Ortotik Prostetik: Ilmu yang Masih Sangat Awam di Indonesia

Ilmu Ortotik Prostetik
Ilmu Ortotik Prostetik (Ilustrasi/pixabay)

Bagi masyarakat awam, ilmu Ortotik Prostetik pasti masih sangat jelas terdengar asing, adapun yang tahu terkadang juga salah pengertian dan yang tahu betul masih sangat jarang. Sebenarnya manfaat dari ilmu tersebut sudah digunakan sejak lama, bahkan sangatlah membantu sepeti ilmu medis lainnya.

Sedikit info untuk pengertian Ortotik Prostetik adalah ilmu keteknisian medis yang mempelajari tentang pelayanan, pengukuran, pembuatan, pemeriksaan dan pengepasan alat bantu dan alat penguat serta alat ganti anggota gerak tubuh manusia yang tidak berfungsi, hilang atau disabilitas. Dalam ilmu ini masih dibagi lagi, bahwa ortotik itu meliputi ilmu tentang alat penguat anggota gerak tubuh atas maupun bawah yang lemah sehingga dapat dikoreksi sedangkan prostetik adalah ilmu tentang alat pengganti anggota gerak atas maupun bawah pada manusia. Sehingga dengan sebutan mudahnya, seorang Opist itu membuat kaki atau tangan tiruan dan juga alat penguat, contohnya bagi pasien yang teramputasi baik anggota gerak atas maupun bawah dan juga bagi pasien lumpuh sehingga untuk membantu sebisa mungkin melakukan kegiatan sehari-hari dengan nyaman.

Walaupun ilmu ini di Indonesia belum termasuk dalam kategori menggunakan teknologi canggih, akan tetapi sudah bisa melayani masyaralat sehingga bisa beraktifitas dengan baik. Walaupun demikian tentunya terus berusaha memajukan ilmu ini sehingga bisa membuat tangan atau kaki tiruan yang sangat mirip dengan yang dimiliki manusia normal, berdasarkan bentuk maupun fungsi. Di negara maju, dikembangkan dengan memasang semacam chip yang dihubungkan ke syaraf-syaraf yang masih hidup sehingga tersalurkan ke otak dan bisa berguna seperti tangan atau kaki normal.



Di Indonesia ilmu Ortotik Prostetik menjadi salah satu jurusan yang dapat diambil sebagai jurusan perkuliahan di Politeknik Kesehatan Kementrian Kesehatan Surakarta dan Jakarta. Jadi , dengan begitu, yang dulunya masih sangat sedikit tenaga medis Ortotik Prostetik dengan semakin berkembangnya zaman kurangnya tenaga kerja medis Ortotik Prostetik sudah mulai terisi dan semakin diminati, karena selain ilmu ini unik yaitu mempelajari ilmu medis dan teknik, sekarang banyak rumah sakit yang membuka lowongan pekerjaan untuk seorang Ortotis Prostetis.

BACA JUGA  Pentingkah Gelar Akademik itu?

Informasi ini masuk dalam bahasan:

- jurusan ortotik prostetik - peluang kerja ortotik prostetik - ortotik prostetik - jurusan ortetik prostetik - jurusan ortotik prostetik adalah - prospek kerja ortotik prostetik - peluang kerja jurusan ortotik prostetik - Cara membuka peluang kerja Ortotik prostetik - lowongan ortotik prostetik - pengertian prostetik

Artikel Terkait dan Link Sponsor

Ortotik Prostetik: Ilmu yang Masih Sangat Awam di Indonesia Post in | Last updated: December 12th, 2016 - 39 views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

seventeen − seven =