by

Teknologi Kesehatan Canggih dari CES 2018

CES memiliki kepanjangan Consumer Technology Association dan bergerak di bidang teknologi kesehatan. Perusahaan ini tiap tahunnya selalu mengadakan pameran mengenai teknologi canggih dari berbagai macam negara. Beberapa tahun lalu, jam digital yang dapat memberikan petunjuk mengenai detak jantung dan memberikan arahan tentang olahraga bagi penggunanya pertama kali dirilis di CES. Kini, jam digital seperti itu sudah banyak diproduksi oleh Fitbit, Garmin, dan Apple. Jam digital tersebut terus mengalami pengembangan, sehingga pada pameran yang digelar di tahun 2018, dapat dilihat ada banyak sekali fitur tambahan yang ditawarkan dan sangat berguna bagi kesehatan, terutama bagi orang yang gemar melakukan olahraga. Tak hanya dalam bidang olahraga, teknologi pintar yang dikembangkan juga ditujukan bagi lansia dan disabilitas, sehingga mereka mampu untuk menjadi orang yang lebih mandiri.

Dalam pameran yang digelar oleh CES, Anda akan dapat menemui banyak sekali teknologi pintar yang dibuat demi mempermudah kinerja manusia dalam bidang lainnya, seperti sarung tangan robot NeoMano. Sarung tangan tersebut mempermudah penggunanya untuk melakukan tugas sehari–hari dengan menggunakan tangan bagi orang yang memiliki cedera pada tulang belakang. Bagi orang yang memiliki cedera pada tulang belakang, tentu saja pekerjaan seperti untuk membuka tutup botol, mengangkat kaleng, dan membuka knop pintu menjadi hal yang susah untuk dilakukan. Maka dari itu, orang yang menderita cedera seperti ini memerlukan pendampingan untuk dapat memenuhi kebutuhan hidupnya. Dengan inovasi sarung tangan ini, orang yang memiliki cedera seperti ini dapat menjadi lebih mandiri. Tak hanya sarung tangan robot NeoMano, masih banyak teknologi lainnya yang sangat berkaitan dengan kesehatan manusia yang dipertunjukkan pada pameran di CES.

  1. Bebek Aflac

Boneka robot bebek bernama Aflac ini ditujukan untuk anak– anak yang mengalami kanker. Boneka robot ini dilengkapi dengan sensor sentuh pada bagian pipi dan kepala saat diusap. Ketika Aflac disentuh pada bagian pipinya, ia akan melakukan gerakan seperti menggelengkan kepala. Saat anak–anak sedang ingin tidur dan mengusap bagian kepala, maka Aflac akan melakukan gerakan seperti hendak tertidur juga. Dengan kata lain, boneka robot bebek Aflac dibuat untuk meredakan kecemasan anak anak saat sedang melakukan kemoterapi dan selama harus dirawat di rumah sakit. Aflac dapat membuat anak–anak yang sedang dirawat di rumah sakit merasa tidak kesepian.

  1. Olfinity Pemantau Kondisi Udara, Pembersih Udara, dan Pemberi Aromaterapi

Bagi masyarakat yang tinggal di area perkotaan dan memiliki kualitas udara yang buruk, sebaiknya memiliki alat yang satu ini. Olfinity merupakan salah satu teknologi pintar yang dapat memonitor dan mengakses kadar udara di dalam rumah setiap saat. Alat ini dilengkapi dengan sensor, pembersih udara, sekaligus pemberi aromaterapi yang dapat dikontrol menjadi 20 menit sesi. Aromaterapi yang diberikan juga berupa minyak esensial organik.

  1. Helite Hip’Air

Cedera pada area pinggul dapat membuat menjadi hal yang sangat mematikan dan semua itu berawal dari kejadian seperti jatuh. Kasus ini sudah sangat sering terjadi, baik bagi pengendara motor ataupun lansia. Kini, Helite Hip’Air hadir untuk melindungi pinggul setiap orang, terutama bagi lansia.  Teknologi ini memiliki sensor, baterai, kantung udara, dan juga katrid udara. Ketika perubahan ketinggian terjadi secara mendadak pada penggunanya, alat ini akan dengan segera mengembang. Dengan kata lain, kantung udara dapat melindungi daerah pinggul yang merupakan area paling rawan apabila mengalami kejadian, seperti terpeleset di kamar mandi.

  1. E-vone Sepatu Pintar

Kita tidak dapat memuungkiri bahwa kecerdasann buatan sangat berguna bagi hidup umat manusia. Kini kecerdasan buatan tersebut dapat diselipkan di berbagai macam peralatan. Misalkan saja seperti di sepatu yang digunakan untuk mendeteksi penggunanya saat jatuh dan dengan segera memberitahu lokasi dimana penggunanya jatuh dan dengan segera memberi sinyal untuk menghubungi bagian layanan emergency. E-vone telah menciptakan sepatu super yang memiliki semua fungsi tersebut. Untuk menjalankan fungsinya tersebut, sepatu cerdas ini dilengkapi dengan GPS dan sensor yang dapat mendeteksi adanya keanehan yang terjadi pada penggunanya. Sepatu ini memiliki beberapa desain yang sporty dan berbagai model lain yang sangat fashionable, sehingga cocok digunakan bagi siapapun. Bahkan dapat juga digunakan untuk traveler atau lansia.

  1. Pendeteksi Sinar UV L’Oreal

Bagi Anda pecinta make up, pasti sudah tidak asing lagi mendengar nama L’Oreal. Kini, perusahaan tersebut sedang tidak lagi hanya merilis make up, melainkan sensor pendeteksi sinar UV yang dikemas dengan sangat elegan. Sensor ini dapat dihubungkan ke smartphone dan memiliki aplikasi sendiri. Dengan aplikasi ini, pengguna sensor UV dapat mengetahui dirinya telah terekspos UVA dan UVB seberapa besar. Sensor ini berdiameter 9 mm. Sensor ini dapat dipasang di bagian gagang kacamata, jam tangan, maupun sebagai penghias kuku berkat desainnya yang elegan. Sensor ini dapat dibanderol dengann harga sekitar $40. Dengan mengetahui seberapa kadar UVA dan UVB yang mengekspos penggunanya, hal ini dapat mencegah terjadinya kanker kulit. Tak hanya itu, dengan mengetahui kadar UV setiap harinya, dapat membuat sang pengguna dalam menentukan perawatan kulit yang cocok bagi dirinya.

  1. Botol QUARTZ

Minum air dengan menggunakan botol plastik merupakan  hal yang tidak terlalu baik bagi lingkungan, karena plastik membutuhkan waktu yang panjang untuk terurai atau energi yang banyak untuk  mendaur ulangnya. Lalu apakah menggunakan botol air minum yang dapat digunakan berkali-kali merupakan solusinya ? Jawabannya iya, tetapi itu semua dapat terjadi saat sang pengguna sangat rutin dan rajin membersihkan botol tersebut, sehingga tidak ada kuman yang berkembang biak di dalam botol tersebut. Bagaimana jika kini orang menjadi semakin sibuk dan waktu yang dimiliki menjadi lebih sedikit. Tenang saja, QUARTZ telah memberikan solusinya dengan menciptakan botol yang dapat membersihkan diri dengan menggunakan sinar UV yang terletak pada bagian tutup botol. Kini, kita hanya perlu menekan tombol pada tutup botol tersebut dan menunggunya selama 60 menit untuk bereaksi dalam membasmi kuman di dalam air dan botol. Dengan menggunakan botol ini, kita sudah tidak perlu mengeluarkan banyak waktu untuk mencuci botol dan hidup tetap sehat dengan rutin minum air.

Demikianlah teknologi kesehatan terbaru 2018 dari CES, semoga informasi ini bermanfaat.

Informasi ini masuk dalam bahasan:

- Teknologi terbaru di bidang it 2018

Tentang Penulis: Novia Nur Fitriana S - JV

Novia Nur Fitriana S - JV
Tim Blogger Media Monitoring Club from Yogyakarta. I am international master student at National Taiwan University of Science and Technology.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 + 7 =