by

Republika Raih Gold Asia Media Award 2009

Republika, koran komunitas Muslim Indonesia, menerima penghargaan Gold Asia Media Award 2009 untuk kategori Best Design front page (desain terbaik halaman muka). Penghargaan tersebut diberikan pada akhir pekan lalu, bersamaan dengan Publish Asia dan IFRA Expo India 2009, 23-25 September 2009, di Chennai, India, yang digelar Asosiasi Surat Kabar dan Penerbit Berita Dunia (WAN-IFRA).

”Saya mewakili Republika , sangat bangga dengan pemberian penghargaan ini. Desain yang ditampilkan mendapat aplaus dari juri, dan ketika ditampilkan mendapat apresiasi yang tinggi dari peserta,” ujar Wakil Direktur Utama PT Republika Media Mandiri, Daniel Wewengkang, saat dihubungi, kemarin, di Chennai, India.

Bagi Republika , jelas Daniel, penghargaan ini merupakan pengakuan internasional, khususnya Asia, atas Republika . Penghargaan Desain sendiri dinilai dari konsep keseluruhan desain, orisinalitas, dan konten. Desain yang ditampilkan harus mampu menggambarkan isinya. Termasuk penggunaan tipografi, fotografi, informasi grafis, dan warna.

Secara keseluruhan terdapat 472 media yang mengikutsertakan karyanya untuk 16 kategori. Karya Republika diikutkan pada kategori desain halaman muka, dengan menampilkan halaman muka edisi 28 Januari 2008, yaitu liputan khusus wafatnya mantan presiden Soeharto. “Halaman muka itu dinilai memiliki inovasi serta kreativitas tinggi, dan dinilai menunjukkan koran ini tidak berpatokan pada desain konvensional. Ini tidak terlepas dari kerja keras tim desain Republika yang memberikan tampilan terbaik buat pembaca,” kata Daniel.

Pemimpin Redaksi Republika , Ikhwanul Kiram Mashuri, menilai, penghargaan ini merupakan hasil dari kerja keras redaksi Republika , khususnya tim desain Republika . Menurutnya, Republika tidak pernah berhenti berinovasi dalam desain atau perwajahan. ” Republika selama ini memang dikenal sebagai koran yang sangat inovatif dan itu memang benar,” katanya, di Pittsburgh, AS, mengikuti kunjungan kerja Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Dia menambahkan, yang lebih menggembirakan, inovasi desain Republika itu dilakukan tim desain internal. “Karena itu, saya mengucapkan banyak terima kasih kepada tim desain. Apa yang kami lakukan dengan perubahan dan perbaikan itu tentu untuk kepuasan pembaca. Perubahan ke arah yang lebih baik adalah ruh Republika . Ini komitmen kami kepada pembaca,” tandasnya.

Pemenang Gold WAN-IFRA Asia Media Award 2009

Kualitas Cetak
Best in Print Quality (sirkulasi < 150.000)
Mint (India).
Best in Print Quality (sirkulasi > 150.000)
Sin Chew Daily (Malaysia).

Surat Kabar
Best Design Overall: South China Morning Post (Cina).
Best Design Front page: Harian Republika (Indonesia).
Best Special Coverage: Mint (India).
Best Info graphics: Emarat Al Youm (Uni Emirat Arab).

Majalah
Best Design Overall: Imagine (Filipina).
Best Design Front page: Tak ada pemenang.
Best Special Coverage: Eastweek (Hong Kong).

Foto
Best News Photojournalism: Manoi Patil (India).
Best Features Photojournalism: Kunal Patil (India).
Best Sports Photojournalism: K.Y. Cheng (Hong Kong).

Online Media
Best Online media (surat kabar): www.omy.sg (Singapura).
Best Online media (majalah): Diva (Singapura).

Cross Media
Best Cross Media Editorial: www.omy.sg (Singapura)
Best Cross Media Advertising: Singapore Press Holdings (Sunday Times, AsiaOne, and Radio91).

(Sumber: Republika)

Tentang Penulis: Summase Sanjaya

Founder of Media Monitoring Club - Aktif mendengarkan siaran SW dari tahun 1996 hingga 2006. Pernah menjadi Program monitor Radio Jepang NHK World dari tahun 2001-2010, Technical Monitor KBS World Radio, Technical Monitor Radio Taiwan International, dan Technical Monitor Radio Deutsche Welle. Kini sedang menjadi blogger aktif untuk beberapa blog, termasuk blog Media Monitoring Club Ini.
Sampaikanlah walaupun SATU AYAT! Anda bisa mengirimkan informasi bermanfaat kepada para pembaca kami melalui email atau Whatsapp ke 081355077575

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 × 1 =