by

Sampah…! Sampah…! Sampah…!

5/5 (1)

Buanglah sampah pada tempatnya – Bila menyaksikan televisi, kita dapat melihat negara tetangga begitu bersih, indah, dan nyaman dipandang mata.

Semua dari kita pasti menginginkan keadaan seperti itu. Tetapi bila kita melewati beberapa sudut kota dapat dijumpai pemandangan yang menyedihkan, hampir terlihat sampah yang bertebaran tidak pada tempatnya. Beberapa pemerintahan kota pun disibukkan oleh masalah sampah ini.

Pada saat musim hujan, sampah ini pun yang menjadi faktor penyebab banjir. Mengapa sampah begitu mudah ada di mana-mana, padahal kita semua tidak menyukainya. Hampir kalau ditanya senua orang pasti ingin lingkungan bersih dari sampah ini. sampah ini sudah begitu banyak menimbulkan masalah mulai dari banjir, bau yang tidak sedap sampai berdampak pada masalah kesehatan.

Sampah…! Sampah…! Sampah…! Ya ini masalah yang kelihatannya sepele, tetapi berdampak masalah yang serius. Saya kadang bertanya dalam hati, mengapa benda ini yang kita sebut sampah bisa berkeliaran tidak pada tempatnya. Apa penyebab masalah ini bisa terjadi? Itu yang terkadang terbesit di benak saya.

Hampir waktu berlalu, tetapi masalah sampah ini terus menemani dalam kehidupan kita. Saya mencoba mencari jawaban dari pertanyaan ini. Mungkin ini pemikiran kecil, tetapi mungkin dapat meringankan masalah ini walaupun tidak mudah.

Ketika saya melakukan aktivitas seperti orang-orang kebanyakan dapat dijumpai beberapa perilaku dari masyarakat kita yang bermasalah.

Misalkan saja mero**kok sambil berkendara lalu puntungnya dibuang ke jalan begitu saja. Bungkus-bungkus makanan dan minuman pun dengan mudah dibuang ke jalanan oleh pengendara motor maupun mobil. Hampir kebiasaan ini bisa kita lihat sehari-hari. Kebiasaan ini spontan dilakukan tanpa dia sadari.

Buanglah sampah pada tempatnya ditanamkan mulai dari sejak dini.

Moral perilaku kebersihan sebaiknya ditanamkan sejak dini. Anak-anak ini kita tanamkan budaya bersih. Umumnya anak-anak mudah membuang sampah. Sebaiknya kita selalu mengingatkan bahwa perbuatan ini tidak baik. Kita ajarkan untuk buang sampah di tempatnya yaitu di tempat-tempat sampah yang disediakan, tidak dibuang sembarangan di jalan.

Jangan bosan untuk selalu mengingatkan mereka hidup bersih, sehingga budaya bersih terpola dalam benak pikiran mereka. Kelak ketika dewasa mereka sudah tertanam nilai-nilai budaya kebersihan bila tidak kita tanamkan budaya bersih sejak dini, akhirnya mereka terbiasa dengan kebiasaan kotor ketika dewasa. Kita yang dewaaa harus memberi contoh kebiasaan bersih karena anak-anak mudah meniru apa yang kita lakukan.

Lakukan budaya kebersihan ini secara berkesinambungan. Harapan kita kelak negara ini begitu nyaman, indah dan bersih yang didukung masyarakatnya yang memiliki budaya bersih, bila tidak, apa rela negara kita dikepung sampah?”


Pentingnya lingkungan yang baik dan bersih tidak dapat dijelaskan panjang lebar. Menurut para ilmuwan, faktor yang paling mempengaruhi pertumbuhan individu ialah faktor lingkungan.

Setiap rumah tangga menghasilkan sampah atau limbah, yang sebenarnya tidak boleh dibuang sembarangan, tetapi hanya di tempat sampah.

Di Makassar sendiri, masih biasa kita jumpai sampah di sudut-sudut lorong di luar jam pembuangan sampah. Padahal sudah ditulis di dinding lorong, jam pembuangan sampah antara pukul 18.00 – 20.00 WITA. Lebih buruk lagi, beberapa warga membuang tanpa wadah atau kantong plastik, sehingga isinya berserakan di jalan.

Membuang sampah di sembarang tempat tidak hanya akan mengotori atau mencemari lingkungan kita dan membuatnya sangat tidak higienis, tetapi juga menyebabkan bau tidak sedap dan mendorong perkembangbiakan kutu, kecoak, lalat dan serangga lainnya. Sehingga muncullah berbagai penyakit yang disebabkan oleh pemeliharaan kondisi higienis yang buruk.

Efek membuang sampah sembarangan.

Buanglah sampah pada tempatnya

Ada efek membuang sampah sembarangan yang berbahaya. Beberapa efeknya ialah:

  • Menyebabkan polusi tanah, yang mempengaruhi kesehatan manusia dan menyebabkan penyakit yang serius. Seperti beberapa jenis kanker.
  • Bahan beracun yang mencemari tanah masuk ke dalam tubuh manusia secara langsung dengan menghirup debu yang tercemar dan juga dengan memakan buah-buahan dan sayuran yang telah tumbuh di tanah yang tercemar.

Cara mengatasi dampak membuang sampah sembarangan

Anda dapat menghindari efek serius dari membuang sampah sembarangan dengan membuangnya di tempat pembuangan sampah. Di sebuah rumah, sebagian besar sampah keluar dari dapur. Jadi, untuk dapur, Anda dapat menggunakan pembuangan sampah yang menghemat waktu Anda untuk membersihkan dapur selama dan setelah memasak. Ini merupakan cara terbaik untuk menjaga dapur dan sekitarnya tetap bersih.

Jangan lupa buanglah sampah pada tempatnya ya.

Sampaikanlah walaupun SATU AYAT! Anda bisa mengirimkan informasi bermanfaat kepada para pembaca kami melalui email atau Whatsapp ke 081355077575