by

Radio Garuda FM Mengudara di Kongo

Kontingen Garuda (Konga) XX-G yang bertugas di Kongo, mendirikan stasiun radio mini Radio Garuda FM, untuk memberikan informasi dan hiburan bagi prajurit TNI dan masyarakat yang di Dungu-Kongo.

Perwira Penerangan Konga XX-G/Monuc, Kapten Caj Agus Hermansyah dalam e-mail-nya seperti dilansir dari Antara, di Jakarta, Rabu (4/8), mengatakan, radio yang mengudara di frekuensi 98,7 mampu mengudara hingga radius 15 kilometer di Kota Dungu-Kongo.

Radio itu, berdiri atas permintaan anggota Kontingen Garuda (Konga) XX-G yang menginginkan informasi dan hiburan yang bisa didengarkan saat bekerja diluar kamp dan juga dapat dinikmati oleh masyarakat Dungu dan masyarakat disekitarnya.

Stasiun radio kecil itu dibangun berdasar pengalaman dan bantuan serta kerjasama dari anggota Satgas Perhubungan Konga XX-G dengan salah satu anggota Tim Jihandak Konga XX-G, dimotori Sertu Mar Sutriyono dan Sertu Yudo Budi Santoso.

Berdirinya stasiun radio ini hanya bermodalkan pembuatan oscilator frekuensi FM broadcast 88 sampai 108 MHz di posisi frekuensi 87,90 Mhz berdaya 30 watt ditambah booster PRC 1077 serta Beststation Motorola GP 300.

Menurut Agus, dalam aktivitas penyiarannya, siapapun anggota Satgas Kompi Zeni TNI yang tergabung dalam Konga XX-G, yang memiliki jiwa menghibur baik sebagai penyiar maupun pelawak.

Radio Garuda FM mulai mengudara pukul 08.00 hingga pukul 23.00 waktu Kongo. Program acara yang disuguhkan, antara lain lagu-lagu berbahasa Inggris, Prancis, Latin, Arab, India dan Cina. “Para pendengar juga dapat meminta lagu favoritnya untuk diputar melalui saluran 12 radio tersebut.

Radio Garuda FM, selain untuk menghibur pendengarnya, juga memberikan informasi antara lain bidang kesehatan, keagamaan, cuaca dan informasi kegiatan untuk esok hari serta informasi tentang situasi dan kondisi kota Dungu dan sekitarnya.

Radio Garuda FM pun menjadi sarana hiburan dan informasi tidak saja bagi prajurit, masyarakat Dungu-Kongo, tetapi juga pasukan militer negara lain yang menjadi bagian misi perdamaian Perserikatan Bangsa-Bangsa di Kongo (Monuc).

sumber

Tentang Penulis: Summase Sanjaya

Founder of Media Monitoring Club - Aktif mendengarkan siaran SW dari tahun 1996 hingga 2006. Pernah menjadi Program monitor Radio Jepang NHK World dari tahun 2001-2010, Technical Monitor KBS World Radio, Technical Monitor Radio Taiwan International, dan Technical Monitor Radio Deutsche Welle. Kini sedang menjadi blogger aktif untuk beberapa blog, termasuk blog Media Monitoring Club Ini.
Sampaikanlah walaupun SATU AYAT! Anda bisa mengirimkan informasi bermanfaat kepada para pembaca kami melalui email atau Whatsapp ke 081355077575

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × one =