by

Proyek Masa Depan T-City Friedrichshafen

Proyek Masa Depan T-City Friedrichshafen 1Perusahaan Deutsche Telekom dan pemerintah kota Friedrichshafen menggagas proyek percontohan teknologi telekomunikasi dalam aplikasi sehari-sehari. Proyek masa depan bertajuk T-City ini berlangsung selama lima tahun.

Pria yang berdiri di atas timbangan tampak kagok, ketika suara elektronik memintanya untuk tidak bergerak. Setelah timbangan berhasil mengukur berat badannya, suara elektronik kembali terdengar dan meminta pasien turun dari timbangan. Konsep diagnosa rumah untuk pasien yang menderita kelainan jantung ini sangat sederhana. Pasien berdiri di atas timbangan atau mengukur tekanan darahnya. Hasilnya mereka kirim kepada dokter. Dan ini dilakukan dengan otomatis.

Hanya beberapa saat setelahnya, data-data kesehatan tersebut diterima Klinik di Friedrichshafen. Untuk mengirimkan data tersebut, pasien menggunakan internet lewat televisi dan alat penerima siaran televisi digital atau Set-Top-Box.

Ini adalah satu dari 44 proyek yang digagas pemerintah kota “T-City” Friedrichshafen dan perusahaan telekomunikasi Deutsche Telekom. Proyek percontohan “T-City” melibatkan sejumlah rumah tangga di Friedrichshafen. Untuk itu, semua komputer, juga televisi dan bahkan I-Phone yang ada dalam satu rumah dipasang dalam satu jaringan. Warga kota Friedrichshafen diundang untuk menguji teknologi telekomunikasi terbaru dalam kehidupan sehari-hari

Proyek percontohan T-City diikuti perorangan dan sejumlah perusahaan. Pemerintah kota Friedrichshafen dan perusahaan Telekom memilah-milah, proyek mana saja yang patut dilanjutkan. Proyek yang tidak berhasil menarik minat atau dinilai tidak efisien segera dihentikan.

Di antara proyek yang tetap dilanjutkan misalnya proyek layanan listrik yang disebut ‘smart grid’. Penyedia energi di Friedrichshafen memiliki jejaring pemasok listrik, mulai dari perusahaan listrik besar sampai pemilik panel surya. Jika kebutuhan listrik meningkat, maka kapasitas seluruh jaringan tersebut dimanfaatkan. Sebaliknya, jika ada kapasitas berlebih, maka energi yang ada disimpan dalam batere mobil atau sepeda motor listrik yang sedang diparkir.

Jika proyek ‘smart grid’ atau ‘jejaring pintar’ ini sukses, maka proyek kota T-City Friedrichshafen bisa dikata berhasil melakukan langkah pertama ke arah penyedia layanan listrik virtual, kata Stefan Söchtig.

(Thomas Wagner/Ziphora Robina/Hendra Pasuhuk/DW)

Tentang Penulis: Summase Sanjaya

Founder of Media Monitoring Club - Aktif mendengarkan siaran SW dari tahun 1996 hingga 2006. Pernah menjadi Program monitor Radio Jepang NHK World dari tahun 2001-2010, Technical Monitor KBS World Radio, Technical Monitor Radio Taiwan International, dan Technical Monitor Radio Deutsche Welle. Kini sedang menjadi blogger aktif untuk beberapa blog, termasuk blog Media Monitoring Club Ini.
Sampaikanlah walaupun SATU AYAT! Anda bisa mengirimkan informasi bermanfaat kepada para pembaca kami melalui email atau Whatsapp ke 081355077575

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two × five =