by

Waspada Penyakit Abses Buccal Sejak Dini

Apakah Anda termasuk seseorang yang malas gosok gigi? Jika benar, sebaiknya hindari kebiasaan tersebut mulai dari sekarang. Karena tidak hanya penyakit gigi berlubang saja yang bisa membuat gigi Anda keropos, namun juga penyakit abses buccal. Abses buccal adalah sebuah penyakit di dalam rongga mulut yang disebabkan karena infeksi.

Penyebab Abses Buccal

Abses buccal terjadi karena penumpukan sisa makanan di dalam rongga mulut yang menyebabkan munculnya bakteri dari sisa makanan tersebut. Penyebab lainnya ialah karena posisi gigi yang kurang pas sehingga menyebabkan mudahnya bakteri sisa makanan tadi mengenai gigi.

Abses Buccal
Abses Buccal (By Égoïté (Own work) [GFDL ) or CC BY-SA 3.0], via Wikimedia Commons)
Bakteri yang mengenai gigi akan menempel dan masuk ke dalam rongga gigi hingga sampai di ujung akar gigi sehingga akan terjadi abses atau radang yang menyebabkan keluarnya nanah. Abses tersebut akan terus berkembang hingga nanah terkumpul di dalamnya. Nanah yang telah terkumpul ini kemudian akan mencari jalan keluar, bisa ke arah lubang gigi atau ke tempat lain yang memiliki lapisan tipis. Nanah yang telah keluar akan membuat gumpalan nanah baru di tulang pipi.

Akibat Abses Buccal

Penyakit–penyakit yang terjadi di dalam rongga mulut, termasuk juga abses buccal, dapat mempengaruhi organ lain di seluruh tubuh. Oleh karena itu, kita tidak boleh menyepelekan membersihkan gigi kita. Lalu, apa saja akibat yang ditimbulkan dari abses buccal?

  1. Karies gigi sampai ke saluran akar,
  2. Pembengkakan gusi,
  3. Penyakit jantung,
  4. Penyakit hati,
  5. Penyakit ginjal,
  6. Penyakit pada sistem pencernaan, dan
  7. Penyakit pada gigi sehat lain yang berada di sebelah gigi yang terkena abses buccal.

Mungkin Anda bertanya, kenapa penyakit pada rongga mulut dapat mempengaruhi organ lain di seluruh tubuh? Karena bakteri yang menginfeksi rongga mulut dapat ikut menyebar ke seluruh tubuh melalui darah. Kemudian, bakteri ini akan bersarang pada organ yang dikehendaki serta merusak organ tersebut. penelitian telah membuktikan bahwa bakteri yang ditemukan pada katup jantung sama seperti bakteri yang ditemukan pada rongga mulut.

Cara Mencegah Abses Buccal

Mengingat betapa bahayanya penyakit ini, kita menjadi perlu untuk mewaspadainya dan mencegahnya dengan cara–cara berikut:

  1. Membersihkan gigi secara rutin dan baik. Bersihkanlah gigi Anda minimal sehari dua kali.
  2. Melakukan pemeriksaan dan konsultasi ke dokter gigi setiap enam bulan sekali.

Jadi, apakah Anda lebih memilih malas gosok gigi atau abses buccal?

Sampaikanlah walaupun SATU AYAT! Anda bisa mengirimkan informasi bermanfaat kepada para pembaca kami melalui email atau Whatsapp ke 081355077575

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twelve − ten =