by

The Great American Eclipse

Apa Yang Mempesona, Terkait Gerhana Matahari di Amerika Tahun Depan?

Satu tahun dari sekarang, kejadian langka akan terungkap di daratan Amerika Serikat, yakni Gerhana Matahari.

The Great American Eclipse
The Great American Eclipse (Ilustrasi/Kombinasi foto menunjukkan awal (kiri atas) sampai akhir (kanan bawah) dari gerhana matahari total seperti yang terlihat dari pantai pulau Ternate, Indonesia, 9 Maret 2016. Beawiharta/Reuters)

Dilansir dalam situs CSMonitor, pada tanggal 21 Agustus 2017, gerhana matahari total akan terlihat di seluruh wilayah AS . Acara yang telah dijuluki sebagai Great American Eclipse, akan berparade di sepanjang “jalan totalitas” sempit dari Oregon ke Carolina Selatan.

Rata-rata, ada sekitar dua gerhana matahari dan dua gerhana bulan setiap tahun. Jadi, apa yang membuat istimewa untuk yang satu ini?

Gerhana bulan terjadi, akibat matahari, bumi, dan bulan (berurutan) membetuk konfigurasi yang sejajar. Sedangkan gerhana matahari, terjadi akibat matahari, bulan & bumi (berurutan) membentuk konfigurasi yang sejajar.

Jika bumi dan bulan mengorbit pada bidang yang sama, akan ada dua gerhana setiap bulannya. Namun, dalam kenyataannya, bulan mengorbit hanya 5 derajat dari orbit ekliptika Bumi. Kedua berpotongan sekitar dua kali per bulan pada titik-titik, itulah yang disebut node. Gerhana terjadi, hanya ketika node berbaris dengan bulan baru atau bulan purnama. Akibatnya, hanya ada sekitar empat parsial gerhana setiap tahunnya.

Gerhana total bahkan kurang sering. Mereka hanya terjadi sekali setiap 18 bulan, dan efek yang lengkap hanya bisa dilihat sepanjang 70 mil “jalan totalitas,” .

Pada tanggal 26 Februari 1979, para astronom dan penggemar berbondong-bondong ke Pacific Northwest dengan bus penuh untuk melihat langit gelap dan cincin dramatis terkena cahaya di sekitar bulan. Badai matahari dibuat untuk lebih cemerlang, tapi acara ini hanya terlihat di beberapa negara.

Ketika para astronom mengumumkan event 2017 ini, gelombang “gerhana pariwisata” menyapu kota kecil Amerika. Gerhana total mendatang dijadwalkan menjadi US-Eksklusif yang pertama, sejak 1776. Hanya mereka dalam jalur totalitas, yang membentang dari Oregon ke South Carolina, akan dapat menyaksikan efek penuh dari Gerhana Matahari.

“Jika anda, tidak dalam jalur totalitas, anda melihat acara utama. Tetapi jika anda pergi ke sisi bahkan di mana matahari berada 99 persen tertutup oleh bulan, itu seperti pergi ke bilik tiket dari bisbol atau stadion sepak bola tetapi tidak masuk ke dalam,” ujar Jay Pasachoff, seorang astronom di Williams College, mengatakan kepada Space.com.

The Great American Eclipse berikutnya, tidak akan datang sampai sekitar April 2024. Untungnya, gerhana matahari di tahun 2017, akan sebagian terlihat di seluruh wilayah AS. Pastikan anda memakai filterasi gerhana matahari!

Sumber video: USA TODAY

Tentang Penulis: Alan Saumulandi Rosan

Tim Blogger Media Monitoring Club, Founder & First Leader in Rancah Astronomy Club (RAC) - Ciamis - Jawa Barat
Sampaikanlah walaupun SATU AYAT! Anda bisa mengirimkan informasi bermanfaat kepada para pembaca kami melalui email atau Whatsapp ke 081355077575

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

18 − 6 =