by

Tips Mengatasi 8 Masalah Tubuh Yang Pasti Sering Kamu Alami

5/5 (2)

Masalah–masalah yang terjadi pada tubuh mungkin terlihat sepele bagi kita. Namun, masalah ini ternyata berpengaruh besar terhadap teman dan orang lain di sekitar Anda. Misalnya, nafas bau meskipun sering gosok gigi. Mungkin Anda jarang menyadari hal itu, tetapi nafas bau itu akan menyebabkan orang yang kita ajak bicara risih dan gak nyaman berada di dekat kita. Selain itu, 8 masalah memalukan ini terkadang juga jadi penghambat dalam kehidupan sosial kita.

Jadi, daripada hidup dengan menanggung rasa malu mending kita atasi saja masalah itu. Berikut ini tips mengatasi 8 masalah memalukan pada tubuh, antara lain:

  1. Nafas Bau

Nafas bau tidak bisa dihilangkan hanya dengan gosok gigi secara teratur. Karena masalah ini terletak tidak hanya pada gigi, tetapi juga pada lidah dan tenggorokan. Sumber masalahnya disebabkan oleh bakteri pada mulut yang lama tidak mendapat oksigen, misalnya saat mengonsumsi obat–obatan dan duduk dengan mulut tertutup dalam waktu yang lama. Bakteri yang kekurangan oksigen akan mengeluarkan zat sulfur yang menyebabkan mulut kita bau.

Cara mengatasinya ialah dengan minum air putih sepanjang hari, menggunakan obat kumur, menguyah sayuran seperti seledri atau daun mint.

  1. Ketiak Basah

Ketiak basah sudah pasti disebabkan oleh banyaknya produksi keringat di bagian ketiak. Produksi keringat yang berlebihan bisa disebabkan oleh penyakit tiroid dan tingkat gula darah rendah.

Cara mengatasinya ialah dengan mandi sebelum tidur, dan jangan lupa keringkan ketiak Anda sebelum tidur. Selain itu, Anda bisa gunakan bedak anti-keringat setiap akan beraktivitas.

  1. Betis Besar

Betis yang besar bisa diubah menjadi ramping dengan latihan rutin, yaitu naik turun tangga dengan kaki jinjit pada ujung jari kaki. Turunkan dan naikkan tubuh berulangkali.

  1. Bibir Kering dan Pecah–Pecah

Bibir kering dan pecah–pecah sering disebabkan karena panas sinar matahari. Bibir tidak seperti bagian tubuh lainnya karena tidak memiliki kelenjar keringat sehingga rentan sekali mengalami kekeringan.

Bibir kering dan pecah–pecah dapat diatasi dengan menggunakan lipbalm sebelum keluar rumah dan menggunakan lipstik yang mengandung zat AHA. Hindari kebiasaan menjilat bibir dan mencoba lipstik orang lain.

  1. Gigi Kotor

Gigi kuning bisa disebabkan karena kebiasaan merok*k dan mengonsumsi teh, kopi, dan soda. Cara mengatasinya ialah dengan konsultasi kepada dokter gigi minimal dua kali setahun. Kemungkinan Anda akan disarankan untuk melakukan pemutihan gigi. Selain itu, Anda bisa gunakan pasta gigi yang mengandung carbamide peroxide. Gunakan maksimal sekali dalam sehari.

  1. Komedo Di Wajah

Bintik-bintik hitam di hidung dapat diatasi dengan menggunakan strip pengangkat komedo putih. Untuk komedo yang telah menghitam, bisa diangkat dengan alat pencungkil komedo hitam yang telah disterilkan. Sebaiknya, bersihkan dahulu wajah Anda sebelum menggunakannya.

  1. Rambut Berketombe

Ketombe disebabkan karena munculnya keratin berlemak dari kulit kepala. Hal ini dapat kita atasi dengan memakai shampo pembersih ketombe yang mengandung tar, zinc, dan asam salisilat. Anda juga bisa menggunakan ramuan tradisional dari bahan–bahan alami yang pastinya lebih aman untuk digunakan. Selain itu, hentikan kebiasaan meminjam sisir orang lain.

  1. Wajah Berminyak

Wajah berminyak disebabkan karena faktor genetik dan produksi hormon berlebih. Untuk mengatasinya, kita dapat menggunakan satu set alat pembersih muka yang terdiri dari susu pembersih oil free dan penyegar non-alkoh*l. Dan mengelap wajah ketika siang hari dan malam sebelum tidur dengan tisu penyerap keringat.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eighteen − 1 =