Air Terjun dan Pemandian Alam di Pulau Lombok

Air Terjun dan Pemandian Alam di Pulau Lombok –  Selain memiliki keindahan pantai, Lombok juga memiliki begitu banyak air terjun dan pemandian alam dari mata air yang segar dan alami. Hal ini sebagai bagian dari karunia Tuhan Yang Maha Pencipta. Air terjun dan pemandian alam itu tersebar di Pulau Lombok. Kerap kali di kunjngi oleh para wisatawan lokal maupun mancanegara. Lokasi tempat air terjun dan pemandian Alam itu begitu banyak namun hanya beberapa yang mudah dijangkau untuk saat ini. Hal utama yang menjadi sumber aliran air terjun adalah Gunung rinjani yang tinggi menjulang di Pulau ini. Setiap air terjun dan pemandian yang terdapat di pulau ini dipercaya mempunyai banyak khasiat oleh masyarakat setempat, ada yang menyebutnya sebagai obat rematik dan juga awet muda.

Berikut Air terjun dan pemandian alam yang dapat dikunjungi oleh para wisatawan di pulau Lombok.

Air Terjun dan Pemandian Alam di Pulau Lombok

Air Terjun Sendang Gile

Air Terjun Sendang Gile
Air Terjun Sendang Gile (Foto: Wisatamelayu.com)

Air terjun yang sangat terkenal di pulau Lombok ini berada di desa Senaru Kecamatan Bayan, kabupaten Lombok Utara. Jaraknya cukup jauh dari pusat kota Mataram, kira-kira dapat ditempuh 2 jam dengan kecepatan normal. Air terjun ini masih berada di kawasan taman nasional Gunung Rinjani.  Oleh karena itu wisatawan harus berjalan kaki sekitar 20 menit dari lokasi pintu masuk di Senaru. Di lokasi air terjun para wisatawan dapat berkemah. Belum ada penginapan dan para penjual makanan di lokasi air terjun. Para wisatawan dapat membeli makanan atau minuman di pintu masuk lokasi ke air terjun. Keindahan dan kesejukan air terjun ini dapat mengobati para wisatawan setelah berjalan kaki menuju lokasi. Air terjun ini adalah air terjun bertingkat dua. Para wisatawan dapat mandi di bawahnya. Menurut masyarakat setempat, mandi di tempat ini berkhasiat sebagai obat awet muda.

BACA JUGA  KEINDAHAN AIR TERJUN COBAN RONDO

Air Terjun Benang Kelambu

Air terjun ini adalah air terjun yang unik. Berada di kabupaten Lombok tengah tepatnya di kecamatan bat kliang, desa aik berik, dusun Pemotoh. Berjarak kira-kira 30 km dari pusat kota Mataram. Dan setengah jam dari bandara internasional Lombok. Air terjun ini dinamakan Benang Kelambu tidak lepas dari bentuk air terjunnya yang mirip dengan Kelambu. Air terjun di tempat ini mengalir dari celah-celah pohon gambung dengan enam celah air yang keluar berjajar rapi membentuk formasi seperi tirai.

Air tejun ini sangat indah dan mudah dijangkau. Para wisatawan tidak akan kecewa berkunjung ke sini, selain air terjun benang kelambu terdapat juga air terjun benang stukel yang tidak kalah indahnya di sekitar lokasi Pemandian Alam Lemor. Pemandian alam Lemor adalah pemandian yang terdapat di Desa Lemor, kecamatan Swela, Lombok timur. Pemandian alam lemor ini adalah kolam yang dialiri air yang langsung mengalir dari mata air di gunung Rinjani. Bagi para wisatawan yang ingin mendaki ke gunung Rinjani bisa singgah di sini. Air di tempat ini begitu sangat dingin dan di sekitarnya dikelilingi oleh rimbun pepohonan yang besar. Para wisatawan harus berjalan menuruni ratusan anak tangga dari pintu masuk pemandian ini. Setelah sampai, para wisatawan dapat melepas lelah atau penat dengan merasakan kesegaran air yang begitu dingin di tempat ini. Masyarakat setempat pada hari-hari tertentu akan memilih tempat ini untuk bersantai. Banyak yang membawa keluarga dan sanak kerabat untuk menikmati suasana air dan hutan yang rimbun.

Pemandian Alam Suranadi

Pemandian Alam Suranadi berada di kompleks pura suranadi. Terletak di wilayah Lombok barat tepatnya di kecamatan Narmada, hanya setengah jam dari pusat kota mataram. Pemandian dengan lima mata air di tempat ini begitu di sakralkan oleh masyarakat Hindu karena pada dulunya yang mata air ini dibuat oleh Dang Hyang Nirarta, tokoh yang sangat karismatik bagi masyarakat hindu. Mandi di tempat ini akan sangat menyenangkan karena dapat merasakan kesegaran air langsung dari mata airnya. Warna airnya begitu jernih menembus pandang ke tanah yang terlihat sangat jelas. Terdapat lima kolam di tempat ini, namun ada satu yang dijadikan pemandian umum. Selebihnya digunakan untuk ritual dan kepentingan ibadah umat hindu. Setelah puas menikmati kesegaran air suranadi, pengunjung dapat memakan sate bulayak yang begitu banyak di jual di areal pemandian Alam Suranadi.

BACA JUGA  KEINDAHAN AIR TERJUN COBAN RONDO

Pemandiam Alam Taman Narmada

Pemandian alam di taman narmada adalah pemandian yang sangat menarik terletak di dalam lingkungan taman narmada kabupaten Lombok barat. Terletak begitu dekat dengan kota Mataram, cukup lima belas menit dari kota mataram untuk ke tempat ini. Setelah itu pengunjung bisa parkir dan masuk ke areal taman yang indah. Taman Narmada sendiri adalah replika mini dari pada gunung Rinjani yang dibangun pada masa Anak Agung Cakranegara sebagai tempat persinggahannya. Kolam yang berada di tengahnya pun terinspirasi dari segara anak atau kawah danau Gunung Rinjani. Para wisatawan dapat mandi sekaligus melihat bangunan sekitar yang bersejarah yang ada di areal taman. Selain mandi di kolam yang berada di tengah-tengah taman, para wisatawan juga dapat duduk di taman yang ditumbuhi dengan begitu banyak jenis bunga sembari menyantap sate bulayak.

Pemandian Aik Bukak

Pemandian Aik Bukak terletak di Desa Aik Bukak kecamatan Batu Kliang, kecamatan Batu Kliang, Kabupaten Lombok Tengah. Sekitar 45 menit dari pusat kota Mataram dan juga Bandara Internasional Lombok. Tempat ini begitu mudah untuk dijangkau oleh kendaraan apapun dan bisa langsung masuk ke lokasi.

Pemandian Alam ini adalah pemandian alam tertua yang pernah di buka di pulau Lombok. Menurut informasi pemandian ini dibangun oleh orang Belanda pada masa kolonial. Selain bersejarah, pemandian ini begitu indah dan asri dikelilingi oleh pepohonan hijau. Air di kolam mini berasal dari mata air di puncak gunung Rinjani. Hal yang paling istimewa dari pemandian ini adalah mempunyai fasilitas paling lengkap dari pemandian lain yang ada di pulau Lombok. Pemandian ini mempunyai toilet, ruang ganti baju, restaurant, tempat pertemuan dan juga penginapan. Para wisatawan tak perlu khawatir jika lapar, banyak pedagang sate bulayak. Selain itu para wisatawan juga dapat membeli souvenir atau oleh-oleh khas Lombok untuk dibawa pulang dari tempat ini.

BACA JUGA  KEINDAHAN AIR TERJUN COBAN RONDO

Demikianlah Air Terjun dan Pemandian Alam di Pulau Lombok, semoga bermanfaat.

Informasi ini masuk dalam bahasan:

- Pemandian lombok - wisata pemandian di Lombok - pemandian di lombok - Pemandian lombok timur - sayung permandian lombok - permandian di lombok - wisata pemandian lotim - Foto mandi di taman suranadi - air terjun yang mudah dijangkau di lombok - air terjun di lombok timur

Artikel Terkait dan Link Sponsor

Air Terjun dan Pemandian Alam di Pulau Lombok Post in | Last updated: June 30th, 2015 - 55 views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

15 − 11 =