by

Surat Al Kahfi: Keutamaan, Manfaat, Makna, dan Fadilahnya

5/5 (1)

Surat Al Kahfi termasuk ke dalam surat Makiyyah yang terdiri atas 110 ayat. Adapun Keutamaan, Manfaat, Makna, dan Fadilah Surat Al-Kahfi antara lain:

Surat Al Kahfi: Keutamaan, Manfaat, Makna, dan Fadilahnya

  1. Dipelihara dari bencana Dajjal.
    Diriwayatkan oleh Ahmad, Muslim, An-Nasaa’i, dari Abu Darda r.a:

    Rasulullah SAW bersabda: Barangsiapa menghafal sepuluh ayat dari permulaan Surat Al-Kahfi, dia terpelihara dari bencana Dajjal.

  2. Apabila dibaca sebelum tidur, maka akan bisa bangun tengah malam atau bangun kapan saja dikehendaki.
    Diriwayatkan oleh Ibnu Mardawawaih dari Aisyah r.a:

    Rasulullah SAW bersabda: Barangsiapa membaca lima ayat penghabisan surat Al-Kahfi ketika hendak tidur, Allah membangunkannya malam itu kapan saja ia menghendaki.

  3. Jika dibaca pada hari Jumat, diberi cahaya.
    HR Nasa’i, Baihaqi (3/249), dan Al-Hakim (2/368):

    Rasulullah SAW bersabda: Siapa yang membaca Surat Al-Kahfi pada hari Jum’at, maka ia akan diberi cahaya yang dapat meneranginya di antara kedua Jum’at.

    Ibnul Hajar mengomentari Hadits di atas dalam Takhrij al-Adzkar sebagai hadits hasan, dan menyatakan bahwa hadits tersebut merupakan hadits paling kuat mengenai surat Al-Kahfi. Sementara Syaikh Al-Albani menshahihkannya dalam Shahih al-Jami’, no. 6470.

  4. Bila dibaca pada hari Jumat, diberikan penerangan di hari kiamat dan diampuni dosa-dosa diantara dua Jumat.
    HR Ibnu Mardawaih:

    Rasulullah SAW bersabda: Siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum’at, maka cahaya akan memancar dari bawah kakinya hingga menjulang ke atas langit, dan akan meneranginya pada hari kiamat, serta diampuni dosa-dosa yang dia lakukan di antara dua Jum’at.

Baca juga: Kelebihan Membaca Surat Al-Kahfi Pada Hari Jum’at.

Dalam kandungan isi Surat Al Kahfi menceritakan 3 kisah, antara lain:

  • Kisah Ashabul Kahfi.

Dalam kisah Ashabul kahfi diceritakan segolongan pemuda beriman yang hidup pada masa pemerintahan Raja Diqyanus di Romawi. Raja Diqyanus merupakan seorang raja yang dzalim penyembah berhala. Para pemuda tersebut melarikan diri ke dalam bersama seekor anjing dan ditidurkan oleh Allah SWT selama 309 tahun dan dibangunkan kembali pada masa kerajaan Abdurrahman, seorang raja yang adil.

  • Kisah pertemuan Nabi Musa as dan Nabi Khaidir as.
  • Kisah Dzulkarnain.

Demikianlah Keutamaan, Manfaat, Makna, dan Fadilah Surat Al-Kahfi, semoga bermanfaat.

Tentang Penulis: Summase Sanjaya

Founder of Media Monitoring Club - Aktif mendengarkan siaran SW dari tahun 1996 hingga 2006. Pernah menjadi Program monitor Radio Jepang NHK World dari tahun 2001-2010, Technical Monitor KBS World Radio, Technical Monitor Radio Taiwan International, dan Technical Monitor Radio Deutsche Welle. Kini sedang menjadi blogger aktif untuk beberapa blog, termasuk blog Media Monitoring Club Ini.