by

Peran pendidikan bagi kemajuan negara

Pendidikan dapat menjadi tulang punggung bagi sebuah keluarga. Dengan pendidikan, pola pikiran masyarakat menjadi cerdas dan dapat memperoleh pengetahuan yang tidak terbatas. Pendidikan melatih otak untuk dapat berpikir dan memilah-milah informasi yang diterima serta membedakan mana informasi yang penting dan mana informasi yang tidak bagi seseorang. Semua informasi yang diterima oleh masyarakat dapat memiliki pengaruh baik maupun buruk. Pendidikan berfungsi untuk dapat mengetahui dan melaksanakan serta mengolah segala informasi yang diterimanya dengan baik dan dapat digunakan untuk memberikan benefit pada masyarakat.

Peran pendidikan untuk kemajuan negara
Peran pendidikan untuk kemajuan negara (Ilustrasi/pixabay)

Pendidikan seseorang dapat membantu meningkatkan standar hidup dalam sebuah keluarga ketika orang itu mendapat pengakuan gelar dan memiliki standar pendapatan dari suatu perusahaan tempat orang itu bekerja. Pendidikan juga berperan untuk dapat memberikan sumbang pikiran bagi keperluan masyarakat umum untuk dapat berpikir dan bertingkah laku sesuai dengan apa yang dapat meningkatkan martabat dari seseorang dan membawa kebajikan bagi masyarakat umum. Pendidikan mampu identik dengan kemajuan dari sebuah negara karena tingkat pengambilan solusi dan tingkat pekerjaan yang dilakukan oleh negara maju dengan yang dinamakan transfer teknologi.

Transfer teknologi dapat berupa informasi dalam melakukan pekerjaan, umumnya yang terdapat pada area industri. Pendidikan mampu memberikan peningkatan dan perbaikan kerja dari area industri yang mensyaratkan ketertiban pekerjaan dan kualitas dalam mencapai tujuan perusahaan. Pendidikan juga mampu memotivasi pekerjaan individu untuk mencapai keinginan individu dengan menyeimbangkan antara kehidupan pribadi dan kehidupan pekerjaan. Secara tidak langsung pendidikan dapat berfungsi dan sebagai sarana untuk menyejahterakan individu dan masyarakat pada umumya.

Tidak dapat dipungkiri bahwa biaya pendidikan dirasakan cukup mahal bagi masyarakat terutama di tingkat universitas. Universitas-universitas bersaing untuk dapat memberikan pendidikan yang layak dan dapat diaplikasikan dalam pekerjaan dunia nyata. Ukuran keberhasilan dari universitaslah yang membuatnya memberikan bayaran yang cukup mahal. Jaman sekarang semua orang berlomba untuk mendapatkan pengetahuan yang paling tidak dapat menjadi bekal orang itu untuk dapat hidup dan memenuhi kebutuhan sehari-hari dan terkadang biaya yang cukup mahal untuk dapat memperoleh kesempatan belajar di universitas menjadi keluhan yang cukup beralasan.

Porsi dari tingkat pengetahuan dan biaya yang dibayar yang didapat pada sebuah Universitas hendaknya sesuai dengan apa yang dapat dihasilkan oleh orang-orang itu kelak. Universitas-universitas harus dapat menghasilkan produk negara yang berkualitas guna kemajuan negara dengan mampu memberi solusi sekaligus merealisasikannya. Sangat sulit bagi seseorang yang sudah memperoleh pengetahuan untuk dapat berbuat banyak bagi masyarakat luas. Kebanyakan orang-orang yang telah sukses hanya mementingkan diri sendiri dan kesejahteraan diri sendiri. Patut ditekankan bagi Universitas-universitas untuk dapat menciptakan produk yang dapat membangun negara dengan bukan saja hanya pintar di otak namun juga cerdas di hati.

Di negara maju, pendidikan sudah memiliki standar pendapatan yang telah ditetapkan sehingga dapat diketahui bahwa pendidikan di negara maju sangat berperan penting dimana hal itu belum terlihat pada negara berkembang. Pada negara, aplikasi pendidikan mayoritas diterapkan dan direalisasikan dalam segala sendi kehidupan. Standar hidup seseorang walaupun tidak seluruhnya bergantung pada pendidikan namun merupakan paling tidak pemicu untuk menjaga kestabilan standar pendapatan yang telah ditetapkan.

Apapun yang menjadi kendala pada pendidikan dalam membentuk manusianya merupakan suatu hal lumrah terjadi di setiap universitas sekalipun di negara maju. Yang terpenting ialah komitmen universitas dalam membentuk manusia. Tidaklah sulit bagi suatu negara berkembang untuk dapat menjadi maju jika komitmen antara dua belah pihak, pemerintah dan universitas mampu untuk menciptakan hasil pola pikir menjadi kenyataan. Jika produk pendidikan dijalankan di pemerintah maka aplikasi pendidikan dapat direalisasikan dengan baik untuk sebesar-besar kemakmuran rakyatnya di suatu negara.

Informasi ini masuk dalam bahasan:

- peran pendidikan untuk negara - peran pendidikan dalam negara - peran pendidikan untuk kemajuan di negara berkembang - Kemajuan dalan bidang pendidikan untuk sebuah negara - mengapa pendidikan berperan penting dalam kemajuan suatu negara - pelajaran yang sesuai bagi kemajuan negara - kemajuan suatu negara di bidang pendidikan - peran dalam kemajuan negara - peran pendidikan dalam kemajuan negara - peran pendidikan untuk kemajuan

Sampaikanlah walaupun SATU AYAT! Anda bisa mengirimkan informasi bermanfaat kepada para pembaca kami melalui email atau Whatsapp ke 081355077575

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

thirteen + twelve =