by

Voice of Vietnam: Dung Quat- Daya sebar baru

Pada bulan Februari ini, Pabrik penyaringan minyak Dung Quat di Zona ekonomi Dung Quat- provinsi Quang Ngai- Vietnam Tengah) resmi dioperasikan secara komersial setelah dibangun memakan waktu 44 bulan. Peristiwa ini punya daya sebar kuat, menciptakan pacuan terhadap perkembangan zona ekonomi Dung Quat: zona ekonomi titik berat di Vietnam tengah pada khususnya dan seluruh negeri pada umumnya. Berikut ini adalah sebuah reportase yang berjudul: Dung Quat- daya sebar baru.

Sidang pendengar, jam berukuran besar yang berjalan balik yang dipasang di depan pintu pabrik penyaringan minyak Dung Quat sedang berangsur-angsur di depan pintu pabrik penyaringan minyak Dung Quat sedang berangsur-angsur mendekati tanggal 25 Februari tahun 2009. Besi, baja, beton, sistem mata rantai teknologi yang paling mutakhir, sistem pipa penyalur raksasa yang terletak di permukaan tanah, semuanya telah terhimpun menjadi satu obyek yang sempurna, berbentuk raksasa, kolosal dan paling modern di Asia Tenggara di atas lokasi yang luasnya 800 hektar.

Dung Quat
Dung Quat (haisonputin [CC BY 3.0], via Wikimedia Commons)

Untuk persiapan mengoperasikan pabrik ini, sekarang kecepatan uji coba pabrik ini telah mencapai kira-kira 60%. Dalam suasana ramai dan giat di tempat pembangunan, Bapak Nguyen Van Hoi- wakil Ketua badan pengelolaan pabrik penyaringan minyak Dung Quat dengan perasaan gembira mengatakan:

Di pabrik ini ada banyak projek pembangunan yang telah dioperasikan. Pada hari-hai ini, di tempat pembangunan kegiatan-kegiatan tetap di jalankan secara normal, tiga shift tetap dijalankan pada Hari-hari Raya Tahun Baru tradisional. Kira-kira seribu pekerja masih meneruskan pekerjaan untuk menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan terakhir dan persiapan pengoperasian perdagangan dari pabrik.

Bapak Nguyen Van Hoi memberitahukan bahwa seluruh pabrik punya 3 kamar pengendali utama. Kamar pengendali pusat besar dan paling modern di Asia. Selain para pakar, insinyur asing, ada kira-kira 30 insinyur dan buruh Vietnam bekerja di sini. Pengoperasian bengkel-bengkel penunjang ditanggung oleh para insinyur Vietnam. Bruno Le Roy- Direktur Urusan Teknik dari Kontraktor Utama Technip memberitahukan:

Kami menilai tinggi kerjasama dan semangat bekerja dari barisan kader dan insinyur Vietnam. Mereka sangat cerdas, kreatif dan cepat menguasai peralatan dan teknologi. Kami sedang berfokus pada pengoperasian uji coba dan menyempurnakan rincian-rincian terakhir pabrik ini.

Pabrik penyaringan minyak dimisalkan seperti jantungnya seluruh zona ekonomi Dung Quat yang punya daya sebar besar untuk merangsang investasi. Hanya kira-kira dua tahun setelah pabrik penyaringan minyak dioperasikan kembali, seluruh zona ekonomi Dung Quat telah dipenuhi dengan projek-projek. Banyak kelompok usaha ekonomi besar dari Jepang, Republik Korea, Amerika, Taiwan dan lain lain… telah melakukan survei, minta melakukan investasi di zona ekonomi ini dengan modal investasi sebesar kira-kira 40 miliar USD yang pada pokoknya di bidang industri penyaringan petro kimia dan industri peleburan baja. Choong Ku Chung- Direktur Urusan perencanaan luar negeri Perusahaan Umum EASTAR KIC VINA- Kelompok Usaha Utama Republik Korea memberitahukan:

Kami menilai tinggi semua upaya, koordinasi dan bantuan dari Badan Pengelolaan Zona Ekonomi Dung Quat kepada kami dalam membuat prosedur investasi dan menerima surat izin investasi sesuai dengan ketentuan. Kami juga berharap akan menerima bantuan dan dukungan yang lebih lanjut lagi tentang pembebasan lapangan, membangun infrastruktur untuk melayani pembangunan pabrik, memasok sumber daya manusia…

Ketika berkunjung lagi ddi zona ekonomi Dung Quat pada hari-hari ini, Doktor Truong Dinh Hien- Peneliti senior cabang Institut Fisika kota Ho Chi Minh- penyusun Projek Zona Ekonomi Dung Quat kira-kira 16 tahun lalu merasa heran tentang perubahan Zona Ekonomi Dung Quat. Dia mengatakan:

Saya pernah ke Tiongkok, Rusia, Perancis dan banyak negara lain. Saya telah juga bekerja di banyak Institut Penelitian dan Pusat penyaringan minyak di beberapa negara, tetapi sekarang datang di Dung Quat, saya melihat perkembangannya yang amat besar dan luar biasa. Perkembangan ini benar-benar di luar kerangka projek yang kami impikan, sehingga hal itu menciptakan satu posisi dan kekuatan baru yaitu satu posisi dan kekuatan Dung Quat sekarang ini.

Pada tanggal 25 Februari, produk minyak komersial yang pertama “made in Vietnam” dipasarkan. Direncanakan, pada tahun 2009, pabrik penyaringan minyak Dung Quat akan menghasilkan 3,6 juta ton produk dan sampai tahun 2010 akan memenuhi kira-kira 30% kebutuhan konsumsi minyak dan bensin di dalam negeri, menyiapkan syarat untuk meningkatkan kapasitasnya menjadi 10 juta ton produk pertahun. Zona ekonomi Dung Quat sedang gembira di tengah-tengah harapan dan orientasi perkembangan baru.(Sumber: Siaran Bahasa Indonesia VOV)

Tentang Penulis: Summase Sanjaya

Founder of Media Monitoring Club - Aktif mendengarkan siaran SW dari tahun 1996 hingga 2006. Pernah menjadi Program monitor Radio Jepang NHK World dari tahun 2001-2010, Technical Monitor KBS World Radio, Technical Monitor Radio Taiwan International, dan Technical Monitor Radio Deutsche Welle. Kini sedang menjadi blogger aktif untuk beberapa blog, termasuk blog Media Monitoring Club Ini.
Sampaikanlah walaupun SATU AYAT! Anda bisa mengirimkan informasi bermanfaat kepada para pembaca kami melalui email atau Whatsapp ke 081355077575

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 + eleven =