Tips Sukses Kuliah Sambil Bekerja

Tips sukses kuliah sambil bekerja
Tips sukses kuliah sambil bekerja

Kuliah sambil bekerja sudah umum dilakukan di jaman sekarang ini, terlebih di kota besar Jakarta. Berbagai mahasiswa dari perguruan tinggi biasa hingga ternama, seperti perguruan tinggi swasta terbaik di Jakarta pasti pernah melakukan hal tersebut. Alasan mereka pun bermacam-macam, namun umumnya karena kebutuhan hidup yang harus mereka penuhi sehari-hari.

Meski beberapa dari mereka mampu menyelaraskan waktu antara kuliah dan kerja, namun sebagian besar merasa kesulitan dan mengeluh karena tidak bisa menjalankan keduanya dengan seimbang. Padahal semua akan bisa dilakukan asal Anda mampu mengatur waktu dan hal-hal penting di antara keduanya.

Ingin tahu apa bagaimana kuliah sambil bekerja bisa berjalan lancar? Yuk, simak tips sukses kuliah sambil bekerja berikut ini.

  1. Tentukan skala prioritas

Pertama-tama, Anda perlu menentukan skala prioritas. Mana yang akan Anda utamakan, kuliah atau bekerja? Kondisi akan berbeda dengan penentuan skala prioritas ini.

Namun umumnya, bagi Anda yang bekerja dengan jam kerja karyawan, pasti akan mengutamakan pekerjaan terlebih dahulu, baru kuliah. Sehingga seringkali karyawan ini akan mengambil waktu kuliah di malam hari selepas jam kantor.

Namun bagi Anda yang kuliah di perguruan tinggi negeri dengan jam kuliah reguler, pasti akan memilih mengutamakan kuliah dulu dan waktu bekerja akan menyesuaikannya.

  1. Pastikan pihak kantor tahu bahwa Anda sedang kuliah

Saat Anda bekerja sambil kuliah, pastikan pihak kantor mengetahui hal ini langsung dari Anda. Tujuannya adalah agar apabila ada hal-hal penting yang berurusan dengan kampus bahkan sidang skripsi sekalipun, Anda akan mudah mendapatkan ijin dari kantor.

  1. Pelajari manajemen waktu yang baik

Jika Anda sudah mantap memilih kuliah sambil bekerja, Anda wajib mempelajari manajemen waktu yang baik. Memang menjalankan kedua hal tersebut bersama-sama bukanlah hal yang mudah, namun tidak mustahil selama Anda menerapkan manajemen waktu yang baik.

BACA JUGA  Fasilitas Kampus Kalbis Ini Bisa Bikin Kamu Kepingin Kuliah Di sini

Langkah awal sederhana adalah menyelesaikan tugas-tugas kantor dengan tepat waktu dan menyisihkan sebagian waktu dalam sehari untuk mengurus tugas-tugas dari kampus.

  1. Usahakan nilai Anda tidak ada masalah

Menempuh pendidikan di perguruan tinggi manapun, baik perguruan tinggi negeri maupun swasta khususnya perguruan tinggi swasta terbaik di Jakarta, usahakan nilai Anda tidak ada masalah meskipun Anda sambil bekerja.

Jangan sampai Anda terlambat atau bahkan tidak mengikuti ujian yang ditentukan. Karena jika Anda bermasalah pada nilai, maka kuliah Anda pun akan ditempuh lebih lama dari yang seharusnya. Ini tentu merugikan secara finansial, dan kesempatan untuk mendapatkan promosi jabatan atau kenaikan gaji pun akan tertunda dengan sendirinya.

  1. Tetap jaga performa Anda di kantor

Tetap menjaga performa di kantor merupakan kewajiban Anda jika melakukan aktivitas kuliah sambil bekerja. Tak hanya nilai-nilai Anda di kampus yang harus dijaga, performa di kantor pun tak boleh bermasalah.

Segera selesaikan pekerjaan tepat waktu dan hindari terlalu banyak lembur. Menjaga performa di kantor termasuk salah satu usaha Anda untuk menunjukkan kemampuan Anda secara maksimal sehingga meminimalisir potensi kehilangan pekerjaan.

Jadi, kuliah sambil bekerja bukanlah hal yang mustahil dilakukan. Terutama di kota-kota besar seperti Jakarta, banyak mahasiswa dari perguruan tinggi negeri atau perguruan tinggi swasta terbaik di Jakarta yang melakukan aktivitas kuliah sambil bekerja. Dengan beberapa tips dan trik seperti di atas, tentu diharapkan Anda dapat menyeimbangkan keduanya sehingga berjalan dengan baik dan lancar.

Informasi ini masuk dalam bahasan:

- sukses kuliah sukses ibadah
Gravatar Image

Summase Sanjaya

Founder of Media Monitoring Club - Aktif mendengarkan siaran SW dari tahun 1996 hingga 2006. Pernah menjadi Program monitor Radio Jepang NHK World dari tahun 2001-2010, Technical Monitor KBS World Radio, Technical Monitor Radio Taiwan International, dan Technical Monitor Radio Deutsche Welle. Kini sedang menjadi blogger aktif untuk beberapa blog, termasuk blog Media Monitoring Club Ini.
Gravatar Image
Tips Sukses Kuliah Sambil Bekerja Post in | Last updated: April 1st, 2017 - 106 views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

19 + 11 =