by

Sabda Rasullah tentang Hati dan Cara Menjaganya

Sabda Rasulullah tentang hati sangat banyak. Hal ini menandakan bahwa hati merupakan hal yang terpenting bukan hanya bagi tubuh tapi juga kehidupan, baik bermasyarakat maupun beragama. Berikut ini beberapa hal terkait hati sekaligus hadist Rasulullah yang mendukungnya.

Apakah Hati Itu?

Menurut Rasulullah, hati adalah segumpal daging yang ada di dalam tubuh manusia dan menjadi penentu perilaku manusia tersebut. Hal ini sesuai dengan hadist Rasulullah yang diriwayatkan Bukhari No. 52 dan Muslim No. 1599. Dalam hadits tersebut, Rasulullah mengatakan bahwa di dalam setiap jasad terdapat segumpal daging. Saat daging tersebut baik, maka baik pula seluruh jasad tersebut. Sebaliknya, jika daging tersebut rusak, rusak pula seluruh jasadnya. Dan, ketahuilah bahwa segumpal daging tersebut adalah hati. Dalam dunia medis, hati juga sering disebut sebagai jantung.

Sementara itu, menurut bahasa Arab, hati adalah qalbu yang menunjukkan dua hal. Pertama, hati adalah bagian paling murni dari sesuatu. Kedua, hati adalah sesuatu yang dapat membolak-balikkan sesuatu. Tak heran jika Rasullah menyebut bahwa hati merupakan bagian tubuh manusia yang mudah terkena fitnah dan syahwat. Hati juga mudah terbolak-balik tergantung dari suasana yang terjadi saat itu.

Dalam hadits lain riwayat Muslim no. 2654, Rasulullah juga bersabda bahwa hati manusia itu ibarat berada di antara dua jari dari sekian jari milik Allah. Ini artinya, Allah akan dengan mudah membolak-balikkan atau memalingkan hati ini dengan menggunakan jari-jari tersebut. Oeh karena itu, Rasulullah mengajarkan kita untuk selalu berdoa agar hati kita dipalingkan kepada ketaatan beribadah kepada-Nya.

Penyakit-Penyakit Hati

Selain penyakit medis, ternyata hati juga riskan terkena penyakit lain yang lebih susah penanganannya. Penyakit hati lainnya itu antara lain sombong, bohong, dan ujub (suka pamer). Jika ketiga penyakit tersebut sudah menjangkiti seseorang, maka ia akan sulit menerima kebenaran dari Allah dan Rasul-Nya hingga akhirnya mati dalam kondisi kafir.

Baca juga: 10 Penyakit Hati Yang Harus Dihindari.

Cara Mengatasi Hati dari Berbagai Penyakit

Mengatasi penyakit hati tidaklah mudah. Bahkan, dunia medis belum tentu bisa mengobatinya. Nah, Rasulullah sendiri memberikan beberapa kiat agar hati kita tidak mudah terkena penyakit. Berikut ini beberapa di antaranya:

  1. Tidak bergantung pada selain Allah. Hanya rasa ketakwaan yang tinggi yang bisa mengatasi penyakit hati.
  2. Memperbanyak istighfar, mohon ampunan kepada Allah atas semua dosa yang pernah dilakukan selama ini. Semakin banyak beristighfar, semakin bersih hati kita dari segala penyakit.
  3. Memperbanyak membaca al-Qur’an. Sebab, kitab ini tidak hanya membuat kita memahami tentang segala pelajaran, namun juga semakin dekat kepada Allah. Jika sudah dekat dengan-Nya, apa pun yang kita minta akan dikabulkan, termasuk dibebaskan dari segala penyakit hati.
  4. Memperbanyak dzikir dan mengingat Allah. Tanamkan dalam hati bahwa kita tidak lepas dari pengawasan Allah, sehingga kita tetap bisa mengontrol hati agar tidak terserang penyakit.
  5. Membiasakan diri untuk ikut berbahagia dengan kebahagiaan orang lain. Jangan biarkan rasa iri dan dengki merasuk di dalam hati.
  6. Jadikan kritikan yang masuk sebagai hal yang dapat membangun jiwa. Lepaskan segala prasangka buruk kepada orang lain.
  7. Jangan menyesali segala sesuatu yang sudah terjadi secara berlarut-larut. Jadikan itu sebagai semangat untuk memperbaiki diri.
  8. Membiasakan diri untuk berbagi kepada orang lain.
  9. Sering mengingat kematian dan kunjungi takziah. Dengan begitu, Anda akan selalu berusaha menjadi orang yang lebih baik lagi karena merasa ajal sudah dekat.

Tentang Penulis: Summase Sanjaya

Founder of Media Monitoring Club - Aktif mendengarkan siaran SW dari tahun 1996 hingga 2006. Pernah menjadi Program monitor Radio Jepang NHK World dari tahun 2001-2010, Technical Monitor KBS World Radio, Technical Monitor Radio Taiwan International, dan Technical Monitor Radio Deutsche Welle. Kini sedang menjadi blogger aktif untuk beberapa blog, termasuk blog Media Monitoring Club Ini.
Sampaikanlah walaupun SATU AYAT! Anda bisa mengirimkan informasi bermanfaat kepada para pembaca kami melalui email atau Whatsapp ke 081355077575

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

11 + 11 =