by

Siapakah Novela Nawipa?

Sidang lanjutan perselisihan hasil pemilihan umum presiden dan wakil presiden di Mahkamah Konsitusi berubah dari tegang menjadi penuh gelak tawa akibat kesaksian salah satu saksi Prabowo-Hatta.

Novela Nawipa adalah nama saksi Prabowo-Hatta yang menghebohkan sidang MK kemarin, Selasa (12/8/2014). Jawabannya yang spontan dan bernada unik, membuat seisi ruangan sidang dipenuhi tawa.

Namun, ternyata Novela merupakan calon legislatif dari Partai Gerindra untuk DPRD Dapil 1 Kabupaten Paniai pada Pileg lalu. Ia terdaftar di dalam pusat data Komisi Pemilihan Umum (www.kpu.go.id).

Selain itu Novela ternyata juga menjabat sebagai ketua Dewan Perwakilan Cabang Gerindra Kabupaten Paniai. Namun pada saat Pilpres menjadi di Paniai Timur untuk calon nomor urut 1, Prabowo-Hatta.

Perempuan kelahiran Wamena 14 September 1984 ini juga menekuni bisnis rumah, tanah dan emas sejak 2009. Ia juga memiliki gelar sarjana dari Program Studi Ilmu Pemerintahan Universitas Sains dan Teknologi Jayapura.

Kesaksian Novela saat ditanya hakim-hakim MK memang sangat menarik perhatian. Masyarakat juga banyak mengomentari kesaksian Novela di media sosial.

Salah satu hal yang paling membuat tawa terpecah adalah saat Hakim Arif Hidayat menanyakan mengenai jarak antara kampung Novela dengan Distrik.

Semula Novela menjawab jaraknya 300 kilometer. Menyadari ucapannya salah, Novela kemudian meralatnya. “Maaf Pak, saya manusia bukan Tuhan, ada salah maksud saya 300 meter,” kata Novela.

Hakim Arif lantas bertanya, dengan jarak yang tidak terlalu jauh apakah saksi melihat aktivitas pemilu di distrik tersebut. Novela menolak menjawab pertanyaan tersebut. “Saya tidak mau bicara itu. Saya mau bicara di kampung saya saja,” ujar Novela.

Hakim Arif membalas jawaban tersebut, “Saya kacau ini kalau begini,” ujar Arief. Mendengar celetukan seperti itu, Novela membalas. “Bapak kacau, saya lebih kacau Pak,” ujar Novela (MetroTV)

Novela Nawipa Gadis Lugu dari Gunung

Pernyataan para saksi kubu Prabowo Hatta di sidang Mahkamah Konstitusi, Selasa (12/8/2014) menyulut kicauan di jejaring media sosial twitter serta beragam komentar di Facebook. Di deretan trending topic twitter, terdapat dua kata kunci yang terkait dengan para saksi dari Papua dan Papua Barat yakni #Papua dan #NovelaBohong.

Sebagian mengkritik kesaksian Novela Nawipa, namun ada pula yang bersimpati. Akun milik aktivis Fadjroel Rachman lewat akun @fadjroeL seolah bertanya menjawab kicauan netizen. “O ya? RT @henry_5iahaan: heboh berita di TV O*E si gadis lugu dr gunung, eh taunya Ketua DPC Gerindra Paniai, Papua,” tulis akun @fadjroeL. (TribunNews.com)

Prabowo puji kesaksian Novela Nawipa di sidang MK

Kesaksian Novela Nawipa dalam sidang perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) di Mahkamah Konstitusi ( MK ) memberi warna berbeda. Saksi asal Papua itu berani berbicara lantang dan tidak segan-segan memarahi hakim MK .

Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Prabowo Subianto memuji keberanian Novela berbicara dengan tegas di hadapan 9 hakim. Prabowo menilai Novela hanya ingin berbicara sesuai fakta yang diketahuinya.

“Saya salut akan sikap saudari Novela Nawipa, saudara Elvincent Dokomo, saudara Satoni dan semua individu-individu yang telah memberikan kesaksian dengan berani, jujur, tanpa pamrih dalam membela keadilan dan kebenaran di Mahkamah Konstitusi,” kata Prabowo di facebooknya, Rabu (13/8).

Dalam akunnya, Prabowo juga memajang penyataan Novela yang diunggah ke twitter. Prabowo pun mengajak siapa saja yang melihat untuk mengapresiasi sikap Novela tersebut. “Mari kita acungkan jempol kita di Facebook ini untuk mereka,” kata Prabowo. (merdeka.com)

Informasi ini masuk dalam bahasan:

- sepak terjang novela nawipa

Tentang Penulis: Summase Sanjaya

Founder of Media Monitoring Club - Aktif mendengarkan siaran SW dari tahun 1996 hingga 2006. Pernah menjadi Program monitor Radio Jepang NHK World dari tahun 2001-2010, Technical Monitor KBS World Radio, Technical Monitor Radio Taiwan International, dan Technical Monitor Radio Deutsche Welle. Kini sedang menjadi blogger aktif untuk beberapa blog, termasuk blog Media Monitoring Club Ini.
Sampaikanlah walaupun SATU AYAT! Anda bisa mengirimkan informasi bermanfaat kepada para pembaca kami melalui email atau Whatsapp ke 081355077575

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fourteen − 10 =