaik untuk pemula yang kami rekomendasikan.

Canon EOS M50

Untuk kelas entry level alias pemula, Canon EOS M50 sudah bisa membantu Anda membuat video dengan kualitas seperti profesional. Sebab kamera ini memiliki fitur yang lengkap dan mudah untuk dipahami oleh pemula sekalipun.

Canon EOS M50 dilengkapi dengan lensa kamera 24 megapixel dan electronic Viewfinder. Kamera ini bisa merekam dalam 30 frame per second, layaknya kamera mirrorless pada umumnya. Selain itu, desain dari kamera ini sedikit lebih tebal, sehingga tidak gampang jatuh ketika dipegang.

Harga Canon EOS M50 mulai dari 5 juta Rupiah untuk yang masih baru. Angka tersebut sebenarnya sepadan dengan kemudahan yang Anda dapatkan.

Panasonic Lumix DMC-GX9

Kamera mirrorless terbaik untuk pemula yang berikutnya ini sedikit lebih canggih dan harganya lebih mahal. Namanya ialah Panasonic Lumix DMC-GX9.

Kamera ini bisa menghasilkan video dengan kualitas 4K 60 FPS, yang mana merupakan kualitas tertinggi dalam kamera mirrorless maupun DSLR terbaru. Selain itu, Anda juga bisa mengatur kualitasnya menjadi 30 FPS, 24 FPS atau kembali ke 60 FPS, sesuai kebutuhan.

Panasonic Lumix DMC-GX9 juga memiliki mounting lensa Micro Four Thirds dengan maximum shutter speed 1/4000 s.

Harga Panasonic Lumix DMC-GX9 yang baru ialah sekitar 10 juta Rupiah.

Kamera Mirrorless Terbaik untuk Video Vlog dan Youtube

Untuk Anda para youtuber dan influencer yang sedang cari kamera baru untuk nge-vlog atau membuat konten youtube lainnya, terdapat kamera mirrorless khusus yang perlu dipersiapkan. Khusus untuk kebutuhan ini, Anda bukan hanya perlu kamera dengan lensa yang bagus, namun juga built-in microphone yang mumpuni.

Nah, berikut ini beberapa rekomendasi yang sudah kami siapkan.

Sony Alpha A9

Yang pertama ada Sony Alpha A9, salah satu kamera mirrorless yang digadang-gadang sebagai yang terbaik di seluruh dunia saat ini.

Hal tersebut dikarenakan semua yang Anda butuhkan untuk videografi ada di Sony Alpha A9. Mulai dari kualitas rekaman hingga 4K 60 FPS, fitur anti-alias yang mempertajam gambar, fitur BIONZ X processor, dan masih banyak lagi.

Namun, Anda perlu budget yang cukup besar untuk kamera yang satu ini. Karena harga Sony Alpha A9 masih sekitar 49 juta hingga 60 juta untuk yang baru.

Samsung NX3000

Selanjutnya ada kamera yang ukurannya lebih kecil, yaitu Samsung NX3000. Bentuknya sangat kecil, hampir seukuran dengan kamera pocket jaman dulu.

Samsung NX3000 ini dilengkapi dengan 20 megapixel dan sensor CMOS. Sehingga lebih memudahkan untuk mengambil video dengan cepat ketika baru mengambil dari saku.

Selain itu, Samsung NX3000 ini juga sudah dilengkapi dengan built-in wifi. Sehingga bisa mengirim data langsung ke smartphone maupun laptop untuk di-edit dengan lebih cepat.

Harga Samsung NX3000 bisa dibilang terjangkau. Hanya 8,9 juta untuk yang masih baru.

Nikon 1 J5, Kamera Mirrorless Terbaik Di Bawah 5 Juta

Terakhir untuk Anda yang mencari kamera mirrorless di bawah 5 juta terbaik, kami sarankan membeli Nikon 1 J5. Karena kamera ini serba lengkap dengan harga yang sangat terjangkau.

Nikon 1 J5 sudah bisa merekam video dalam 60 FPS dengan kualitas lensa 20 MP. Dan layaknya kamera Nikon yang lain, Nikon 1 J5 ini memiliki desain yang sangat klasik dan terlihat seperti kamera tahun 90’an.

Harga Nikon 1 J5 ialah sekitar 3 juta Rupiah. Harga yang sangat terjangkau untuk kamera kualitas profesional dengan berbagai macam fitur, fleksibilitas dan desain yang keren.

Akhir Kata

Menentukan kamera mirrorless terbaik memang tidak bisa dilakukan hanya dalam waktu 1 atau 2 hari. Anda perlu melakukan riset mengenai fitur kamera dan untuk apa ingin menggunakan kamera tersebut. Jadi setelah membaca rekomendasi yang sudah kami berikan, sekarang waktunya Anda memilih kamera mirrorless mana yang kira-kira paling cocok untuk kebutuhan Anda.

Comments are closed.