Cara mengupgrade PS4, PS4 Slim dan PS4 Pro hard drive

Jika Anda ingin mengupgrade hard drive PS4 Anda, kabar baiknya ialah prosesnya agak mudah, dan kami akan memberikan Anda langkah demi langkah Cara mengupgrade PS4, PS4 Slim dan PS4 Pro hard drive ini. Tidak masalah jika Anda memiliki PS4, PS4 Slim atau PS4 Pro, semua caranya sangat mirip, dan tidak memakan waktu terlalu lama untuk melakukannya. Ini berarti Anda dapat meningkatkan kapasitas harddisk Anda sampai 2TB dengan relatif mudah.

Cara mengupgrade PS4, PS4 Slim dan PS4 Pro hard drive

Apa yang Anda butuhkan:

  • 1 x PS4.
  • 1 x obeng Phillips.
  • 1 x 2.5-inch SATA HDD.
  • 1x USB stick (diutamakan 8GB) atau 1x FAT32 USB HDD.
  • 1 x laptop atau PC dengan sambungan internet.
  • 1 x PS4 controller.
  • 1 x microUSB kabel.
  • Membeli HDD.

Langkah-langkah mengupgrade PS4, PS4 Slim dan PS4 Pro hard drive

Cara mengupgrade PS4, PS4 Slim dan PS4 Pro hard drive
Cara mengupgrade PS4, PS4 Slim dan PS4 Pro hard drive

Langkah pertama: menemukan pengganti yang tepat.

Hal pertama yang harus dilakukan ialah membeli hard drive pengganti untuk PS4 Anda. PS4 menggunakan 2.5-inch SATA hard drive, jenis yang umumnya digunakan dalam laptop atau drive eksternal Super-tipis daripada komputer desktop.

Langkah kedua: Back-up PS4 Anda.

Punya hard drive? Langkah berikutnya ialah membuat cadangan atau backup pada PS4 Anda. Kabar buruknya ialah Anda tidak akan membuat backup instal game, karena membutuhkan kuota internet yang banyak.

Pelanggan PS Plus tidak perlu khawatir, karena secara otomatis akan dibackup ke cloud. Namun, jika Anda ingin ekstra-aman, Anda bisa mengembalikannya ke stik USB atau hard drive eksternal.. Hanya masukkan drive, kemudian dalam menu PS4 ke pengaturan > manajemen aplikasi data tersimpan > data yang disimpan dalam sistem penyimpanan. Di sini Anda akan melihat opsi untuk menyalin penyimpanan Anda ke drive USB. Anda perlu memilih file permainan satu demi satu.

Langkah tiga: membuka hard drive.

Pastikan bahwa ada tidak ada disk di drive dan mematikan PS4 sepenuhnya. Jika head PS4 standby sebagai standar, tahan tombol PS sampai menu power muncul kemudian pilih matikan PS4. Selanjutnya, lepaskan semua kabel PS4 (kabel HDMI dan kabel daya yang paling mungkin terjadi). Atur PS4 pada permukaan yang stabil, letakkan pada permukaan yang datar dan gerakkan sedikit ke samping. Ini sebenarnya penutup plastik HDD sederhana yang tidak dipegang dengan sekrup tapi klip dasar. Setelah lepas dari tambatannya, anda bisa mengangkat penutup dari bagian yang menunjukkan kerangka logam PS4.

Untuk membuka hard drive dengan PS4 slim, lepaskan penutup plastik dengan tangan. Klip ini dapat ditemukan di sudut kiri PS4 slim di bagian belakang konsol.

Dengan melepas klip plastik, Anda akan melihat caddy hard drive dari PS4 Slim yang diamankan dengan sekrup tunggal.

Untuk membuka harddisk PS4 Pro, cukup letakkan sistem secara terbalik di permukaan yang datar dan temukan panel plastik kecil di bagian belakangnya. Gunakan tab kecil di samping port Ethernet untuk mematikan panel.

Dengan melepaskan penutup ini, Anda akan melihat caddy harddisk dan sekrup tunggal menahannya pada tempatnya.

Langkah keempat: melepaskan caddy.

Pada PS4 biasa Anda akan melihat hard drive yang belum berada dalam tampilan penuh. Ada satu sekrup, kita perlu membuka tutup untuk melepaskan frame yang menahan hard drive dengan menggunakan obeng Phillips. Ini merupakan permukaan logam yang terbesar yang Anda lihat, dan dilapisi dengan ikon tombol PlayStation klasik.

Setelah sekrup dilepas, Anda bisa menarik caddie drive secara horisontal dari bodi PS4.

Untuk mengganti harddisk di PS4 Slim dan PS4 Pro, Anda hanya perlu melepaskan tutup sekrup yang menahan caddy.

Anda kemudian akan dapat mengeluarkan caddy harddisk.

Langkah ke lima: melepaskan hard drive.

Ada empat sekrup yang menahan hard drive ke rangka logam yang dilapisinya. Ini terletak di sisinya, dan dapat dilepaskan menggunakan obeng Phillips sama yang Anda gunakan untuk membuka bingkai HDD.

Hanya sekrup yang harus kita lepas. Anda juga akan melihat beberapa karet yang menahan sekrup untuk menyerap guncangan HDD: biarkan itu di sana.

Ini cukup banyak proses yang sama untuk mengganti harddisk PS4 Slim dan PS4 Pro.

Langkah keenam: Tukar hard drive dan menggantinya.

Setelah Anda telah melepaskan hard drive, dan menggantinya dengan yang baru, maka lakukan prosese sebaliknya. Memasang empat sekrup di samping, memasang caddy kembali di PS4, kencangkan dengan sekrup besar dan meletakkan penutup HDD plastik kembali PS4. Jika Anda memiliki lPS4 slim atau PS4 Pro, prosesnya akan sama. kencangkan, lalu pasangkan kembali ke konsol Slim atau Pro, dan pasang kembali penutup plastiknya.

Langkah ke Tujuh: download PS4 software.

Sekarang Anda memiliki PS4 dengan memori yang kosong. Konsol OS disimpan pada hard drive yang baru saja Anda hapus, dan yang satu di dalam konsol yang kosong. Anda perlu men-download perangkat lunak dalam bentuk standalone menggunakan komputer lain. Anda akan menemukannya di situs thePlayStation, dan dibutuhkan sekitar satu gigabyte.

Video Cara mengupgrade PS4, PS4 Slim dan PS4 Pro hard drive

Gravatar Image

Summase Sanjaya

Founder of Media Monitoring Club - Aktif mendengarkan siaran SW dari tahun 1996 hingga 2006. Pernah menjadi Program monitor Radio Jepang NHK World dari tahun 2001-2010, Technical Monitor KBS World Radio, Technical Monitor Radio Taiwan International, dan Technical Monitor Radio Deutsche Welle. Kini sedang menjadi blogger aktif untuk beberapa blog, termasuk blog Media Monitoring Club Ini.
Gravatar Image

Artikel Terkait dan Link Sponsor

Cara mengupgrade PS4, PS4 Slim dan PS4 Pro hard drive Post in | Last updated: November 24th, 2017 - 8 views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × four =