by

Sepak Terjal Atlet Pemanah Indonesia Penakluk Pemanah No.1 Dunia

Baru-baru ini dunia dikejutkan oleh ketangkasan atlet pemanah Indonesia dalam laga Olimpiade Rio de Janeiro di Sambadrome Marques de Sapucai, Senin 8 Agustus 2016. Pasalnya atlet bernama Riau Ega Agatha ini mampu menaklukkan juara favorit asal Korea Selatan, Kim Woo-Jin. Dengan mengalahkan sang juara favorit, Ega dapat melangkah ke babak 16 besar recurve individu putra dalam ajang Olimpiade Rio de Janeiro 2016.

Rasa senang yang tak dapat lagi disembunyikan oleh pria kelahiran Blitar, 25 November 1991 ini. Ega sempat merasa minder ketika akan menghadapi lawan-lawan tangguhnya pada pertandingan babak 32 besar. Walaupun sempat minder pada saat menghadapi lawannya, Ega tetap berjuang untuk mengalahkan lawannya hingga bisa menang dengan skor 6-2 atas atlet peraih medali emas favorit, Kim Woo-Jin.

Riau Ega Agatha
Riau Ega Agatha (Gambar: worldarchery.org)

Kegalauan Ega Sebelum Bertanding

Sebelum bertanding dengan lawan terkuatnya itu, Ega sempat tak bisa tidur memikirkan strategi bagaimana ia harus bisa mengalahkan sang juara favorit dunia. Namun, mau tak mau ujian berat ini harus dihadapi oleh Ega demi memperjuangkan Tanah Air di ajang bergengsi dunia.

Saat latihan pun tangan Ega sempat merasa kedinginan karena nervous yang dipikirkannya. Setelah berjuang melawan rasa takutnya, Ega berhasil berjuang melatih kemampuannya dalam menaklukkan lawan beratnya. Ketika rasa takut menyelimutinya hingga membekukan kekuatan yang berada pada tangannya, Ega langsung memukul-mukul tangannya sendiri agar rasa takut yang dialaminya hilang dari pikirannya. Walhasil, perjuangan Ega sejauh laga Olimpiade ini tidak sia-sia. Juara favorit dunia asal Korea Selatan Kim Woo-Jin berhasil ditaklukkannya.

Seorang Ega Sebelum Olimpiade Rio de Jenaeiro 2016

Bagi seorang atlet yang bermain di laga pertandingan Olimpiade Rio de Janaeiro, perjuangan untuk bisa berlaga di Olimpiade bergengsi ini merupakan perjuangan bahkan prestasi dalam hidupnya. Sebelum bertanding di Olimpiade Rio de Janaeiro 2016, Ega pernah mengikuti beberapa kejuaraan bergengsi di nasional hingga mancanegara. Beberapa kejuaraan yang pernah diikuti Ega, yaitu:

  • Kejurda Jatim (saat SMP), dengan membawa 4 medali emas.
  • Kejuaraan internasional (2006).
  • Kejuaraan Asian Youth Championship, Taiwan (2007).
  • Kejuaraan Asian Gran Prix, Filiphina (2008), dengan meraih peringkat ketiga.
  • Kejuaraan Panahan Dunia (2011)
  • Kejuaraan ATM Malaysia Tebuka, dengan meraih 1 emas, 3 perak, 1 perunggu.
  • Kejuaraan Panahan Dunia (2015), Kopenhagen,Denmark.
  • SEA Games (2015), berhasil meraih meraih emas di nomor recurve campuran bersama Ika Yiliana Rochmati dan meraih perak di nomor curve beregu bersama Muhammad Wijaya.
  • Piala Dunia Panahan (2015), Shanghai,China, meraih perunggu di nomor recurve individu.
  • Penghargaan SIWO Award (2016) dari Wartawan Olahraga PWI Jawa Timur atas prestasinya.
  • Olimpiade Rio de Janaerio (2016), lolos masuk ke final secondary qualification dan meraih perunggu.

Masa Kecil Ega

Olahraga panahan baru dikenalnya pada saat Ega duduk di Sekolah Dasar. Bahkan ia lebih menyukai sepak bola sebelum bergelut dengan olahraga panahan. Olahraga panahan pun dikenalnya dari teman ibunya pada saat itu. Ternyata prestasi yang Ega ciptakan cukup bisa mengarahkan pelatihnya di Blitar untuk menyerahkan Ega untuk dilatih oleh Denny Trisyanto, seorang pelatih yang membina atlet panahan di Surabaya dan Jawa Timur.

Ega mendalami olahraga panahan sejak ia duduk dibangku SMP dengan dilatih oleh Denny Trisyanto. Hingga bisa membawanya pada kejuaraan-kejuaraan nasional hingga internasional. Prestasi-prestasi yang diukirnya merupakan kerja keras giat yang dilakukan oleh Ega dan pelatihnya Denny Trisyanto. Hingga di usia yang ke-24 kini Ega mendapatkan tiket untuk berlaga di Olimpiade Rio de Janeiro 2016.

Informasi ini masuk dalam bahasan:

- atlit pemanah indonesia saat melawan malaysia

Sampaikanlah walaupun SATU AYAT! Anda bisa mengirimkan informasi bermanfaat kepada para pembaca kami melalui email atau Whatsapp ke 081355077575

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × four =