Biografi Asmirandah Sani Suliwati: Karir, Keluarga, dan Kontroversi

Asmirandah Zantman, atau dikenal juga sebagai Asmirandah Sani Suliwati, merupakan salah satu aktris sinetron, film, dan FTV yang sangat terkenal di Indonesia. Ia sudah pernah membintangi banyak judul sinetron yang pada masanya menjadi salah satu yang paling banyak ditonton dengan rating tertinggi.

Memulai karir di usia yang terbilang muda, Asmirandah sudah pernah merasakan puncak karirnya yang masih terus berlanjut hingga saat ini. Meskipun mulai jarang terlihat di TV, namun kepopulerannya terus awet baik di kalangan ibu-ibu maupun anak muda.

Untuk lebih lengkapnya mengenai kisah hidup dan perjalanan karir Asmirandah Sani Suliwati, mari simak artikel berikut ini.

Biografi Asmirandah Sani Suliwati

Asmirandah Sani Suliwati lahir di Jakarta pada 5 Oktober 1989. Kini usianya 32 tahun (Tahun 2021 ini) dan sudah dikarniai seorang buah hati bernama Chloe Emmanuella van Wattimena bersama pasangannya yaitu Jonas Rivanno.

Selain menjadi seorang aktor, Asmirandah juga pernah muncul di TV sebagai seorang presenter. Bukan hanya itu, ia juga merupakan seorang penyanyi yang sudah mengeluarkan beberapa single.

Di bidang pendidikan, Asmirandah memiliki gelar D-3 di jurusan penyutradaraan. Pendidikan formal terakhirnya ia selesaikan di The Next Academy Jakarta.

Asmirandah juga menjadi model iklan dari bermacam produk. Dalam akun Instagramnya, ia sering membagikan unggahan tentang produk-produk endorsement dari berbagai macam brand.

Siapa Ibu & Ayah Asmirandah?

Asmirandah memiliki darah Belanda dari ayahnya. Ayah Asmirandah yaitu Anton Farmidji Zantmant berasal dari Belanda. Sedangkan ibunya yaitu Sani Suliwati merupakan orang Betawi. Sehingga Asmirandah merupakan campuran Betawi dan Belanda.

Ia bercerita bahwa setiap musim lebaran, Asmirandah selalu tinggal di Jakarta. Sebab keluarga Betawi dari sang ibu merayakan lebaran di sana.

Siapa Anak Asmirandah?

Dari pernikahannya bersama Jonas Rivanno, Asmirandah dikaruniai seorang anak bernama Chloe Emanuelle Van Wattimena.

Ia sering membagikan momen kebersamaan, kedekatan dengan sang anak, hingga pertumbuhannya dari tahun ke tahun di media sosial. Chloe Emmanuelle van Wattimena juga memiliki akun Instagram sendiri dengan pengikut 141 ribu orang.

Perjalanan Karir Asmirandah Sani Suliswati

Perjalanan karir Asmirandah di dunia pertelevisian dimulai ketika ia masih berusia 15 tahun. Pada masa itu, ia mendapat peran sebagai Sandra di sinetron Cinta SMU Season 2 di tahun 2004.

Karena kemampuan beraktingnya serta parasnya yang cantik, Asmirandah berhasil menarik perhatian banyak penonton dari berbagai kalangan usia. Kepopulerannya semakin meledak setelah sukses dalam perannya sebagai Rina di sinetron Kawin Gantung pada tahun 2005.

Dengan ikut diperankan oleh beberapa artis sinetron terkenal seperti Didi Riyadi dan Natalie Sarah, Kawin Gayung tayang selama hampir 2 tahun.

Sejak saat itu, wajahnya semakin sering terlihat di sinetron, FTV, bahkan hingga film.

Kemampuan beraktingnya yang natural juga dibuktikan dengan penghargaan Aktris Terfavorit pada ajang Panasonic Gobel Awards tahun 2012. Pada saat itu ia yang masih berusia 23 tahun sudah berhasil mendapatkan perhargaan di salah satu ajang piala paling bergengsi di dunia pertelevisian Indonesia.

Penghargaan tersebut ia dapatkan berkat aktingnya pada sinetron Binar Bening Berlian yang berperan sebagai tokoh utama yaitu Berlian.

Binar Bening Berlian (2011-2012) sempat menjadi salah satu sinetron dengan rating tertinggi di Indonesia pada masa itu yang tayang di RCTI. Sinetron ini juga ikut menaikan nama pemeran sinetron lain seperti Celine Evangelista, Irish Bella, dan Jonas Rivanno.

Penghargaan lain yang pernah didapatkan oleh Asmirandah Sani Suliwati berasal dari Indonesia Kids Choice Awards pada tahun 2013.

Selain menjadi seorang aktris sinetron, Asmirandah juga pernah menunjukan kemampuan directing atau penyutradaraan yang ia pelajari di bangku kuliah. Pada tahun 2009, ia menjadi sutradara video klip single sebuah band baru bernama “Robin Hood”.

Selain itu, ia juga ikut berduet dan memulai karir di dunia musik melalui single tersebut.

Judul Sinetron yang Diperankan Asmirandah

  • Cinta SMU Season 2 (2004) sebagai Sandra
  • Inikah Rasanya Season 2 (2005) sebagai Sofi
  • Kau Masih Kekasihku (2006) sebagai Aulia
  • Wulan (2006 sampai 2007) sebagai Baby
  • Baby Doll (2007) sebagai Mantan Neo
  • Aisyah (2007) sebagai Tania
  • Hingga Akhir Waktu (2008) sebagai Anggrek
  • Sekar (2008 sampai 2009) sebagai Karina
  • Nikita (2009) sebagai dr. April
  • Cinta dan Anugrah (2009) sebagai cameo
  • Kemilau Cinta Kamila (2010) sebagai Kamila Regina Putri
  • Kemilau Cinta Kamila 2: Berkah Ramadhan (2010) sebagai Kamila Regina Putri
  • Kemilau Cinta Kamila: Cinta Tiada Akhir (2011) sebagai Kamila Regina Putri
  • Dari Sujud ke Sujud (2011) sebagai Dr. Vivi
  • Binar Bening Berlian (2011 sampai 2012) Berlian
  • ISkul Musikal (2012) sebagai cameo
  • Separuh Aku (2012) sebagai Adara
  • Cinta Suci (2018 sampai 2019) sebagai Monica Zevanya

Judul FTV yang diperankan Asmirandah

  • Cinta Semalam (2013)
  • Asmara di Bawah Hujan (2013)
  • Roti Buaya (2013)

Video Klip yang Diperankan Asmirandah

  • Ikhlas oleh Radja (2006)
  • Benci Bilang Cinta oleh Radha (2006)
  • Malaikat Cinta oleh Kapten (2008)
  • Salahkah Kita oleh Robin Hood ft Asmirandah (2009)
  • Dalam Mihrab Cinta oleh Afgan (2011)
  • Bung Bunga Cinta oleh Dude Harlino ft Asmirandah (2011)

Kontroversi

Meskipun bukan seseorang yang kontroversional dan selalu melontarkan komentar di setiap kejadian, Asmirandah tetap pernah menjadi perbincangan seluruh masyarakat Indonesia. Kontroversi tersebut juga merupakan kejadian yang tidak direncakan dan tidak bisa dihindari olehnya.

Asmirandah mengalami cinta lokasi dengan Jonas Rivanno ketika pada masa syuting Binar Bening Berlian (2011). Pada masa itu, rumor kedekatan keduanya merupakan berita yang paling hangat di dalam negeri.

Meskipun beritanya muncul sejak tahun 2010, namun keduanya tidak ada yang pernah memberi tanggapan mengenai kejelasan hubungan mereka. Hingga pada November 2012, Asmirandah akhirnya buka suara dengan mengonfiimasi melalui akun Twitter resminya.

Tetapi pada 7 November 2013, muncul berita bahwa ia mengajukan pembatalan pernikahan ke Pengadilan Agama Depok. Konon hal ini dikarenakan masalah perbedaan keyakinan dan agama antara ia dengan Jonas Rivanno.

Karena pemberitaan yang tidak berhenti mengenai agamanya, Asmirandah akhirnya mendatangi KPI untuk mengajukan laporan masalah pemberitaan infotainment tentang dirinya. Sehingga KPI memberikan surat edatan kepala lembaga penyiaran untuk menghentikan berita yang bermuatan SARA.

Pembatalan pernikahan Asmirandah dengan Jonas Rivanno dikabulkan pada Desember 2013. Keduanya kembali berstatus lajang di KTP.

Tapi Asmirandah dan Jonas Rivanno kembali terlihat akrab layaknya seorang pasangan seperti biasa. Momen-momen kebersamaan kedua pasangan ini terus tersebar di media sosial maupun di berita televisi hingga akhirnya keduanya diberkati oleh seorang anak.

Akhir Kata

Seperti itulah biografi singkat mengenai Asmirandah Sani Suliwati. Hingga saat ini, Asmirandah masih aktif di dunia pertelevisian sebagai presenter dan tamu acara variety show. Selain itu ia juga aktif membagikan info tentang parenting dan kebersamaannya dengan sang anak di media sosial.