Sampah…! Sampah…! Sampah…!

Bila menyaksikan televisi, kita dapat melihat negara tetangga begitu bersih, indah, dan nyaman dipandang mata.

Semua dari kita pasti menginginkan keadaan seperti itu. Tetapi bila kita melewati beberapa sudut kota dapat dijumpai pemandangan yang menyedihkan, hampir terlihat sampah yang bertebaran tidak pada tempatnya. Beberapa pemerintahan kota pun disibukkan oleh masalah sampah ini. Pada saat musim hujan, sampah ini pun yang menjadi faktor penyebab banjir. Mengapa sampah begitu mudah ada di mana-mana, padahal kita semua tidak menyukainya. Hampir kalau ditanya senua orang pasti ingin lingkungan bersih dari sampah ini. sampah ini sudah begitu banyak menimbulkan masalah mulai dari banjir, bau yang tidak sedap sampai berdampak pada masalah kesehatan.

Buanglah sampah pada tempatnya
Buanglah sampah pada tempatnya (Ilustrasi/pixabay)

Sampah…! Sampah…! Sampah…! Ya ini masalah yang kelihatannya sepele, tetapi berdampak masalah yang serius. Saya kadang bertanya dalam hati, mengapa benda ini yang kita sebut sampah bisa berkeliaran tidak pada tempatnya. Apa penyebab masalah ini bisa terjadi? Itu yang terkadang terbesit di benak saya. Hampir waktu berlalu, tetapi masalah sampah ini terus menemani dalam kehidupan kita. Saya mencoba mencari jawaban dari pertanyaan ini. Mungkin ini pemikiran kecil, tetapi mungkin dapat meringankan masalah ini walaupun tidak mudah.

Ketika saya melakukan aktivitas seperti orang-orang kebanyakan dapat dijumpai beberapa perilaku dari masyarakat kita yang bermasalah. Misalkan saja merokok sambil berkendara lalu puntungnya dibuang ke jalan begitu saja. Bungkus-bungkus makanan dan minuman pun dengan mudah dibuang ke jalanan oleh pengendara motor maupun mobil. Hampir kebiasaan ini bisa kita lihat sehari-hari. Kebiasaan ini spontan dilakukan tanpa dia sadari.

Moral perilaku kebersihan sebaiknya ditanamkan sejak dini. Anak-anak ini kita tanamkan budaya bersih. Umumnya anak-anak mudah membuang sampah. Sebaiknya kita selalu mengingatkan bahwa perbuatan ini tidak baik. Kita ajarkan untuk buang sampah di tempatnya yaitu di tempat-tempat sampah yang disediakan, tidak dibuang sembarangan di jalan. Jangan bosan untuk selalu mengingatkan mereka hidup bersih, sehingga budaya bersih terpola dalam benak pikiran mereka. Kelak ketika dewasa mereka sudah tertanam nilai-nilai budaya kebersihan bila tidak kita tanamkan budaya bersih sejak dini, akhirnya mereka terbiasa dengan kebiasaan kotor ketika dewasa. Kita yang dewaaa harus memberi contoh kebiasaan bersih karena anak-anak mudah meniru apa yang kita lakukan. Lakukan budaya kebersihan ini secara berkesinambungan. Harapan kita kelak negara ini begitu nyaman, indah dan bersih yang didukung masyarakatnya yang memiliki budaya bersih, bila tidak, apa rela negara kita dikepung sampah?”

Informasi ini masuk dalam bahasan:

- Azhar Bashartono VII - buanglah sampah pada tempatnya dalam bahasa arab - bahasa arabnya buanglah sampah pada tempatnya!
Gravatar Image
Gravatar Image

Latest posts by Azhar Bashartono VII (see all)

Artikel Terkait dan Link Sponsor

Sampah…! Sampah…! Sampah…! Post in | Last updated: October 16th, 2015 - 32 views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five + 6 =