by

Tahukah Anda, Perseids Merupakan Hujan Meteor Menakjuban Tahun Ini?

Mungkin, perseids merupakan hujan meteor yang paling menakjubkan di dunia. Dinamakan demikian, karena mereka tampaknya beruntun dari konstelasi Perseus, aliran puing-puing dari komet Swift-Tuttle.

Dilansir dalam situs GREEK, Jika anda melewatkannya tahun ini, jangan khawatir. Meskipun komet hanya datang melalui sistem surya kita setiap 133 tahun, bumi melewati awan debu dan puing-puing setiap tahun, seperti berputar mengelilingi matahari.

Perseids Merupakan Hujan Meteor Menakjuban Tahun Ini
Perseids Merupakan Hujan Meteor Menakjuban Tahun Ini (Ilustrasi/By ESO/S. Guisard [CC BY 4.0 ], via Wikimedia Commons
Hujan meteor sendiri merupakan peristiwa bersiklus, dimana batu-batuan langit (meteoroid) memasuki atmosfer, suatu objek langit. Hampir setiap bulan dalam satu tahun, terdapat Meteor Shower alias hujan meteor.

Kecepatan meteor-meteor pun bervariasi, dari mulai yang terkecil (1 meter per detik), hingga puluhan bahkan ratusan meter per detiknya.

Tetapi, meteor besar yang jatuh ke objek langit lain, misalnya Bumi kita, itu sangatlah berbahaya. Kita tahu, hal tersebut dapat mengakibatkan kerusakan di Bumi ini.

Itu bukan untuk mengatakan, bahwa banyak fotografer tidak mendapatkan gambar yang menakjubkan setiap tahun ! Banyak orang berkemah di daerah pedesaan untuk mendapatkan gambar terbaik, dan beberapa gambar komposit untuk menekankan garis-garis cahaya.

2016 dianggap sebagai tahun ledakan Perseids pertama, sejak tahun 2009. Jadi, salah satu hal yang paling menakjubkan untuk berpikir tentang meteor yang kita lihat tahun ini, ialah kuantitasnya.

Informasi ini masuk dalam bahasan:

- nadine chandrawinata sekeluarga

Tentang Penulis: Alan Saumulandi Rosan

Tim Blogger Media Monitoring Club, Founder & First Leader in Rancah Astronomy Club (RAC) - Ciamis - Jawa Barat
Sampaikanlah walaupun SATU AYAT! Anda bisa mengirimkan informasi bermanfaat kepada para pembaca kami melalui email atau Whatsapp ke 081355077575

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × five =