by

Waspada Gejala Gangguan Mata Anak Sejak Dini

5/5 (1)

Tidak seperti anak zaman dahulu yang gemar memainkan permainan tradisional, anak zaman sekarang lebih sering bermain bersama smartphone, laptop, atau gadget lainnya. Hal ini patut diwaspadai karena efek dari gadget itu sendiri mampu mempengaruhi kesehatan si anak.

Lalu, apa saja yang harus diperhatikan agar anak jauh dari gangguan mata? Yang pasti, kesehatan mata anak harus diperhatikan sejak ia lahir. Misalnya, ketika didapati lapisan putih pada mata anak (katarak) tentunya harus segera dibawa ke dokter. Apapun hal yang kelihatan mencurigakan sebaiknya langsung saja dibawa ke dokter.

Kelainan mata pada anak seringkali disepelekan oleh orang tuanya. Seharusnya ketika kelainan tersebut tetap bertahan hingga umur 6 bulan harus diperiksakan ke dokter. Semakin awal gejala ini diketahui, semakin mudah penanganannya. Kelainan mata yang terkadang tidak dihiraukan oleh para orangtua antara lain:

  1. Mata menonjol ke depan. Dikhawatirkan bahwa itu merupakan tanda–tanda adanya tumor ganas.
  2. Mata terlihat sayu. Kemungkinan ada masalah dengan otot mata.
  3. Mata merah karena infeksi, alergi, atau iritasi.
  4. Mata juling.
  5. Mata agak keruh. Waspada akan katarak.
  6. Banyak kotoran di sekitar mata atau Kemungkinan ada infeksi atau tersumbatnya kelenjar air mata.
  7. Bola mata bergerak–gerak sendiri. Hati–hati dengan gangguan pada saraf otak.
  8. Mata berair.

Apakah dengan terlalu sering dan terlalu dekat melihat layar gadget dapat menimbulkan gangguan mata? Secara ilmiah belum dapat dipastikan benar atau tidaknya mitos tersebut. yang jelas, dengan melihat layar gadget ataupun televisi dapat mengakibatkan mata lelah. Berikut tips mengurangi kelelahan pada otot mata.

  1. Beri jarak 50 – 70 cm dari mata ke layar gadget. Dan sebaiknya kepala menghadap ke bawah (menunduk)
  2. Sebisa mungkin kurangi kecerahan layar gadget.
  3. Posisikan tubuh secara duduk yang nyaman. Bukan dengan tiduran atau bersila.
  4. Sering–seringlah bergerak.
  5. Waktu maksimal menatap layar gadget atau televisi sehari hanya 1-2 jam.
  6. Sering–sering mengistirahatkan mata. Setiap 20 menit menatap layar, istirahatkan mata dengan menatap sesuatu yang jauh selama 20 detik.
  7. Untuk anak usia dibawah 2 tahun, sebaiknya jangan perlihatkan gadget apapun kepadanya.
  8. Segera periksakan anak ke dokter jika mulai timbul kebiasaan mengucek mata, mengeluh sakit kepala, kurang konsentrasi, sering lupa, memicingkan mata dan memiringkan kepala ketika melihat sesuatu serta melihat buku dari jarak sangat dekat.

Seiring dengan semakin banyaknya gadget, seperti smartphone, jumlah anak yang harus memakai kacamata di usia dini semakin banyak. Para orangtua pun mulai mengkhawatirkan kondisi tersebut. Meski begitu, kita tidak bisa menyalahkan perkembangan teknologi yang semakin canggih. Karena bagaimanapun juga, inovasi baru tersebut juga membawa nilai positif bagi kelangsungan hidup umat manusia. Malah seharusnya kita yang harus pintar dan bijak ketika menjadi seorang konsumen.

Informasi ini masuk dalam bahasan:

- keistimewaan cewek aries

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *