by

Sebuah Sinyal Kuat Dari Tetangga Tata Surya

Search for Extra-Terrestrial Intelligence (SETI), telah mendengarkan frekuensi emisi hidrogen di Alam Semesta sebesar 1420 MHz.

Dilansir dalam situs Popular Scince, mereka beralasan itu, karena satu kesamaan dalam Astronomi sebagai penjelasan dalam berbagi peradaban yang tidak diketahui, bahwa mereka akan mengenalinya juga. Sekarang, SETI ini mendekati angka pada blip baru di radar.

Sinyal Kuat Dari Tetangga Tata Surya
Sinyal Kuat Dari Tetangga Tata Surya (Ilustrasi/pixabay)

Apakah seseorang mencoba untuk telepon rumah? Para astronom di institut SETI telah mendeteksi “sinyal kuat” ke arah HD164595, merupakan bintang dengan jarak 95 tahun cahaya dari Bumi. Hal ini diamati oleh teleskop radio RATAN-600 di Zelenchukskaya, di selatan Rusia.

“Jika sinyal tidak datang sengaja dari penyiaran suara ke segala arah, seperti SETI yang berteori, maka diperlukan teknologi sebuah peradaban maju, yang mampu mengkonversi energi dari bintang terdekat ke tenaga dan komunikasi,” ujar Paul Gilster di blog-nya, Centauri Mimpi.

Ada beberapa teori tentang, mengapa sebuah peradaban akan mengirimkan semacam sinyal ini, termasuk gaya tag grafiti pesan “Kami berada di sini”?
Nick Suntzeff, seorang astronom Texas A & M University, mengatakan, kepada Ars Technica, itu tidak akan mengejutkan jika kita hanya mendengarkan diri kita sendiri, sebagai sinyal yang diamati pada bagian dari spektrum radio yang digunakan oleh militer, untuk komunikasi antara stasiun tanah dan satelit.

Sebuah pertemuan komite SETI, akan membahas temuan ini pada 27 September 2016, dalam 67th International Astronautical Congress in Guadalajara, di  Meksiko.

“Kita tidak bisa mengklaim pendeteksian peradaban luar bumi dari pengamatan ini. Apa yang bisa kami katakan, adalah bahwa sinyal menarik dan manfaat untuk pemeriksaan lebih lanjut.”, ujar Gilster dalam laporan tulisannya.

Tentang Penulis: Alan Saumulandi Rosan

Tim Blogger Media Monitoring Club, Founder & First Leader in Rancah Astronomy Club (RAC) - Ciamis - Jawa Barat
Sampaikanlah walaupun SATU AYAT! Anda bisa mengirimkan informasi bermanfaat kepada para pembaca kami melalui email atau Whatsapp ke 081355077575

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

15 + seven =