by

RTISI: Melantunkan Bait-Bait Cinta – Bersamamu Mendengar Syahdu Alam

RTISI: Melantunkan Bait-Bait Cinta - Bersamamu Mendengar Syahdu Alam 1RTI Mengajak Anda bercerita untuk teman-teman disabilitas.

Kegiatan
Suaramu adalah sepasang mata bagi para tuna netra, bergabunglah dalam kegiatan “Melantunkan Bait-Bait Cinta – Bersamamu Mendengar Syahdu Alam” yang diselenggarakan oleh Radio Taiwan International, mulai hari ini, anda dapat memilih kisah atau cerita pendek dengan durasi tidak melebihi 10 menit dan merekamnya dalam bahasa Indonesia, rekaman dapat anda simpan dalam bentuk data MP3 lalu dikirimkan melalui email ke readforlove@rti.org.tw, cerita anda akan dimasukan dalam data “Melantunkan Bait-bait Cinta – Bersamamu Mendengar Syahdu Alam” dan mulai bulan Mei tahun ini, mereka yang mengalami kesulitan membaca di seluruh dunia dapat mendengarnya secara gratis melalui internet.

 

Biodata
(copy dan lengkapi data-data yang tertulis dibawah ini, kirimkan bersama hasil karya anda.

Nama:
Jenis Kelamin :
Kewarganegaraan :
Judul Buku :
Penerbit Buku :
Penulis Buku :
Penerjemah Buku :
Nama Data : .mp3
Durasi : menit detik
Ringkasan Cerita (maksimum 100 kata)

Jika tidak dapat mengirimnya melalui email, anda dapat merekam suara anda ke dalam CD dan mengirimnya ke alamat No.55, BeiAn Road, CungShan District, Taipei City – 104, ditujukan ke Penyelenggara “Melantunkan Bait-bait Cinta – Bersamamu Mendengar Syahdu Alam” RTI, tuliskan nama dan alamat pengirim diatas amplop surat.

Yang harus direkam
Rekaman harus dimulai terlebih dulu dengan membaca kalimat-kalimat di bawah ini :

Sekarang buku yang akan saya bacakan berjudul_________ , ditulis oleh _________ (jika buku yang anda bacakan adalah buku terjemahan, silahkan perkenalkan juga penterjemahnya) yang diterbitan oleh _________ tanggal terbit _____(tanggal)______(Bulan)_____(Tahun). Rekaman ini adalah hasil produksi Radio Taiwan Internasional ini yang dipersembahkan secara gratis bagi mereka yang mengalami kesulitan dalam membaca dan tidak digunakan untuk kepentingan komersial dalam bentuk apapun, selanjutnya cerita ini dibacakan oleh _________ (perkenalkan diri anda secara singkat), yang direkam pada tanggal_________ tahun _________ bulan _________, selanjutnya mari kita ikuti bersama.

Sebelum mengakhiri rekaman, dipersilahkan untuk kalimat berikut ini :

Pembacaan cerita telah selesai, ________ (pembaca cerita) berharap di lain kesempatan dapat memberikan pelayanan bagi anda, sampai jumpa.

Untuk memudahkan pemasukan data suara dan melindungi hak cipta, isi data dengan lengkap dan jelas, dengan menuliskan tema surat Melantunkan Bait-bait Cinta, jika ada kekurangan data, panitia berhak tidak mengikutsertakan hasil rekaman anda, untuk itu jangan sampai hasil karya cinta anda sia-sia!

Tips untuk mendapatkan hasil rekaman yang baik

  1. Membaca teks : Berlatih berkali-kali sebelum merekam termasuk pelafalan serta penekanan huruf teks yang sudah disiapkan.
  2.  Tempat : Pilih tempat yang tenang dan tidak terganggu, jangan memilih tempat yang terlalu bising maupun terlalu besar (seperti ruang tamu, kelas) guna menghindari munculnya gema suara.
  3. Volume suara : Tanpa harus menggunakan terlalu banyak tenaga, suara anda tetap terdengar dengan jelas. Gunakan nada sedikit tinggi dan jeda pada saat membaca tema sehingga mudah untuk membedakan setiap paragraf. Jangan sengaja mempercepat atau memperlambat nada bicara namun boleh disesuaikan dengan makna dari kalimat. Contohnya, untuk situasi yang penuh perasaan dapat diungkapkan dengan nada sedikit lambat begitu pula sebaliknya untuk menunjukan situasi yang bergebu-gebu dapat lebih cepat sedikit.
  4. Jangan menggunakan lagu untuk latar belakang.

Hal-hal yang harus diperhatikan

  1. Peserta menyetujui tanpa bersyarat memberikan kuasa sepenuhnya kepada penyelenggara pelaksana untuk menggunakan tanpa batas termasuk memperbanyak, menyiarkan dan mengirimkan sebagai hadiah kepada orang-orang yang mengalami kesulitan membaca.
  2. Merujuk kepada peraturan hak patent, seluruh hasil karya yang dikumpulkan hanya boleh digunakan untuk orang-orang yang mengalami kesulitan membaca dan tuna netra serta tidak digunakan untuk kepentingan komersil, sehingga anda boleh menggunakan buku yang ada sebagai bahan membaca.
  3. Peserta yang ikut harus meninggalkan alamat yang bisa dihubungi, data pribadi yang telah diberikan akan dilindungi dan disimpan baik sesuai dengan peraturan perlindungan data pribadi.
  4. Peserta menyetujui pihak penyelenggara menggunakan data pribadinya untuk dijadikan sebagai informasi kontak dan hal yang berhubungan dengan kegiatan terkait.
  5. Apabila hasil rekaman hilang atau rusak dalam proses pengiriman, pihak peserta setuju bahwa penyelenggara tidak perlu bertanggung jawab atas kehilangan dan pengembalian.
  6. Perihal isi kegiatan ini berdasarkan situs penyelenggara, apabila ada penyusuaian maka pihak penyelenggara berhak sepenuhnya menentukan secara sepihak untuk membatalkan, merubah, menghentikan, menjelaskan dan menghentikan sementara serta berhak memberikan penjelasan akhir terkait kegiatan ini. Penyelenggara berhak melakukan penambahan, perubahan dan penjelasan peraturan kegiatan. Apabila ada perubahan terkait kegiatan ini akan diumumkan melalui situs.

Cinderamata

  • Sebagai tanda terima kasih atas keikutsertaan anda, maka kepada 50 pengirim pertama akan diberikan CD.
  • Galeri Pemandangan Gunung “Yushan Taiwan” hasil produksi RTI bekerjasama dengan Kantor Taman Nasional YuShan.  (Versi 13 macam bahasa)

 

Informasi ini masuk dalam bahasan:

- Bait cinta yang sahdu

Tentang Penulis: Summase Sanjaya

Founder of Media Monitoring Club - Aktif mendengarkan siaran SW dari tahun 1996 hingga 2006. Pernah menjadi Program monitor Radio Jepang NHK World dari tahun 2001-2010, Technical Monitor KBS World Radio, Technical Monitor Radio Taiwan International, dan Technical Monitor Radio Deutsche Welle. Kini sedang menjadi blogger aktif untuk beberapa blog, termasuk blog Media Monitoring Club Ini.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 × 3 =