15 Jenis Pekerjaan Sampingan Yang Cocok Bagi Pelajar



Pekerjaan sampingan atau part-time sudah menjadi hal yang biasa bagi pelajar–pelajar di negara besar seperti Jepang atau Amerika Serikat. Namun, di Indonesia masih banyak siswa apalagi siswi yang gengsi untuk mencoba memiliki sebuah pekerjaan sampingan. Alasannya macam–macam, ada yang bener–bener sibuk kuliah, ada yang malas enaknya minta uang saku aja ke mama papa. Padahal dengan bekerja kalian bisa memiliki uang saku lebih dan itung–itung nambah pengalaman.

Kerja part-time yang sesuai untuk para pelajar harusnya yang tergolong ringan dan bisa dikerjakan usai jam pelajaran kuliah. Lalu, apa saja rekomendasi pekerjaan sampingan yang cocok bagi para pelajar? Berikut kami berikan 12 jenis pekerjaan sampingan yang mungkin cocok bagi para pelajar.

Peluang bisnis untuk pelajar
Peluang bisnis untuk pelajar (Ilustrasi/pixabay)

Peluang bisnis untuk pelajar

  1. Usaha Voucher Isi Ulang

Pastinya usaha isi ulang pulsa ini akan laris dimanapun kalian berada. Risiko yang biasanya dihadapi oleh para penjual pulsa antara lain, hutang pembeli yang membeli pulsa lewat sms seringkali telat bayar bahkan sampai lupa tidak dibayar. Dalam hal ini, Anda harus menegasi mereka agar Anda tidak rugi. Kemudian, Anda juga harus memperhatikan batas akhir masa berlaku pulsa.

Update: Anda cukup daftar di agen pulsa terdekat, atau bisa juga melalui media maya. Jika lewat media maya, yang perlu Anda siapkan hanyalah smartphone, nomor rekening, dan uang pendaftaran. Besarnya biaya pendaftaran ini berbeda-beda di setiap agen. Jika Anda search di Google, Anda dapat menemukan agen yang memberikan biaya pendaftaran sebesar 300ribu, 100ribu, atau 50ribu. Biaya pendaftaran paling murah yang pernah saya temui sebesar Rp. 30.000,- .

  1. Jual Kerajinan

Jualan kerajinan seperti pernak–pernik lucu, souvenir pernikahan, hantaran pengantin juga bisa pelajar lakukan. Usaha ini pun tidak terbatas untuk para pelajar lelaki. Barang–barang yang biasanya dibeli oleh kaum wanita yaitu, tas rajut, tas kain perca, bando, gelang, dan anting-anting.

Kemudian kerajinan dari kayu seperti miniatur, kotak perhiasan, rak cantik, kotak pensil maupun celengan. Selain itu, Anda juga bisa membuat kerajinan dari kertas yang telah dilumatkan jadi seperti bubur kertas. Dari situ Anda bisa membuat gantungan kunci yang dicetak jadi bentuk–bentuk hewan maupun buah.

Kita juga bisa membuat boneka–boneka kecil dari benang wool, bunga kertas dari kertas krep, hiasan dinding dari kertas origami, dan bunga dari akar wangi. Kita pun bisa memanfaatkan barang–barang seperti kresek dan koran untuk dijadikan kostum. Kostum ini kita hias semenarik mungkin agar memiliki nilai jual tinggi.

Pemasarannya pun tergolong mudah. Anda cukup menyebarkan info mengenai produk Anda di internet atau di website jual–beli seperti Tokopedia.

  1. Penulis

Siapa bilang jadi penulis itu harus yang dari jurusan sastra? Semua orang bisa jadi penulis. Misalnya menulis sebuah cerita dari pengalaman sendiri, menulis artikel dengan topik yang Anda sukai, atau membuat website Anda sendiri.

Cerita yang Anda hasilkan dapat dikirim ke suatu redaksi majalah. Sedangkan untuk artikel, Anda bisa menjualnya di website yang membutuhkan. Biasanya, ada beberapa website yang menawarkan kerjasama terkait jual–beli artikel. Anda cukup searching di mbah Google dengan keyword ‘lowongan penulis artikel lepas’ atau ‘content writer’ di situ Anda akan menemukan bermacam–macam website yang membutuhkan kerja sama Anda.

Kemudian untuk website pribadi, Anda dapat menuliskan hal–hal yang sedang dibutuhkan dan banyak dicari oleh masyarakat. Dari website ini, Anda bisa saja mendapat tawaran iklan dan dari iklan inilah Anda mendapatkan uang.

Update: Bagi Anda yang suka menulis, sering-seringlah memantau lomba-lomba menulis yang diselenggarakan oleh penerbit, pemerintah, ataupun universitas. Banyak manfaat yang Anda dapatkan dengan mengikuti lomba menulis. Anda mendapat pengalaman baru, reward yang diberikan menarik, tidak jarang juga karya Anda yang telah dipublikasikan dilirik oleh penerbit lain yang tertarik bekerja sama dengan Anda.

  1. Webdesign

Ini khusus untuk kalian yang tahu seluk beluk dunia desain website. Webdesign bukanlah sesuatu yang mudah dipelajari. Namun, keahlian ini sangat dibutuhkan di zaman yang serba maju ini karena kebanyakan orang berbisnis lewat internet dan untuk menarik perhatian pengunjung dibutuhkan desain web yang bagus dan menarik.

  1. Jasa Ketik

Jasa pengetikan ini termasuk jenis pekerjaan yang dibutuhkan para pekerja kantoran. Namun, dibutuhkan pengorbanan waktu dalam pengerjaannya karena untuk menghasilkan pendapatan yang memuaskan kita perlu menghasilkan sekitar 100 lembar per 3 hari. Untuk menjalani usaha ini dibutuhkan skill mengetik yang cepat dan tepat, printer, kertas HVS,  dan tentunya laptop atau komputer.

  1. Tutor Les Anak

Pekerjaan yang satu ini cocok untuk Anda yang senang dengan anak–anak. Risiko pekerjaan ini ialah jika mendapat anak didik yang bandel dan susah diatur. Di desa maupun di kota banyak orangtua yang menitipkan anaknya yang rata–rata berusia SD. Tentunya usaha ini akan berjalan lancar kalau pelayanan yang Anda berikan juga baik.

  1. Pegawai Toko

Sebenarnya pekerjaan ini lebih cocok dikerjakan oleh murid SMK, namun siapapun bisa melakukannya asal ada kemauan. Cara melamar pekerjaan ini mudah saja, cukup bawa lampiran fotokopi raport kalau kalian masih seumuran pelajar SMP atau SMA. Selain itu, jujur, rajin dan ramah merupakan modal utama dalam menjalani pekerjaan ini.

  1. Penyiar Radio

Bagi kalian yang suka cuap–cuap mungkin pekerjaan ini patut kalian coba.

Update: Biasanya akan ada waktu seleksi untuk penyiar radio. Oleh karena itu, Anda harus sering cek di website, fanpage, atau sosmed radio tersebut.

  1. Pemandu Wisata

Para turis dari luar negeri merupakan yang paling banyak menggunakan jasa guide ini. Oleh karena itu, selain kemampuan komunikasi yang bagus, kalian juga diharuskan bisa berbahasa Inggris dengan lancar dan tentu saja mengetahui seluk–beluk tempat wisata tersebut. Manfaaatnya banyak lo, selain dapat uang saku kalian juga bisa refreshing dan menambah pengalaman kerja.

  1. Budidaya Tanaman

Pekerjaan ini cocok buat kamu yang suka berkebun. Tanaman yang sering terjual laris ialah tanaman hias dan buah–buahan seperti bunga kamboja, bunga mawar, mangga, rambutan, dan lain-lain. Kalian bisa menanamnya di pekarangan rumah dan sekalian membuat bibitnya.

Masih berhubungan dengan tanam–menanam, kalian bisa juga mencoba jual pupuk sendiri. Kalau jijik dengan pupuk kandang, kalian bisa membuat pupuk kompos yang terbuat dari daun–daunan gugur, tanaman yang layu, sisa–sisa makanan, pokoknya semua bahan yang bisa diuraikan oleh bakteri.

Update: Untuk proses pembuatannya, silahkan lihat di Youtube dengan keyword “cara membuat pupuk kompos”.

  1. Jualan Gorengan atau Jajan

Gorengan atau jajanan ini bisa kalian jual keliling sekolah. Memang hasilnya gak begitu banyak sih, tapi lumayanlah buat nambah uang saku.

  1. Jualan Baju Grosir

Sebenarnya gak cuma baju, kalian juga bisa jual mug hias atau tas secara grosir untuk dijual lagi ke orang lain. Kalian bisa buat online shop kalian sendiri di sosial media seperti Instagram, BBM Group, atau di Facebook.

13. Reseller

Mirip seperti jualan secara grosir, tetapi reseller memiliki beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Misalnya kewajiban membeli sejumlah barang dalam sebulan. Oleh providernya, para reseller diberikan diskon besar-besaran karena nantinya harga barang-barang itu dapat ditambah lagi oleh reseller sebagai keuntungannya.

15. Dropshipper

Sama seperti reseller, tetapi dropshipper tidak membeli barang dalam bentuk fisik. Jadi cara kerjanya, mereka mempromosikan barang ke orang lain. Jika ada yang membeli, si pembeli akan transfer uang barang plus ongkir ke dropshipper. Kemudian, dropshipper transfer uang ke provider. Setelah uang sampai di provider, barang akan langsung dikirim dari provider ke pembeli tanpa melalui tangan dropshipper.



Informasi ini masuk dalam bahasan:

- pekerjaan yang cocok untuk pelajar - pekerjaan yg cocok untuk pelajar - pekerjaan untuk anak - pekerjaan bagi pelajar - kerja sampingan pelajar smp Di Cikarang - kerja sampingan pelajar smp - usaha yg cocok untuk anak SMP - kerja sambilan anak smp - kerja sambilan anak sma - jenis jenis pekerjaan perempuan untuk pelajar

Artikel Terkait dan Link Sponsor

15 Jenis Pekerjaan Sampingan Yang Cocok Bagi Pelajar Post in | Last updated: December 21st, 2016 - 67 views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eight + thirteen =