by

3 Tips Merawat Tubuh Dengan Kunyit

Kunyit merupakan salah satu jenis akar rimpang di kalangan masyarakat Indonesia, terutama ibu–ibu rumah tangga. Jika kulitnya dikelupas, dagingnya yang muda berwarna kuning cerah, sedangkan yang sudah tua berwarna jingga-terang. Di pedesaan, banyak masyarakat yang menanam kunyit di pekarangan rumah. Kunyit telah lama dikenal sebagai bahan bumbu masak, bahan jamu, dan bahan pewarna alami kuning. Pewarna alami ini sering digunakan pada tahu kuning dan masakan kuning seperti opor. Selain itu, kunyit dapat digunakan untuk merawat tubuh, rambut, dan wajah. Caranya sebagai berikut:

Merawat Rambut

Kunyit dapat mengatasi masalah ketombe yang sering muncul di kulit kepala. Ketombe sebenarnya adalah bahan keratin berlemak yang keluar dari kulit kepala yang dapat menyebabkan kepala kita gatal–gatal.

Cara merawat tubuh dengan baik
Cara merawat tubuh dengan kunyit (Ilustrasi/pixabay)

Cara mengatasinya, ambil kunyit secukupnya, lalu kupas kulitnya. Kemudian, cuci bersih dan tumbuk hingga halus. Ambil air sarinya, kemudian gosokkan dan pijatkan ke kulit kepala yang gatal. Biarkan hingga 3-5 jam agar meresap ke dalam. Setelah itu, bilas hingga bersih. Lakukan beberapa kali sampai masalah ketombe hilang.

Merawat Wajah

Kunyit bisa juga digunakan untuk menghilangkan jerawat di wajah.

Caranya, siapkan kunyit secukupnya, lalu bersihkan dan kupas kulitnya. Kemudian, iris–iris dan seduh dengan segelas air hangat. Agar lebih manjur, tambahkan satu sendok makan gula pasir. Silakan minum dengan makan tape singkong agar wajah tidak jerawatan lagi.

Sebagai Lulur

Lulur bisa dipakai ke seluruh tubuh agar kulit menjadi lebih halus, kencang, dan segar.

Caranya, siapkan kunyit secukupnya, kupas kulitnya dan bersihkan. Kemudian, parut kunyit tadi dan campur dengan air. Biarkan hingga mengendap untuk diambil pati atau endapannya. Sediakan juga pati beras lalu campur keduanya. Oleskan ke tubuh secara merata pada malam hari menjelang tidur. Bersihkan lulur tersebut pada esok paginya sambil mandi.

Selain sebagai perawatan kecantikan, kunyit dapat digunakan sebagai obat alami untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit, antara lain penyakit diare, diabetes, hepatitis, dan reumatik. Kunyit juga bisa digunakan sebagai bahan ramuan jamu tradisional dengan berbagai khasiat.

Informasi ini masuk dalam bahasan:

- kenapa kita harus setuju dengan adanya teknologi informasi

Sampaikanlah walaupun SATU AYAT! Anda bisa mengirimkan informasi bermanfaat kepada para pembaca kami melalui email atau Whatsapp ke 081355077575

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 × 5 =