by

Simak Pernikahan Hantu Di Tiongkok

Pernikahan Hantu merupakan tradisi unik dari China yang telah dilakukan hingga sekitar 3000 tahun. Pernikahan dilakukan dengan tujuan agar arwah yang telah meninggal tidak lajang di alam baka. Selain itu, tradisi di China mengatakan bahwa orang yang meninggal sebelum sempat dinikahkan akan membawa malu bagi keluarga yang ditinggalkan. Dan juga menurut rumor yang ada di China, orang yang meninggal sebelum menikah akan menjadi arwah yang tidak tenang.

Dahulu, pernikahan ini dilaksanakan oleh orang yang masih hidup untuk menikahkan dua orang yang sudah meninggal. Namun akhir–akhir ini, ritual ini dilakukan untuk menikahkan orang yang masih hidup dengan orang yang sudah meninggal.

Pernikahan Hantu Di Tiongkok
Pernikahan Hantu Di Tiongkok (Ilustrasi/pixabay)

Pernikahan hantu dilakukan layaknya pernikahan biasa. Namun, karena salah satu atau kedua belah pihak sudah tidak ada, maka kehadiran mereka dapat digantikan dengan patung atau boneka yang terbuat dari kertas, bambu, atau kain.

Untuk pernikahan yang mempelainya terbuat dari kertas, patung atau bonekanya tersusun dari bambu. Kemudian, mempelai tersebut didampingi oleh pelayan yang juga terbuat dari kertas. Dan juga perabot–perabot yang akan mereka gunakan dalam rumah seperti lemari, 6 meja dan kursi, uang palsu, dan pakaian yang semuanya terbuat dari kertas. Semua yang berbahan kertas tadi akan dibakar setelah upacara pernikahan selesai dilaksanakan. Gunanya untuk mengirim perabotan tadi ke dunia roh.

Pengantin yang melaksanakan pernikahan hantu ini juga didandani layaknya pengantin sungguhan. Pengantin wanitanya diberikan perhiasan yang bukan dari emas asli. Sedangkan pengantin prianya memakai jas hitam, bukannya jas putih biasanya.

Mereka juga diperlakukan layaknya orang yang masih hidup. Kedua pengantin dijemput dan diantarkan dari taksi. Demikian pula ketika memberitahukan kedatangan mempelai wanita yang tiba di rumah mempelai pria. Ini terjadi sampai acara makan malam hingga acara berakhir. Setelah itu, boneka mempelai dibakar.

Upacara pernikahan ini dilaksanakan ketika akan dilaksanakan upacara pemakaman pengantinnya. Kedua pengantin tersebut kemudian dikuburkan dalam kuburan yang sama. Meskipun  dalam dunia nyata mereka tidak saling kenal, namun di dunia roh mereka akan bahagia karena tak lagi kesepian.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three × two =