by

Ulang Tahun ke 185 Honinbo Shusaku

Honinbo Shusaku (lahir dengan nama Kuwabara Torajir? (lahir 6 Juni 1829 – meninggal 10 Agustus 1862 pada umur 33 tahun) adalah seorang pemain Igo profesional Jepang yang dianggap oleh banyak pihak sebagai pemain terhebat di zaman keemasan Igo pada pertengahan abad ke-19.

Shusaku dijuluki “Tak Terkalahkan” setelah ia meraih skor sempurna atas 19 kemenangan beruntun dalam pertandingan istana tahunan. Beberapa pihak mengungkapkan bahwa ia tidak lebih hebat dari gurunya, Honinb? Shuwa, yang menurut kesepakatan tidak boleh ikut serta bermain dalam pertandingan istana. Untuk menghormati gurunya, Shusaku menolak untuk bertanding dengan gurunya, sehingga tidak ada alat ukur yang bisa digunakan untuk menentukan kehebatan keduanya. Shusaku misalnya, meskipun berhasil mengungguli ?ta Y?zo, tetapi masih mengakuinya sebagai lawan yang tangguh, sedangkan Shuwa mampu mengalahkan Y?zo dengan mudah.

Hingga saat ini, hanya ada dua pemain yang dijuluki dengan “Santo Igo” (Kisei), dan Shusaku adalah salah satunya, sedangkan yang satunya lagi adalah Honinb? Dosaku (1645–1702). Julukan ini awalnya hanya diberikan kepada Honinbo Jowa, namun dicabut karena manuver politiknya. Bahkan hingga saat ini, Shusaku dianggap sebagai salah seorang pemain Igo terbaik yang pernah hidup. (Wikipedia)

Sayangnya, Honinbo Shusaku tak berumur panjang. Ketika wabah penyakit kolera melanda Jepang pada tahun 1862, ia pun terkena penyakit itu dan akhirnya meninggal dunia di usia 33 tahun.

Google Rayakan Ultah ke 185 Honinbo Shusaku

Ulang Tahun ke 185 Honinbo Shusaku 2
Hari ini google doodle kembali merayakan hari ulang tahun tokoh terkemuka di dunia Honinbo Shusaku dengan memajangnya di logo doodles. Seperti biasanya google doodle selalu memperingati event-event bersejarah dan juga tokoh-tokoh terkenal dunia melalui google doodle. Logo doodle ini akan tampil selama 24 jam di beranda pencarian google sejak jam 24.00 dini hari sampai hari perayaan berakhir pada jam 24.00 besoknya.

Go atau di Jepang disebut Igo dan di Korea dinamakan Baduk, adalah permainan papan strategis antar dua pemain, berasal dari China sekitar 2000 SM sampai 200 SM. Permainan ini sekarang populer di Asia Timur. Pengembangan sistem untuk bermain Go melalui internet telah meningkatkan popularitasnya di belahan dunia lain.

Video Honinbo Shusaku VS Ito Showa (1840)

Tentang Penulis: Summase Sanjaya

Founder of Media Monitoring Club - Aktif mendengarkan siaran SW dari tahun 1996 hingga 2006. Pernah menjadi Program monitor Radio Jepang NHK World dari tahun 2001-2010, Technical Monitor KBS World Radio, Technical Monitor Radio Taiwan International, dan Technical Monitor Radio Deutsche Welle. Kini sedang menjadi blogger aktif untuk beberapa blog, termasuk blog Media Monitoring Club Ini.
Sampaikanlah walaupun SATU AYAT! Anda bisa mengirimkan informasi bermanfaat kepada para pembaca kami melalui email atau Whatsapp ke 081355077575

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

7 + 17 =