by

Thor Heyerdahl Ultah yang ke-100

Thor Heyerdahl Ultah yang ke-100 – Thor Heyerdahl (lahir di Larvik, Norwegia, 6 Oktober 1914 – meninggal di Colla Micheri, Italia, 18 April 2002 pada umur 87 tahun) adalah seorang petualang dan etnolog berkebangsaan Norwegia. Ia melakukan pelayaran untuk ekspedisi ilmiah melintasi samudera menggunakan rakit yang dikenal dengan nama Kon-Tiki pada tahun 1947. Thor Heyerdahl kemudian menuliskan kisah perjalanannya dalam sebuah buku dan buku tersebut berhasil menjadi buku dengan penjualan terbaik skala internasional.

Hari ini merupakan ulang tahun Thor Heyerdahl yang ke-100. Google doodle turut merayakan dengan logo khusus bertemakan “Kon-Tiki”. Sebuah perahu rakit yang dipakai Thor Heyerdahl untuk mengarungi samudera demi ekspedisi ilmiah pada tahun 1947.

Pada tahun 1936, Heyerdahl pergi berlayar dan tinggal di kepulauan Pasifik Fatu Hiva. Namanya terkenal ke seantero dunia karena perjalanannya menggunakan rakit Kon-Tiki dari Peru ke Pollinesia, Perancis pada tahun 1947.

Nama Thor Heyerdahl terkenal di dunia karena perjalanannya menggunakan rakit Kon-Tiki dari Peru ke Pollinesia, Perancis pada tahun 1947. Pada tahun 1953, Heyerdahl memimpin ekspedisi arkeologi ke Kepulauan Galapagos. Dua tahun kemudian, ia melakukan perjalanan ke Pulau Paskah. Dalam tahun-tahun berikutnya, Heyerdahl meneliti tentang piramida di Peru dan Kepulauan Canary. Heyerdahl meninggal pada tahun 2002.

Ekspedisi yang dikenal dengan nama The Kon Tiki expedition itu terinspirasi dari laporan-laporan kuno dan gambar yang dibuat oleh Spanish Conquistadors of Inca dan legenda kuno serta bukti arkeologi yang menyatakan adanya kontak antara Amerika Selatan dan Polinesia.
Thor Heyerdahl Ultah yang ke-100 1

Rakit itu terbukti bisa bermanuver dengan bebas dan ikan-ikan yang dikumpulkan dalam 9 balok salsa lebih dari cukup sehingga para nelayan kuno bisa bergantung pada ikan untuk menghidrasi tubuh bila tidak ada sumber air.
Thor Heyerdahl Ultah yang ke-100 2

Terinspirasi oleh Kon Tiki, rakit-rakit lain juga dipakai untuk mengulangi ekspedisi. Buku Heyerdahl tentang ekspedisi, The Kon-Tiki Expedition: By raft Across the South Seas, telah diterjemahkan ke dalam 70 bahasa.

Sebuah film dokumenter tentang ekspedisi itu memenangkan Piala Oscar pada 1951 dan film versi 2012 dinominasikan untuk Oscar dan Golden Globe.

Informasi ini masuk dalam bahasan:

- rakit hayerdahl

Tentang Penulis: Summase Sanjaya

Founder of Media Monitoring Club - Aktif mendengarkan siaran SW dari tahun 1996 hingga 2006. Pernah menjadi Program monitor Radio Jepang NHK World dari tahun 2001-2010, Technical Monitor KBS World Radio, Technical Monitor Radio Taiwan International, dan Technical Monitor Radio Deutsche Welle. Kini sedang menjadi blogger aktif untuk beberapa blog, termasuk blog Media Monitoring Club Ini.
Sampaikanlah walaupun SATU AYAT! Anda bisa mengirimkan informasi bermanfaat kepada para pembaca kami melalui email atau Whatsapp ke 081355077575

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five + ten =